TEMPAT-TEMPAT WISATA DI DAERAH BANDUNG

Dan berikut dibawah ini adalah beberapa tempat-tempat rekreasai di bandung atau objek wisata Kota Bandung Jawa Barat.
Kebun Binatang Bandung
Tempat wisata Bandung Kebun Binatang Bandung bisa anda temukan di Jl. Tamansari. Objek wisata ini mulanya dikenal dengan nama Derenten (dalam bahasa sunda, dierentuin) yang artinya kebun binatang. Kebun Binatang Bandung ddibuat pada tahun 1930 oleh Bandung Zoological Park (BZP), yang dipimpin oleh Direktur Bank Dennis, Hoogland. Pengesahan pendirian Kebun Binatang ini diwenangi oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan pengesahannya dituangkan pada keputusan 12 April 1933 No.32. Pada saat Jepang menguasai daerah ini, tempat wisata ini kurang terkelola, hingga pada tahun 1948, dilakukan rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi tempat wisata ini.
Taman Makam Pahlawan Cikutra
Tempat Wisata Taman Makam Pahlawan Cikutra amerupakan sebuah komplek pemakaman untuk pejuang dan tentara di Kota Bandung. Pemakaman ini bterletak di Kelurahan Cikutra, Cibeunying Kidul, Bandung, di bagian timur laut kota.
Taman Ganesha Bandung
Taman Ganesha Bandung merupakan sebuah taman kota yang berada di Jalan Ganesha – Bandung, tepatnya di hadapan Kampus Institut Teknologi Bandung. Dari segi ukuran, Taman Ganesha Bandung tidak begitu luas tapi begitu asri.Sebab, hal ini terlihat dari berbagai tumbuhan yang ada di taman dan sekitarnya. Taman ini juga dilengkapi dengan banyak tempat duduk yang dapat digunakan untuk refreshing khususnya di siang hari. Karena tempatnya tidak begitu jauh dari Kebun Binatang Bandung, Taman Ganesha Bandung sering digunakan oleh para pengunjung kebun binatang untuk beristirahat bersama keluarga sambil menikmati makan siang.
Museum Geologi Bandung
Objek wisata bandung Museum Geologi dibuat pada tanggal 16 Mei 1928. Museum bersejarah ini telah direnovasi dengan dana bantuan dari JICA (Japan International Cooperation Agency). Setelah mengalami renovasi, Tempat wisata ini dibuka kembali dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000. Sebagai salah satu monumen bersejarah, museum berada di bawah perlindungan pemerintah dan merupakan peninggalan nasional. Dalam Museum ini, tersimpan dan dikelola materi-materi geologi yang berlimpah, seperti fosil, batuan, mineral. Kesemuanya itu dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak 1850.
Gedung Sate Bandung
Bangunan gedung ini dirancang arsitek Ir J. Berger dari Landsgeboundienst, dinas pembangunan gedung-gedung pemerintah Negeri Belanda. Dibutuhkan tenaga hingga 2.000 orang pekerja. Di antara ribuan pekerja itu, terdapat lebih kurang 150 Cina Konghu atau Kanton, tukang kayu dan pemahat batu yang trampil di negerinya. Arsitek Belanda, Dr. Hendrik Petrus Berlage, menyebut bahwa Gedung Sate beserta rancangan kompleks Pusat Perkantoran Instansi Pemerintahan Sipil Hindia Belanda di Bandung merupakan sebuah karya besar. Sementara Coor Passchier dan Jan Wittenberg, dua arsitek Belanda yang menginventarisir bangunan kolonial di Bandung, menyebut Gedung Sate sebagai sebagai bangunan monumental yang anggun mempesona, serta memiliki gaya arsitektur yang unik, dan gigantik.
Monumen Bandung Lautan Api
Monumen Bandung Lautan Api adalah monumen yang menjadi markah tanah Bandung. Monumen Bandung Lautan Api ini memiliki tinggi sekitar 45 meter, Monumen ini dibangun untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api, dimana terjadi pembumihangusan Bandung Selatan yang dipimpin oleh Muhammad Toha.Monumen ini berada di tengah-tengah kota yaitu terletak di kawasan Lapangan Tegallega. Monumen ini menjadi salah satu monumen terkenal di Bandung. Monumen ini menjadi pusat perhatian setiap tanggal 23 Maret mengenang peristiwa Bandung Lautan Api.
Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.
Tempat wisata bandung Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat ini lokasinya berada di sebelah utara Gedung Sate Bandung. Antara monumen dan Gedung sate, ada Taman Kota, Jl. Surapati, Lapangan Gasibu, dan Jl. Diponegoro. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat ini bverdekatan dengan Kampus Universitas Padjajaran di Jalan Dipati Ukur Bandung.
Museum Mandala Wangsit Siliwangi
Tempat wisata bandung Museum Mandala Wangsit Siliwangi aini merupakan museum senjata yang berada di Bandung, Jawa Barat. Nama Siliwangi sendiri adalah seorang pendiri Kerajaan Pajajaran yang kekuasaanya tak terbatas, konon raja yang arif dan bijaksana serta wibawa dalam menjalankan roda pemerintahaan, sedangkan arti Mandala Wangsit adalah sebuah tempat untuk menyimpan amanat, petuah atau nasihat dari pejuang masa lalu kepada generasi penerus melalu benda-benda yang ditinggalkannya.
Museum Pos Indonesia Bandung
Museum Pos Indonesia Bandung letaknya tidak begitu jauh dari Gedung Sate, Museum Pos Indonesia Bandung ini hadir sejak zaman Hindia Belanda, atau lebih tepatnya lagi yaitu pada pada tahun 1933 dengan nama Museum (Pos Telegrap dan Telepon) PTT dan menempati bagian sayap kanan bawah gedung kantor PTT . BTempat wisata bersejarah ini didirikan pada tanggal 27 Juli 1920 dengan luas bangunan 706 m2 dan dirancang oleh arsitek Ir. J. Berger dan Leutdsgebouwdienst dengan gaya arsitektur Italia masa Renaissance sebagai sebuah tempat yang mengoleksi perangko-perangko dari berbagai negara.
Museum Konferensi Asia Afrika
Museum Konferensi Asia Afrika didirikan oleh seorang arsitek Belanda yang bernama Van Galenlast dan C.O. Wolf Shoomaker. Gedung ini menjadi sangat terkenal sejak diadakannya Konferensi Asia Afrika tahun 1955, kemudian Konferensi Mahasiswa Asia Afrika tahun 1956 dan Konferensi Islam Asia Afrika yang menyimpan naskah-naskah dan peniggalan-peniggalan Asia Afrika yang terkenal. Gedung ini dibuka untuk umum setiap harikerja dan mudah dicapai dengan menggunakan bus kota jurusan Cicaheum-Cibeureum, Museum ini menampilkan koleksi foto-foto dan barang-barang tiga dimensi yang berhubungan dengan Konferensi Asia Afrika 1955, Benda-Benda KAA, Foto KAA sebelum dan setelah peringatan KAA, Dasa Sila Bandung, Ulas Pers, Patung tokoh-tokoh KAA, Ruang pameran tetap, Ruang aula, Audio visual dan Perpustakaan
Taman Lansia Bandung
Taman Lansia Bandung ini merupakan sebuah taman kota yang lokasinya berada tepat di sebelah kanan Gedung Sate Bandung. Tempat ini juga merupakan sarana refreshing dan istirahat bagi warga kota Bandung maupun warga luar Bandung yang sedang berkunjung ke kota Kembang
Taman Ade Irma Suryani Nasution
Taman ini adalah tempat yang sangat tepat bagi anak untuk belajar kelalulintasan. Di taman yang sejuk dan nyaman ini, anak-anak bisa menikmati berkendara dengan sepeda atau kendaraan mini di jalur buatan yang dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas. Dan langsung mempraktekkan pelajaran kelalulintasan dalam suasana permainan yang menyenangkan.
 
Kawah Putih

Kawah Putih merupakan spot untuk berfoto paling favorit di Bandung. Kawah cantik ini berada di Gunung Patuha, Ciwidey, Bandung. Udara dingin dan pemandangan cantik di sana siap menghipnosis Anda!

Tak sedikit traveler yang jatuh cinta dengan Kawah Putih. Kawah dengan air yang berwarna hijau toska, bebatuan berwarna putih, dan kabut yang menyelimutinya, membuat traveler betah berlama-lama di sana. Pemandangan alam inilah yang menjadikan Kawah Putih sebagai tempat untuk berfoto pre-wedding.

Untuk masuk ke kawasan ini, pelancong diharuskan membayar tiket sebesar Rp 13.000 saat Senin-Jumat dan Rp 15.000 untuk Sabtu, Minggu dan hari libur. Jangan lupa memakai masker untuk melindungi Anda dari asap belerang. Anda harus menuruni puluhan anak tangga untuk tiba di kawahnya. Dari dekat atau dari atas ketinggian, Kawah Putih sungguh elok dipandang!
 
Kawasan Dago

Tidak sah ke Bandung jika belum datang ke kawasan Dago. Kawasan ini berada di Jl Ir H Juanda dan tak pernah sepi dari wisatawan. Dago destinasi tujuan wisata belanja. Siap-siap bawa kocek lebih banyak saat berkunjung ke sana.

Deretan factory outlet berjejer di Dago. Beberapa factory outlet yang dapat Anda datangi di sana seperti Grande Factory Outlet, Central Branded Outlet, Blossom Factory Outlet, Level Factory Outlet, Glamour Factory Outlet, Gossip Factory Outlet, dan masih banyak lagi. Siapkan kocek dan pilihlah barang-barang pilihan Anda. Kualitas barang-barang factory outlet di Dago sudah terbukti kualitasnya.

Puas berbelanja, kini saatnya mengisi perut di Dago. Bagi pecinta brownies, datanglah ke Kartika Sari atau Amanda Brownies. Masih lapar? Aneka kuliner di sepanjang jalan Dago menanti Anda.
 
Saung Angklung Udjo

Salah satu kesenian khas Jawa Barat adalah angklung. Alat musik tradisional yang terbuat dari bambu ini sudah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Bagi traveler yang ingin tahu segala hal tentang angklung dan cara bermainnya, silakan datang ke Saung Angklung Udjo di Jl Padasuka No 118, Bandung. Udara sejuk dan bambu-bambu yang hijau akan menemani Anda di sini.

Pertunjukan angklung ditampilkan setiap hari, mulai pukul 15.30-17.30 WIB dengan harga tiket masuk Rp 50.000. Dijamin, Anda akan terkagum dan tidak akan bosan menyaksikan pertunjukannya. Anak-anak kecil hingga orang dewasa akan menghibur Anda dengan alunan angklung yang syahdu didengar.

Anda pun akan diberi angklung dan diajarkan cara bermainnya. Seorang pemandu akan berdiri di depan panggung dan memberikan instruksi kepada Anda. Rasanya sangat menyenangkan! Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat proses pembuatan angklung dan berbelanja aneka kerajinan dari bambu di tokO.
 
Observatorium Bosscha

Bagi traveler penggemar 'Petualangan Sherina', pasti kenal Observatorium Bosscha. Tempat yang lebih dikenal dengan sebutan Bosscha ini merupakan salah satu tempat syuting film tersebut. Bosscha terletak di Lembang, Bandung Selatan, dan menjadi tempat wisata favorit traveler. Pengetahuan tentang angkasa dan bintang-bintang di sini sungguh lengkap!

Bosscha adalah tempat untuk mengamati bintang dan benda-benda angkasa. Jangan heran, Anda akan menemukan teleskop-teloskop raksasa di sana. Beberapa teleskop yang dimiliki Bosscha seperti eleskop Zeiss untuk mengamati Planet Mars, Saturnus, Jupiter dan kawah bulan, Teleskop Schdmit Bima Sakti untuk mempelajari struktur galaksi Bima Sakti, dan masih banyak lagi.

Bosscha adalah tempat pengamatan bintang tertua dan menjadi pusat penelitian astronomi di Indonesia. Kunjungan ke Bosscha dibagi menjadi dua tipe kunjungan, yaitu kunjungan siang, pukul 09.00-13.00 WIB dan dan malam, pukul 17.00-20.00 WIB. Anda bisa mendaftar langsung atau di situs resminya. Biaya untuk kunjungan siang sebesar Rp 7.500 dan Rp 10.000 untuk kunjungan malam.

  Wisata Belanja Pakaian PASAR BARU

Pasar Baru Bandung adalah primadona wisata belanja pakaian orang dari luar Bandung. Bahkan wisatawan dari Malaysia dan Singapura kerapkali mondar-mandir cari pakaian di Pasar Baru Bandung.

Letaknya yang strategis ada di pusat kota menjadi incaran para pelancong. Apalagi dengan harga yang murah meriah, asalkan bisa nawar, pasti dapat barang harga bersaing. Adapun barang yang dijual di Pasar Baru Bandung mayoritas produk fashion, mulai dari Baju umum, baju anak, baju muslim, mukena, kerudung, sepatu, sandal, batik dan sebagainya.
 

Wisata Air Panas Ciater Bandung

Ciater sudah lama sebagai tujuan wisata. Wisatawan lokal maupun asing pergi kesana karena ingin berendam air panas sambil menikmati pemandangan gunung Tangkuban Perahu yang sekelilingnya dihiasi perkebunan teh nan sejuk segar.
Di Ciater ada beberapa kolam pemandian berupa aliran sungai yang ditanggul dalam berbagai tempat dengan sumber mata air panas. Biasanya orang luar kota mampir ke Ciater sambil berendam air panas untuk melepas kelelahan selama perjalanan.

Wisata Belanja Sepatu Cibaduyut Bandung



Cibaduyut adalah sebuah daerah di sekiar kota Bandung bagian selatan. Daerah ini terkenal dengan kerajinan sepatunya. Hasil produksi sepatunya biasanya dipasarkan langsung di pinggiran jalan Cibaduyut Raya dengan banyaknya kios dan toko sepatu. Sedangkan produksinya ada di gang-gang belakang jalan Cibaduyut.
Untuk mencapai kawasan industri sepatu Cibaduyut, bisa dilakukan dengan banyak cara. Kalau dari Stasiun bisa langsung naik angkot ke Cibaduyut. Demikian juga jika dari terminal Cicaheum maupun dapat ditempuh dengan angkut jurusan Leuwi Panjang.
Sebenarnya, Cibaduyut dekat dengan terminal Leuwi Panjang, jika dari sana tinggal jalan kaki saja sekitar 300 meter sudah sampai kawasan Cibaduyut.

 

Wisata Batu Kuda Manglayang Bandung

Jika anda ingin menikmati indahnya Bandung dari perbukitan gunung Manglayang, tak ayal lagi, tempat wisata Batu Kuda layak anda jajaki. Daerah ini ada di lereng gunung Manglayang didaerah Bandung Timur. 
Keistimewaannya disini adalah rindangnya pohon pinus nan tinggi dan tiupan angin sepoi yang kadang berselimut kabut. 

Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung



Tidak lengkap rasanya kalau ke Bandung kok ndak mampir ke Tangkuban Perahu, sebuah tempat wisata alam yang ada di Bandung Utara.
Gunung cantik ini dinamai Tangkuban Perahu, memang kalau dilihat dari jauh mirip banget dengan perahu terbalik. Menurut legenda orang Sunda, ini adalah warisan dari Sangkuriang J

Untuk mencapai Tangkuban Perahu, sangat mudah. Bisa pake mobil, sepeda motor atau angkutan umum. Wilayah wisata tangkuban perahu posisinya ada diutara kota Bandung, tepatnya di Cikole Lembang.
Untuk pergi ke sana, dari Bandung kota kita mengadakan perjalanan sekitar 7 km ke arah Lembang, sebuah kota susu nan dingin. Seterunya mengambil jalur ke utara atau arah Subang sekitar 7 km lagi, nah pas di Cikole, atau titik puncak pass antara perbatasan Bandung – Subang ada arah ke kekiri menuju Tangkuban Perahu.
 

Wisata Ke Gunung Puntang Bandung



Kali ini kita meninjau wisata ke Gunung Puntang, sebuah tempat wisata di Bandung Selatan. Gunung Puntang ini menjadi salah satu gunung bersejarah di Bandung, karena ada petilasan loji Belanda, Goa Belanda sekaligus dulu merupakan basis stasiun pemancar radio colonial yang menyebarkan berita ke seluruh dunia.
Lokasi Gunung Puntang ini sekarang menjadi base camp perkemahan sehingga sering digunakan oleh pelajar dan mahasiswa mengadakan camping disana.
Tentang pemandangannya, ouw jangan tanya, indah banget, kita bisa lihat gigiran tebing gunung puntang yang indah berselimut kabut. Oiya, cuaca dingin dan sering disaput kabut di sini.
 

Wisata Bandung Situ Patengan Ciwidey

Lokasi : Bandung Selatan
Jarak   : 35 km dari Kota Bandung
Rekomendasi : Ok bangetts dikunjungi..
Wisata : Danau, Kebun Teh, Naik Perahu dll

--------------------

Situ Patengan adalah salah satu obyek wisata yang cukup populer buat warga Bandung. Tempatya sekitar 35 km dari arah kota Bandung.

Untuk mencapai Situ Patengan, kita bisa naik bis ke Ciwidey lalu dilanjutkan dengan angkot. Atau bisa juga dengan naik sepeda motor atau mobil.

Rute yang dapat kita gunakan, dari arah Bandung ambil arah ke Ciwidey, sebuah kota dingin di Bandung selatan. Sebelum ke Ciwidey anda akan masuk kota Soreang, sebuah kota di selatan kota Bandung.

Kalau anda ke Patengan, bisa banyak wisata yang anda bisa nikmati dalam sekali jalan. Mulai dari Kawah Putih, Ranca Upas, Pemandian Air Panas, Perkebunan Teh Rancabali dan terakhir Situ Patengan.

Wisata Air Terjun Maribaya Lembang Bandung

Lokasi : Bandung Utara
Jarak : +/- 15 km dari Bandung
Wisata : Air Terjun, Tracking
Rekomendasi : Sedang

---------------
Maribaya adalah daerah tujuan wisata di Bandung sebelah utara, sekitar 15 km dari kota Bandung atau 5 km dari arah Timur Lembang. Untuk mencapai daerah wisata Maribaya dapat ditempuh dengan dua cara. Pertama melalui Lembang dengan naik angkot ke arah Maribaya.

Kedua, jika anda gemar tracking, Maribaya dapat ditempuh dari Dago, tepatnya Taman Hutan Raya Djuanda.

Jika Anda dari Lembang, bisa langsung naik angkut ke arah Maribaya, atau bisa juga bawa mobil. Perjalanan ke Maribaya merupakan arah timur Lembang. Setelah melawati jalan kurang lebih 5 km anda akan sampai di jembatan Maribaya. Tempatnya rindang. Selanjutnya anda bisa beli tiket dan masuk ke area wisata Maribaya.

Sesampainya di Maribaya, anda bisa lihat iru terjun dan menimati dinginnya Maribaya sembari makan jagung bakar atau ketan bakar. Tempat ini sangat cocok buat rehat bersama keluarga, lokasinya dingin, sejuk dan dibawah rindangnya vegetasi Maribaya.
 

Wisata Kebun Teh Bukit Unggul Bandung

Salah satu obyek wisata yang relatif jarang dikunjungi adalah wisata perkebunan Teh Bukit Unggul. Wisata bukit unggul berada disebelah utara kota Bandung nan dingin. Jika anda ingin berwisata kesana, ada dua jalur yang dapat kita tempuh.
Perkebunan Teh Bukit Unggul, selain ditanami teh juga ditanami pohon kina. Saya pohon kina sudah puluhan tahun ditanam. Selagi pohon sudah menua, maka akan dilakukan peremajaan lagi. Oiya pohon kina diambil kulitnya dan diolah untuk obat penyakit malaria.

Wisata ke Situ Ciburuy Bandung

Situ Ciburuy adalah sebuah danau buatan yang ada di Padalarang atau wilayah barat kota Bandung. Situ Ciburuy menjadi sangat terkenal karena dikutip dalam sebuah lagu yang sangat populer di buat orang Sunda, Bubuy Bulan.

Berikut syairnya, "Situ Ciburuy lauknya hese dipancing" yang artinya Situ Ciburuy ikannya sulit dipancing.

Wisata ke Kebun Teh Pangalengan Bandung

Salah satu keindahan yang luar biasa, bisa anda dapatkan jika berwisata ke Bandung Selatan. Salah satu lokasi yang luar biasa adalah Pangalengan, sebuah kota kecil nan dingin diujung selatan Bandung.
Untuk pergi  ke Pangalengan bisa kita tempuh dari kota Bandung sejauh 40 km arah selatan. Jika anda menggunakan kendaraan umum, bisa naik kendaraan dari terminal Leuwi Panjang, sebuah terminal bis antar kota yang ada di tengah kota Bandung.
Kendaraan yang membawa ke Pangalengan berupa bus sedang dan besar, perjalanan dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dari kota Bandung.

http://travel.detik.com
http://ayowisata.wordpress.com
http://panduantempatwisata.blogspot.com
http://www.wisatakebandung.com

2 komentar:

  1. ternyata Wisata Bandung banyak sekali ragamnya...terima kasih infonya

    BalasHapus
  2. Bandung emang tempat wisata banget,
    udah udara masih sejuk, pemandangan juga hijau, pokonya seneng banget tinggal di bandung :D

    Villa istana bunga
    rental villa istana bunga
    Cari Villa Murah di bandung

    BalasHapus