Wisata Pulau Ular NTB


Pulau kecil yang berada di lepas pantai desa Oi Tui kecamatan Wera Bima- NTB  ini adalah potensi yang sejak lama belum dimanfaatkan secara optimal. Di pulau mungil ini, terdapat ribuan ular jinak berwarna belang-belang hitam putih. Disamping memiliki potensi, pulau ini juga menyimpan pesona. Karena dari pulau ini, para pengunjung dapat melihat panorama indah laut flores, gunung Sangiang dan Sape. Perjalanan ke pulau Ular bisa ditempuh melalui jalur darat dengan kendaraan roda dua dan roda empat dengan jarak tempuh satu setengah jam dari Kota Bima.
” Sayang, nama pulau Ular ini sebenarnya sudah mendunia, namun penataan obyek di sekitarnya serta sarana jalan belum juga dilakukan. Jalan masih rusak parah. Bagaimana bisa menata dan mempromosikan pulau ini ? ” Keluh Astri, salah seorang pengunjung dari Jakarta yang ditemui Sarangge di pantai sekitar pulau Ular beberapa waktu lalu. Sementara itu, Ahmad (58 Tahun) Warga Desa Pai berharap adanya penataan dari Pemerintah khususnya Dinas Pariwisata. ” Kami berharap pantai dan kebun warga ini dibebaskan, dibangun Baruga-baruga untuk disewakan, ada penjual kelapa muda, kemudian pantainya ditata, perhau-perahu nelayan di sekitar sini dikondisikan untuk mengantar tamu yang ingin ke pulau ular dengan tarif terjangkau. ” Ungkap Ahmad sambil menunjuk ke arah kebun-kebun warga yang dipenuhi pohon kelapa.

Ya, Pulau ular adalah potensi. Tetapi masih terabaikan. Berbagai pengharapan masyarakat masih juga belum sampai ke telinga para pemimpin dan pemegang kebijakan. Jika Pulau Ular dan areal pantai yang menuju pulau ini ditata dan dikelola, maka suatu saat pulau ini akan ramai dikunjungi dan menjadi salah satu destinasi wisata yang akan menyumbang PAD Daerah.

0 komentar:

Poskan Komentar