Pesona 10 Tempat Wisata yang Ada di Samarinda



Kota Samarinda merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur sekaligus menjadi kota terbesar di pulau Kalimantan. Berbicara wisata, kota yang satu ini juga mempunyai keunggulan dari segi wisata yang bisa dinikmati bagi orang yang datang ke Kota Samarinda. Seperti kota-kota lainya, samarinda juga mempunyai wisata lebih dari 5, nah disini kita akan menjelaskan beberapa wisata yang ada di Kota Samarinda. berikut ini ulasa 10 tempat wisata yang ada di Samarinda;

Air Terjun Tanah Merah
Air Terjun Tanah Merah
Air Terjun Tanah Merah merupakan tempat wisata daerah Samarinda yang terletak di Dusun Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara. Untuk bisa datang ke tempat ini anda cukup menempuh jarak 14 KM dari pusat kota Samarinda, jika anda tidak memakai kendaraan pribadi anda bisa naik angkot jurusan Pasar Segiri – Sungai Siring. Air Terjun dengan tinggi 15 meter ini bisa dikatakan unik, karena air ini cukup jernih ketika mengalir ke bawah akan tetapi setelah sampai di bawah air akan menjadi keruh kemerahan, hal tersebut disebabkan oleh jenis tanahnya yang berupa tanah gambut. Di tempat wisata ini juga terdapat gazebo yang bisa anda singgahi jika anda sudah bosan bermain air. Tak hanya gazebo, disekitar kawasan air terjun juga terdapat warung makan yang menyediakan berbagai makanan yang dapat mengisi perut anda setelah lelah bermain. 

Desa Budaya Pampang
Desa Budaya Pamapang
Desa Budaya Pamapang merupakan tempat wisata daerah Samarinda yang menghadirkan keindahan budaya setempat atau juga budaya lain, desa ini dihuni oleh Suku Dayak Kenyah. Banyak wistawan yang mengunjungi Desa ini di akhir pekan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisatawan-wisatawan tersebut datang di akhir pekan kebanyakan karena ingin melihat pertunjukan seni yang biasanya diadakan di lamin atau tempat pertemuan desa.  Gedung lamin tersebut memiliki bentuk yang cukup unik yaitu berupa rumah adat suku Dayak dilengkapi dengan ukiran-ukiran khas suku. Seluruh warga desa yang menyaksikan pertunjukan seni di lamin akan menggunakan pakaian adatnya, jika anda tidak memiliki pakaian adat tersebut anda bisa menyewanya di tempat pertunjukan. Anda juga tidak perlu kebingungan untuk mencari oleh-oleh, karena di desa ini terdapat took yang menyediakan souvenir dari kerajinan warga setempat.

Kebun Raya Unmul Samarinda
Kebun Raya Unmul Samarinda
Kebun Raya Unmul Samarinda merupakan tempt wisata daerah Samarinda yang berupa hutan pendidikan milik dari Universitas Mulawarman, Samarinda. Meskipun kebun raya ini milik Universitas akan tetapi anda bebas untuk berkunjung karena terbuka untuk umum. Di area Kebun Raya ini terdapat sebuah danau yang cukup besar, anda bisa menikmati keindahan danau dengan menyewa sepeda air. Tidak hanya danau, Kebun Raya Unmul Samarinda juga memiliki kebun binatang mini dan museum kayu. Di Museum Kayu anda bisa mendapatkan berbagai informasi tentang kayu yang ada di Kalimantan. Tempat wisata daerah Samarinda ini hanya berjarak 10 KM dari pusat kota Samarinda. Anda bisa datang ke kebun ini setiap hari kecuali hari jumat dengan membayar 5.000/orang.

Telaga Permai Batu Besaung
Telaga Permai Batu Besaung
Telaga Permai Batu Besaung merupakan tempat wisata daerah Samarinda berupa kawasan hijau, biasanya digunakan oleh pengunjung sebagai area untuk berkemah. Tidak hanya berkemah saja, di telaga ini anda juga bisa bemain-main atau bersantai menikmati pemandangan telaga yang cukup indah. Tanah disekitar telaga memiliki ketinggian yang berbeda-beda, jadi sungai yang melaluinya malah terlihat seperti air terjun pendek. Untuk anda yang menyukai air, anda bisa berenang atau berendam di tampungan airnya yang dangkal, sedangkan jika anda menyukai berjelajah anda bisa mengelilingi kawasan telaga untuk menikmati pemandangan alamnya. Tempat wisata daerah Samarinda ini dapat anda tempuh dengan perjalanan sejauh 15 KM dari pusat kota Samarinda.

Pulau Kumala
Pulau Kumala, Samarinda

Pulau Kumala merupakan tempat wisata daerah Samarinda yang terletak di tengah Sungai Mahakam. Pulau kumala muncul akibat dari pengendapan lumpur sungai, jika dilihat-lihat bentuknya menyerupai perahu yang terbalik. Tempat wisata ini dirancang menyerupai Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta, yaitu menampilkan budaya-budaya milik Kalimantan diantaranya adalah bangunan adat, candi, dan juga patung lembu. Tidak hanya menampilkan budaya Kalimantan, Pulau Kumala juga menyediakan area permainan modern seperti sky tower dengan tinggi 75 meter, kereta mini, kereta gantung, serta komedi putar. Jika anda belum puas menikmati wahan di Pulau Kumala dan ingin mencobanya keesokan hari, anda bisa menginap di DJS Resort. DJS Resort menyediakan cottage dan juga kolam renang untuk anda nikmati sembari beristirahat.

Taman Rekreasi Lembah Hijau
Taman Rekreasi Lembah Hijau
Taman Rekreasi Lembah Hijau merupakan tempat wisata daerah Samarinda yang terletak di jalur Samarinda – Bontang KM 15. Fasilitas yang disediakan oleh taman ini cukup lengkap diantaranya adalah camping ground, flying fox, replika hutan, kolam renang, arena bermain anak, gazebo, kolam pancing dan kafetaria. Banyak pengunjung yang datang ke Taman Rekreasi Lembah Hijau untuk berwisata keluarga di akhir pekan, tak hanya itu Taman Rekreasi ini juga digunakan sebagai tujuan outbound siswa sekolah atau pekerja sebuah perusahaan. Taman Rekreasi ini terletak tidak jauh dari Kebun Raya Unmul Samarinda. Untuk dapat masuk dan menikmati taman anda hanya perlu merogoh kantong 5.000/orang, jika anda ingin mencoba outbound anda harus mengeluarkan uang sebesar 180.000/orang.

Masjid Islamic Center Samarinda
Masjid Islamic Center Samarinda
Masjid Islamic Center Samarinda merupakan tempat wisata daerah Samarinda yang terletak di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda. Masjid ini berdiri pada tahun 2001, kemudian baru diresmikan pada tahun 2008. Bangunan ini memiliki Arsitektur yang sedikit mirip dengan Hagia Sophi di Turki, masjid ini memiliki menara dengan tinggi mencapai 99 meter. Tinggi menara tersebut disesuaikan dengan jumlah asmaul husna, selain itu juga terdapat menara yang lebih pendek yaitu 6 meter yang disesuaikan dengan rukun iman. Tidak hanya tinggi menaranya saja yang melambangkan keislaman tapi juga tangga yang memiliki jumlah 33 sesuai dengan jumlah butiran tasbih. Selain sebagai tempat wisata Masjid Islamic Center Smarinda juga menjadi tempat wisata daerah Samarinda yang cukup banyak dikunjungi wisatawan karena keindahannya dengan latar Sungai Mahakam.

Kampung Tenun Samarinda
Salah satu yang cukup dikenal dari kota Samarinda yaitu kain tenunnya dengan motifnya yang khas yaitu kotak-kotak. Kampung Tenun Samarinda merupakan tempat wisata daerah Samarinda yang menyediakan berbagai kain tenun untuk oleh-oleh anda kepada keluarga. Selain membeli kain tenun di sini anda juga bisa melihat bagaiman proses pembuatan kain tenun tersebut. Di kampung tenun pembuatan kain tenun masih menggunakan alat tenun buka mesin yang sering digunakan saat ini. Oleh sebab itu untuk membuat sehelai kain dibutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 3 sampai 7 hari tergantung kerumitan. Kampung Tenun berada di Kecamatan Samarinda Seberang, tepatnya ada dua kampung pusat kerajinan tenun yaitu  Kampung Baqa dan Kampung Masjid. 

Air Terjun Pinang Seribu
Air Terjun Pinang Seribu
Air Terjun Pinang Seribu merupakan tempat wisata daerah Samarinda yang terletak di Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara. Air terjun ini memiliki bentuk yang berbeda dari air terjun kebanyakan, air terjun ini berbentuk undukan-undukan yang bisa dinaiki seperti tangga. Air dari Air Terjun Pinang Seribu tidak terlalu deras, cukup aman untuk anda dan anak-anak bermain air disekitarnya. Untuk mendapatkan pengalaman yanga berbeda, anda bisa menyewa sepeda air dengan membayar 15.000 untuk mengelilingi danau buatan yang ada di kawasan wisata ini. Jika anda hobi memancing anda bisa memancing sepuasnya di kolam pancing yang tersedia hanya dengan membayar 10.000 rupiah. Di sekitar air terjun juga terdapat gazebo untuk anda beristirahat dan juga villa jika anda ingin menginap. Untuk masuk ke Tempat wisata daerah Samarinda ini  anda hanya perlu mengeluarkan 5.000/orang.


Pulau Beras Basah
Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah merupakan tempat wisata daerah yang terletak di Bontang, Kalimantan Timur, lebih tepatnya berada di Selat Makassar. Untuk sampai ke pulau ini anda harus melakukan perjalanan sekitar 3 jam dari pusat kota Samarinda. Ketika anda sampai di pulau ini, jauhnya lokasi akan terbayarkan dengan keindahan yang disajikan oleh Pulau Beras Basah. Pulau ini memiliki pemandangan pasir yang putih dan air yang jernih. Saat anda sampai di pulau ini yang pertama kali terlihat adalah mercusuar tinggi yang sudah tak difungsikan lagi. Yang paling istimewa dari pulau ini adalah alam bawah lautnya, yang indah dan masih asri. Jika anda ingin datang ke pulau ini anda harus membawa perbekalan sendiri karena pulau ini tidak berpenghuni, jika anda ingin menginap anda harus mencari penginapan di kota Bontang.