Inilah Situs Purbakala Lampung Timur


Kalau Anda sudah menetapkan ingin berkunjung ke situs Purbakala Pugung Raharjo, sebelumnya Anda harus tahu kira-kira apa aja yang akan Anda temui di sana. Berikut benda-benda peninggalan yang akan Anda lihat saat datang ke situs dengan usia ratusan tahun ini.
 
salah satu temapt yang paling populer di situs purbakala pugung raharjo

Pertama, Benteng. Situs purbakala Pugung Raharjo memiliki dua buah benteng yang terletak di sebelah barat dan timur dengan total luas seluruhnya mencapai 30 Ha. Benteng di situs ini berupa gundukan tanah yang bentuknya melingkar dengan tinggi gundukan tanah antara 2, 3 hingga 5 M. Bagian luar dari benteng tersebut terdapat parit yang memiliki kedalam 3 hingga 5 M. Benteng sebelah timur memiliki panjang 1200 M, dan benteng sebelah barat memiliki panjang 300 M. terdapat jalan yang menghubungkan bagian luar dan bagian dalam benteng di beberapa bagian. Diperkirakan zaman dahulu benteng ini berfungsi sebagai tempat berlindung manusia dari musuh dan binatang buas. Kedua, Punden Berundak. Situs Purbakala Pugung Raharjo memiliki punden berundak dengan total 13 buah dengan ukuran yang besar maupun kecil. Punden ini memiliki tiga undak-undak dimana dua buah undak-undak juga menjadi pembeda derajat dan status sosial sebuah masyarakat. Punden ini ditemukan hanya berupa gundukan tanah yang bertingkat pada awalnya. Namun setelah resmi ditemukan, kini pundek berundak ini telah ditanami dengan rumput hijau yang rapi.


 Ketiga, Batu Mayat. Batu ini berbentuk seperti bungkusan mayat yang diperkirakan dulunya berfungsi sebagai sebuah menhir. Memiliki garis tengah 40 cm dengan panjang 205 cm batu ini tertanam dan berdiri tegak dengan posisi di tengah-tengah batu lainnya. Keempat, Batu Berlubang. Disebut demikian karena batu ini memang memiliki lubang yang biasanya tidak beraturan. Terletak di dekat mata air yaitu bagian sebelah timur situs. Dengan warna yang keabu-abuan batu tersebut dibuat dari bahan batu andesit atau batu kali. Terdapat lubang yang cukup luas dipermukaannya dengan jumlah enam buah. Sedangkan batu lubang ini sendiri totalnya berjumlah 19 buah. Diperkirakan dulunya batu ini berfungsi untuk menumbuk atau melumatkan sesuatu.

 Kelima,Lumpang Batu. Merupakan batu dengan satu buah lubang dipermukaanya. Di situs Purbakala Pugung Raharjo sendiri lumpang batu ditemukan dengan dua buah tipe. Keenam, Batu Bergores. Meskipun belum diketahui secara pasti, batu bergores ini diperkirakan dulunya berfungsi untuk mengasah mata tombak atau kapak batu. Terdapat empat buah batu semacam ini di Situs Purbakala Pugung Raharjo.Ketujuh, Pemandian Megalitik. Kolam ini diperkirakan sudah dipakai sejak zaman prasejarah. Berupa kolam yang di dalamnya terdapat benda-benda megalitik lainnya. Kolam ini terletak di bagian sebelah timur situs purbakala. Dan terakhir, Dolmen. Banyak ditemukan dibagian luar situs purbakala, hingga kini, dolmen yang telah ditemukan berjumlah empat buah. Dolmen sendiri merupakan menja yang terbuat dari batu dan ditopang oleh beberapa batu lainnya sebagai kaki meja.

By; rika