6 Kuliner Favorit Khas Bandung yang Wajib di Coba



Bandung memang terkenal akan wisata nya, baik wisata alam maupun wisata kulinernya. Ada banyak sekali kuliner yang ada di Bandung namun tak semua menjadi favorit baik untuk warga Bandung maupun para pelancong. Berikut daftar 6 menu paling favorit di Bandung yang wajib anda coba bila anda sedang berada di Bandung, Jawa Barat.

Peyeum

Peyeum atau tape singkong merupakan makana khas Bandung Jawa Barat, peyeum merupakan singkong yag di fermentasi menggunakan ragi, biasanya pedagang menjualnya dengan cara di gantung beberapa ikat atau bergerombol. Peyeum telah menjadi makanan khas Bandung sehingga tak heran jika peyeum banyak di buru oleh para pelancong untuk di jadikan oleh-oleh bagi keluarga. Peyeum sendiri di jual dengan cukup murah dan bisa anda dapatkan di pinggir jalan ataupun di toko oleh-oleh khas Bandung.
 
Peyeum, Bandung Jawa Barat

Surabi

Surabi merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras lalu di panggang menggunakan sebuah cetakan berbentuk piring kecil. Surabi banyak jenis nya, namun yang paling khas adalah surabi Bandung. Surabi Bandung di buat dengan berbagai variasi rasa tergantung dari topping nya, ada rasa coklat, keju, strawberry dan rasa rasa yang lain. Surabi di Bandung juga bisa di kombinasikan dengan saus atau sambal tergantung dari selera. Anda bisa membeli surabi di berbagai tempat dan biasanya adalah tempat nongkrong anak muda Bandung. Surabi yang paling terkenal di Bandung adalah surabi enhai yang berlokasi di dekat kampus NHA Bandung. Bila anda datang ke Bandung, jangan lupa untuk mencicipi menu yang satu ini.
 
Surabi Bandung

Cireng

Cireng merupakan singkatan dari aci di goreng. Bahan dasar dari makanan ini adalah aci yang di goreng. Anda bisa menyantapnya dengan saus ataupun sambel, namun saat ini cireng juga banyak di jual dengan berbagai varian isi, ada cireng isi daging, isi oklat, isi abon dan isi lainya. Cireng sendiri banyak di jual di penjual gorengan. Awal mula adanya cireng adalah berasal dari Bandung sehingga bisa dibilang cireng adalah makanan paling laris yang ada di Bandung.
Cireng Bandung


Cilok

Cilok merupakan makanan khas Bandung yang berasal dari kata aci di colok, sama dengan cireng, bahan utama cilok adalah aci. aci disini di buat bulat-bulat kemudian di colok menggunakan lidi ataupun batang bambu. Jika dulu cilok di siram dengan saus kacang maka saat ini pedagang lebih berinovasi menggunakan mayonaise atau bahan lainya. Cilok pun saat ini banyak isianya, dari cilok isi telur sampai cilok isi daging. Jika anda pergi ke Bandung, tak ada salahnya bila anda mencicipi aci di colok yang merupakan khas Bandung ini.
 
Cilok Bandung

Cimol

Setelah Cireng dan Cilok, maka makanan khas Bandung lainya adalah cimol. Cimol merupakan makanan khas Bandung yang berasal dari kata aci di gemol. Pembuatan cimol sendiri pun yaitu dengan cara di goreng, bentuknya pun sama dengan cilok, hanya saja cimol menggunakan bumbu kering sebagai teman santap nya. bumbu tersebut bisa rasa asin, pedas ataupun manis tergantung dari selera si pembeli.
 
Cimol Bandung

Batagor

Batagor merupakan makanan khas Bandung yang bisa di bilang paling favorit di banding dengan makanan khas Bandung lainya. Batagor merupakan singkatan dari Baso tahu goreng, batagor memang merupakan makanan tradisional tapi masih banyak sekali peminat dari makanan ini, bahkana hampir di setiap jalan di Kota Bandung di jumpai penjual Batagor. Namun jika anda berkunjung ke Bandung, sekali kali anda boleh mencicipi batagor di tempat yang lebih terkenal akan ke lezatanya meskipun untuk masalah harga terbilang lumayan mahal di banding yang lain, namun untuk rasa tak perlu di ragukan lagi. Seperti contohnya batagor kingsley dan batagor riri.
Batagor Bandung