Keromantisan Pantai Indrayanti, Gunungkidul Jogjakarta



Pantai indrayanti merupakan sebuah pantai yang terletak di Gunungkidul, Jogjakarta. Yaitu tepatnya di Dusun Ngasem, Desa Tepus GunungKidul. Pantai ini begitu terkenal bagi masyarakat Jogjakarta dan sekitarnya karena kebersihan nya. Tak hanya kebersihan, keindahan serta nuansa romantis akan anda temukan bila anda berkunjung di pantai elok ini. Sebenarnya nama pantai ini bukanlah pantai indrayanti, melainkan pantai pulang syawal, namun kebanyakan para wisatawan beserta masyarakat menyebutnya indrayanti. Indrayanti adalah nama sebuah tempat makan yang ada di pantai ini, terpampang di depan pintu masuk pantai ini, sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai pantai Indrayanti, yaitu nama seorang wanita jawa, di bandingkan dengan nama yang telah di tetapkan oleh pemerintah yaitu pulang syawal.
Nama Indrayanti di Pantai Pulang Syawal

Meskipun namanya menjadi sebuah kontroversi, hal tersebut tidak menyurutkan minat para wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke pantai tersebut. Sejuta pesona telah di tawarkan oleh pantai yang terkenal akan keromantisan nya ini. Hamparan pasir yang begitu luas bak sebuah permadani, air laut yang masih biru dan jernih, ombak laut yang bergulung-gulung, serta suara-suara burung yang lalu lalang di atasnya menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya.

Pantai indrayanti ini begitu terkenal akan kebersihanya, bahkan petugas pantai tidak akan segan-segan memberikan hukuman bagi siapa saja yang membuang sampah di area pantai tersebut. Tempat sampah di pantai ini juga di sediakan cukup banyak, agar pengunjung terbiasa membuang sampah nya pada tempat yang telah di sediakan. Di pantai indrayanti ini anda bisa berenang ataupun bermain air sepuasnya karena tidak ada larangan untuk mandi ataupun berenang hingga batas yang di tentukan.
 
Pantai Indrayanti

Untuk kuliner, di pantai indarayanti ini tersedia banyak skali spot-spot untuk bersantap, dari mulai resto biasa hingga resto yang paling lengkap dengan harga yag bersaing tentu saja. Disini anda bisa memilih menu sesuai dengan keinginan anda, dari mulai bakso, mie ayam, gudeg, nasi kucing, sambal merah atau makanan khas Jogjakarta lainya, namun yang paling sering di hidangkan di setiap rumah makan disini adalah sajian seafood nya.


Resto Pantai Indrayanti


Pada saat malam tiba, nuansa romantis akan begitu kental di pantai Indrayanti ini. Gazebo-gazebo yang berada di pinggir pantai akan tampak begitu cantik karena hiasan lampu yang kelap-kelip di temai dengan angin pantai yang sepoi-sepoi, sangat cocok bila anda datang ke tempat ini bersama pasangan ataupun bersama orang terkasih. Pada senja harinya, jika anda ingin menikmati sunset dengan nuansa yang berbeda, anda bisa melewati sebuah jalan setapak dekat dengan perbukitan, meskipun harus melewati semak-semak terlebih dahulu, hal tersebut tidak akan menjadi masalah lagi bila anda sudah sampai di tempat tersebut, yaitu sebuah laut lepas yang menghadap samudera hindia. Disana anda akan melihat ombak yang bergulung-gulung di temani dengan desau angin yang akan menambah kesyahduan. Tepat sekali bila anda berada di tempat ini menjelang sunset, karena nuansa keromantisanya pun juga tak kalah kental.
Sunset di Pantai Indrayanti


Rute untuk sampai ke pantai indrayanti ini cukup mudah untuk di tempuh, karena jalanan sudah di aspal dan tidak ada lubang-lubang di jalan. Namun sangat di sarankan untuk membawa kendaraan pribadi, baik beroda dua maupun beroda empat, karena masih minim sekali kendaraan umum dari Jogjakarta untuk sampai di Pantai indah ini. Jalur yang harus anda lalui jika anda berasal dari Jogjakarta adalah dari arah piyungan teruskan perjalanan hingga jalan KRT djojodiningrat kemudian jalan girisubo, wonosari, Jln Saptosari, tepas dan kemudian sampai di pantai baron ambil jalan menuju timur arah pantai sundak kemudian teruskan saja perjalanan hingga sampai di pantai indrayanti.

Tunggu apalagi? Ayo nikmati keromantisan pantai indrayanti ini!