5 Museum di Jakarta yang Menarik untuk Dikunjungi


Jakarta merupakan ibukota Indonesia, tak hanya menjadi ibukota, Jakarta juga merupakan sebuah kota yang ramai di kunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, selain sebagai kota ekonomi Indonesia, Jakrta juga menjadi sebuah kota yang kaya akan wisata nya. Meskipun setiap tahun Jakrta selalu di penuhi dengan gedung-gedung baru, namun Jakarta juga tak pernah lupa akan sejarah beserta peninggalan-peninggalan nya. Salah satu nya adalah peninggalan yang terletak di kawasan Kota tua Jakarta.

Kota Tua merupakan sebuah kawasan di jakarta yang tak asing lagi bagi sebagian wisatawan baik wisatawan lokal maupun internasional. Karena di kota tua ini banyak sekali di jumpai museum-museum sejarah pada zaman dulu, sehingga selain berwisata anda juga bisa sekaligus belajar dan mendekatkan diri pada sejarah Indonesia. Berikut 5 museum yang wajib anda kunjungi apabila anda tiba di Jakarta.

Museum Fatahillah

Museum fatahilah merupakan sebuah museum di Jakarta yag sangat terkenal karena museum ini menceritakan tentang sejarah dari kota Jakarta itu sendiri. Museum fatahillah terletak di jalan Fatahillah No 1 Jakarta Barat. Museum ini menempati sebuah lahan seluas 1300 meter persegi. Di depan museum ini terdapat sebuah meriam besar yang biasanya di jadikan sebagai tempat untuk berfoto bagi para wisatawan.

Museum Fatahillahm, Jakarta


Museum ini di bangun pada tahun 1707-1710, museum ini berbentuk mirip dengan istana Dam di amsterdam, dahulunya museum ini merupakan sebuah tempat untuk administrasi pada masanya, namun saat ini sudah tidak terpakai dan di jadikan sebagai sebuah museum di Jakarta. Museum Fatahillah ini terdiri dari berbagai macam ruangan yang setiap rungan memiliki tema nya sendiri. Jika anda berkunjung ke museum ini, tak ada salahnya jika anda masuk ke setiap ruangan dan bukan hanya berfoto atau memandang nya darai luar saja.


Museum Wayang

Museum wayang merupakan sebuah museum di Jakarta yang terletak di jalan pintu besar utara nomor 27, Jakarta Barat. Sudah bisa anda bayangkan bahwa museum ini memiliki koleksi wayang yang beraneka ragam. Koleksi wayang di museum ini mencapai sekitar 4000 jenis wayang dari berbagai daerah di Indonesia. Wayang tersebut berupa wayang golek, wayang kulit, wayang boneka, gamolan dan lain sebagainya.

Museum Wayang, Jakarta


Museum wayang ini di bangun pada tahun 1640 dan sempat di perbaiki karena gempa bumi hingga beberapa kali. Bila anda mengunjungi museum wayang ini, anda hanya bisa melihat wayang-wayang tersebut dari etalase kaca. Selain itu, anda juga bisa membaca sejarah dari cerita wayang tersebut. Karena wayang merupakan sejarah asli dari Indonesia.

Museum Bank Indonesia

Tak hanya berbentuk peninggalan sejarah ataupun budaya, di Jakarta juga terdapat sebuah museum yang berhubungan dengan uang, yaitu Museum Bank Indonesia. Museum ini terletak tak jauh dari museum Fatahillah yang masih dalam kompleks kota tua. Museum ini berlokasi di jalan pintu besar utara No 3 dekat sebuah stasiun.

Museum Bank Indonesia, Jakarta


Museum ini pertama kali di bagun pada tahun 1828 pada jaman Belanda. Di museum ini anda bisa melihat mata uang Indonesia dari jaman dahulu hingga sekarang. Tak hanya itu saja, disini anda juga bisa melihat berbagai macam sejarah uang yang ada di Indonesia, anda juga aka di beri pengetahuan mengenai uang rusak dan uang palsu yang ada di Indonesia. Sangat bermanfaat sekali apabila anda mengunjungi museum bank ini.

Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum seni rupa dan keramik masih berada di salah satu kawasan kota tua Jakarta, tepatnya yaitu di Jalan Pos Kota No 2 Kota Madya, Jakarta Barat.  Museum ini di bangun pada 12 Januari 1870. Museum ini terdiri dari berbagai macam jenis seni rupa dan keramik yang sudah ada sejak jaman majapahit hingga sekarang, bahkan juga terdapat berbagai macam seni rupa yyang berasal dari mancanegara.

Museum Seni Rupa dan Keramik, Jakarta


Senirupa dan keramik yang ada di museum ini terdiri dari berbagai macam jenis lukisan dan patung. Disini anda bisa berfoto dengan berbagai macam lukisan dan patung. Tentu saja sagat menarik dan indah untuk di kunjungi.

Museum Bank Mandiri

Museum Bank Mandiri terletak di samping museum Bank Indonesia. Museum ini juga terdiri dari berbagai macam jenis uang yang pernah beredar di Indonesia. Museum ini berdiri pada 2 oktober 1998.

Museum Bank Mandiri, Jakarta


Jika anda mengunjungi Museum Bank Indonesia, tak ada salahnya jika anda juga mengunjungi museum Bank Mandiri yang tepat berada di samping nya.

Bagaimana Sahabat Traveller, apakah anda tertarik untuk mengunjungi 5 museum yang ada di Jakarta tersebut? semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat traveller semua :)
Salam Travelling!