Pantai Cipatujuh, Terluas dan Terpanjang di Jajaran Pantai Selatan




Terletak di selatan Pulau Jawa, Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat memiliki potensi wisata pantai yang besar. Kawasan pantai di Tasikmalaya terbilang cukup luas dengan ombakya yang terkenal besar. Salah satu yang menjadi primadona ialah Pantai Cipatujuh. Pantai Cipatujuh memiliki bentuk pantai yang landai dengan hamparan pasir putih yang bersih berpadu dengan pasir besi di sebagain sudut pantainya. Pasir pantai ini sangat cocok untuk arena bermain dan menghabiskan waktu liburan Anda.  Di pantai ini juga, pengunjung dapat memancing sepuasnya yang biasa dilakukan di muara sungai Cipatujuh.

Pantai Cipatujuh yang terbentang luas. Via: wanawisatakita.wordpress.com
 

Lokasi

Secara administratif, Pantai Cipatujuh berada dalam wilayah Desa Cipatujuh, Kecamatan Cipatujuh, Tasikmalaya. Dari pusat Kota Tasikmalaya, pantai ini berjarak sekitar 74 km.


Daya Tarik Pantai Cipatujuh

Selain kondisi alamnya yang mendukung sebagai objek wisata, Pantai Cipatujuh juga menjadi tempat diadakannya event yang mulai menarik perhatian wisatawan mancanegara. Event yang digelar saat momen pesta nelayan ini ialah berupa hiburan Balapan Kerbau.

Pernah porak-poranda diterjang gelombang tsunami pada 2006, Pantai Cipatujuh kini kembali bergeliat dan bangkit dari keterpurukan. Lokasi Pantai Cipatujuh sendiri menjadi penghubung antara Pantai Palabuhan Ratu di Kabupaten Sukabumi dengan Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran.

Dengan total luas kurang lebih 115 Ha, Pantai Cipatujuh senantiasa menjadi objek wisata andalan Tasikmalaya. Pantai ini menyuguhkan pengalaman wisata yang berbeda dengan panorama alamnya yang indah. Terumbu karang, perkebunan kelapa di sekitar pantai dipadu dengan keberadaan sungai besar membuat pemandangan di sekitar Pantai Cipatujuh terlihat begitu harmonis.

Terumbu karang di Pantai Cipatujuh sendiri merupakan tempat ikan-ikan bertelur dan berkembang biak. Di kawasan Pantai Selatan, Pantai Cipatujuh merupakan pantai dengan lahan yang terluas dan terpanjang.

Panorama Pantai Cipatujuh

Saat tiba di pantai ini, Anda akan lagsung disambut oleh hamparan pasir putih yang luas berpadu dengan ombak laut yang cukup besar. Jajaran pohon kelapa di perkebunan, hamparan rerumputan hijau dan tumbuhan ilalang membuat Anda akan takjub dengan mahakarya ciptaan Tuhan satu ini.

Luasnya area pantai dan hijaunya pemandangan menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat sekitar. Pantai Cipatujuh kerap menjadi tempat menggembala kambing dan binatang ternak lainnya oleh penduduk sekitar.

Uniknya, masyarakat yang menjadi peternak kerbau dan menggembalakan kerbaunya di sekitar pantai, kerap mengadakan atraksi berupa balap kerbau. Atraksi ini diiringi musik berupa tabuhan rampang kendang, pencak dan juga angklung. Lama- kelamaan, Balap Karbau menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki Pantai Cipatujuh. Bahkan, atraksi ini menjadi pertunjukan budaya yang menarik minat banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Aktivitas

Anda dapat melakukan banyak aktivitas menyenangkan di pantai ini. Seperti memancing, bermain pasir, olahraga voli pantai, sunbathing atau sekedar berjalan kaki menyusuri keindahan pantai.

Fasilitas

Di Pantai Cipatujuh, Anda dapat menemukan fasilitas pendukung yang cukup lengkap antara lain warung makan, panggung hiburan, lahan parkir, gazebo, pondok wisata, penginapan, tempat botram, balawisata dan juga kios wisata.

Akses

Pantai Cipatujuh dapat Anda jangkau menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Dari Kota Kembang, rute perjalanan menuju Pantai Cipatujuh terdiri dari Bandung, Ciawi, Rajapolah, Tasikmalaya dan Pantai Cipatujuh. Medan jalan menuju objek wisata ini tergolong cukup menantang. Anda akan melawati jalan naik turun yang cukup berkelok-kelok. Meski demikian, tentunya pengalaman wisata ke pantai ini akan membayar lunas semua perjuangan yang Anda lakukan.

Sumber: www.beritaseharian.com