Harga Tiket Masuk Pantai Kondang Merak Malang 2016


Wilayah pesisir Malang memang selalu menarik untuk disusuri. Hamparan pantai-pantai nan indah terletak di salah satu kabupaten di Jawa Timur ini. Malang sebagai salah satu kota tujuan wisata, memiliki banyak pantai yang sudah cukup terkenal salah satunya ialah Pantai Kondang Merak. Apa keistimewaannya? Berikut ulasannya.

Pantai Kondang Merak, Malang. Via: http://www.pasirpantai.com

 Lokasi

Secara administratif, Pantai Kondang Merak berada dalam wilayah Kecamatan Donomulyo, Bantur, Malang. Dari pusat kota, pantai cantik ini berjarak sekitar 68 km.

Panorama Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak masih termasuk dalam jajaran pantai Laut Selatan. Pantai yang memiliki hamparan pasir putih kecoklatan dengan air laut kebiruan ini masih asri dan belum terlalu ramai didatangi pengunjung. Pantai Kondang Merak juga memiliki suasana yang sejuk karena di sekitar pantai banyak ditumbuhi pepohonan besar yang rindang. Keberadaan bukit-bukit karang besar yang menyembul dari dasar lautan menjadi pemandangan yang kian mempercantik pantai ini. Meskipun termasuk jajaran pantai Laut Selatan, Pantai Kondang Merak memiliki ombak yang cukup bersahabat. Pantai di wilayah ini juga tidak telalu dalam. Keberadaan bukit karang di tengah laut telah membantu memecah ombak, sehingga di pantai ini Anda dapat ber-snorkeling ria menyaksikan pemandangan surga bawah laut Pantai Kondang Merak.

Di tepi pantai, Anda dapat menemukan bebatuan karang yang menjadi rumah bagi biota laut berupa ikan-ikan kecil nan lucu. Medan di area Pantai Kondang Merak yang cukup menantang, membuat sebagian wisatawan memanfaatkannya sebagai arena offroad dan camping.

Jika air laut sedang surut, Anda dapat berjalan kaki menuju bukit karang di tengah laut.  Panorama pun menjadi semakin cantik saat bukit-bukit yang tadinya tenggelam di balik air laut kini mulai menampakkan diri.

Di temani angin sepoi-sepoi khas pantai, Anda juga dapat membeli ikan segar yang disediakan oleh pedagang di sekitar pantai. Ikan tersebut dibeli langsung dari para nelayan sekitar pantai. Sambil menikmati suasana sore yang tenteram, Anda dapat membakar ikan dan menyantapnya langsung di pinggir pantai.

Sejarah

Pantai Kondang Merak dikenal sebagai salah satu penghasil ikan hias di Malang. Sejarah penamaan pantai sendiri, tidak lepas dari cerita yang beredar di masyarakat. Menurut masyarakat setempat, muara yang letaknya tidak jauh dari pantai dulunya menjadi habibat hidup burung merak. Sayangnya, karena bentuknya yang cantik membuat banyak pemburu liar menagkapi binatang tersebut. Alhasil, kini merak telah punah dan tidak dapat disaksikan lagi. Oleh sebab itu, pantai ini diberi nama Pantai Kondang Merak.

Fasilitas

Pantai Kondang merak sudah dikelola dengan cukup baik. Oleh karena itu Anda tidak perlu khawatir karena fasilitas berupa penginapan, mushola, rumah makan hingga area camping ground sudah tersedia di sini. Jika ingin menikmati sensasi bermalam yang anti mainstream, Anda dapat mendirikan tenda di sekitar pantai. Ditemani temaram cahaya bulan, suasana romantis akan dapat Anda rasakan.

Akses

Untuk menjangkau pantai nan cantik ini, akses jalan yang akan Anda lalui terbilang cukup mudah. Dari Kota Malang, Anda dapat memilih jalur ke arah Kepanjen. Dari Kepanjen, Anda tinggal mengikuti jalur yang sama seperti jalur ke Pantai Balekambang. Waktu tempuh yang Anda perlukan untuk sampai kurang lebih selama tiga jam. Anda juga harus tetap waspada karena jalan menuju pantai ini tidak terlalu mulus.

Harga Tiket Masuk 2016

Untuk dapat memasuki area Pantai Kondang Merak, Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp 4.000/orang dengan biaya parkir sebesar Rp 5.000/unit.
Tunggu apa lagi?

Let’s explore Malang!