22 Pesona Tempat Wisata di Turki

Turki merupakan sebuah negara muslim terbesar di eropa, negara ini merupakan saksi sejarah bagaimana konstatinopel di takhlukan oleh kesatria Muhammad Al-fatih. Peninggalan sejarah di turki sangat mempesona perpaduan antara kebudayaan romawi dan timur tengah, gaya arsitektur dari peninggalan sejarah menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat yang banyak di kunjungi wisatawan indonesia. Terdapat banyak tempat yang bisa anda nikmati ketika datang ke turki, wisatatiga.com akan memberikan referensi  kepada anda: berikut ulasanya:

Blue Mosque


Blue Mosque merupakan maskot dari negara turki, jika anda mengenal turki maka lambang yang menunjukan ciri khas turki adalah Blue Mosque.  bangunan ini merupakan sebuah masjid  yang sangat megah di turki dan menjadi masjid yang terbesar, Blue Moaque di bangun oleh arsitektur bernama Sedefkâr Mehmed Ağa yang di perintahkan oleh sultan ahmed, bangunan yang merupakan terinspirasi dari seorang guru mimar sinan ini menunjukan bangunan yang sangat rumit dan bergaya ala timur tengah dan romawi. 

Cotton Castle

Cotton Castle merupakan sebuah objek wisata yang menarik dan unik, jika anda ke turki anda wajib mengunjungi  cotton castle yang menjadi salah satu wisata alam di turki. Catton Castle terbentuk dari hamparan bebatuan yang berwarna putih seperti kapas, lapisan putih tersebut merupakan mineral kalsium yang terbentuk melalui fenomena alam. Disini anda bisa bermain-main air panas dalam kolam yang terbentuk secara alami. Anda juga dapat berkunjung di kawasan hidropolis karena didalamnya terdapat kolam renang kesehatan. Hiasan dari kolam tersebut merupakan reruntuhan bangunan romawi. Pokoknya di tempat ini anda akan di suguhkan pemandangan yang luar biasa bagus nan indah.

Selcuk

Selcuk adalah sebuah kota yang berada di Izmir yang merupakan tempat bersejarah dari romawi kuno dan yunani. Disini anda bisa menyaksikan bangunan-bangunan tua yang masih sangat terjaga dan memiliki historis yang bisa anda pelajari untuk pengetahuan. Tempat ini banyak di kunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat peradaban romawi kuno dulu. Tempat yang paling terkenal ialah Ephesus Archaeological Site , di tempat ini anda bisa melihat –lihat situs bersejarah seperti Library of celcius yang merupakan situs paling terkenal di turki, selain itu disekitar area terdapat Kuil Artemis, The Great Theater atau sebuah bangunan teater dengan ukuran raksasa yang dapat menampung penonton hingga 25.000 orang dan Terrace House. 

Konya

Tempat ini  menjadi salah satu tempat wisata religi di turki, terdapat makam seorang punyair yang melahirkan tarian khas turki yang terkenal di seluruh dunia.  Makam penyair yang di kenal Jalaluddin Jumi ini terletak di sebuah area Melvana Museum. Yang menarik tempat ini ialah ciri bangunannya yang mempunyai ciri khas sederha, elegan, akan tetapi memiliki kerumitan di beberapa sisinya.

Safranbolu

Safranbolu merupakan salah satu tempat yang menjadi saksi kejayaan Kekaisaran Ottoman yang memiliki keunikan dan ciri khas. sebuah kawasan perkotaan yang bergaya eropa ini memiliki Berbagai objek wisata yang dapat anda kunjungi, antaranya Historical Museum of SafranBolu, Hidirlik Hill, dan pemandian Tarihi Cinci Hamam. kota yang istimewa di turki ini telah menjadi temapt warisan dunia yang di akui oleh UNESCO

Hagia Sophia


Hagian Sophia Merupakan sebuah bangunan warisan dari kekaisaran Romawi Byzantium, yang dulunya merupakan Bangunan Gereja masyarakat Konstatinopel. kini bangunan tersebut di alih fungsikan menjadi sebuah masjid oleh sang penakhluk Konstantinopel, semua hiasan yang ada didalam di ganti dengan ciri khas timur tengah seperti patung Bunda Maria di ganti dengan tulisan Arab. Akan tetapi saat ini Hagia Sophia menjadi sebuah museum bersejarah di turki. Tentunya arsitektur ini sebuah warisan dari Romawi yang sangat indah dan lukisan-lukisan peninggalan romawi timur bersanding dengan kaligrafi-kaligrafi dari era Utsmaniyah.

Topkapi Palace


Tempat ini merupakan sebuah istana yang di bangun oleh sultan Mehmed II yang bertujuan untuk mengurusi kepemerintahan  akan tetapi tempat ini menjadi tempat tinggal bagi seltan-sultan penerusnya.  Anda dapat melihat keindahan bangunan ini melalui Laut Marmara, sekarang tempat ini dialihkan sebagai bangunan museum.

Hippodrome




Hippodrome merupakan arena pacuan kereta  kuda pada masa romawi. Hippodrome di bangun pada masa kekaisaran Romawi Byzantium kemudian arena ini direnovasi oleh kaisar constantine yang saat itu memimpin konstantinopel. Kini hippodrome hanya tingga beberapa bangunan saja karena pada masa romawi tempat ini di hancurkan oleh ke kekaisaran roma karena tidak mematuhi peraturan merek.

Grand bazaar

Jika anda ingin mengunjungi pasar tertua di dunia, anda bisa datang ke turki tepatnya dekat dengan universitas isanbul dan Sulaimaniye camii. Pasar ini terkenal dengan nama Grand Bazaar. Walau umur pasar yang sudah sangat tua tetapi masih beroperasi dengan baik. pasar ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di turki, anda bisa membeli pernak-pernik dan makanan khas turki.  Terdapat ribuan kios di pasar ini, sehingga baebagai macam cindramata dan berbagai keperluan yang anda butuhkan tersedia sangat lengkap.

Sokullu Mehmet Paşa Mosque
Masjid ini di rancang oleh seorang arsitek terkenal turki yang menjadi inspirasi Sedefkâr Mehmed Ağa yang membangun Blue Mosque, yaitu mimar Sinan. Walau masjid ini tidak begitu terkenal dibandingkan Blue Mosque tetapi anda bisa bersinggah untuk melihat gaya bangunan ala turki.

Beyazid II Mosque
Sebuah masjid yang bisa anda kunjungi baik untuk bersinggah atau sebagai wisata religi ketika di turki, letak masjid berada di Beyazit Square dekat dengan Grand bazaar dan Universitas Istambul. Masjid ini dibangun pada zaman Sultan Beyazid II, sehingga bangunan masjid ini diberi nama menggunakansultan tersebut.

Süleymaniye Mosque
Masjid ini merupakan masjid yang terbesar kedua setelah Blue Mosque di Turki. Pembangunan masjid ini pada zaman sultan Suleyman yang di bangun sangat megah dan arsitektur khas turki, lebih bagus jika anda melihat dari Selat tanduk mas / Golden Horn. Masjid merupakan salah satu dari  karya dari Mimar Sinan yang sangat menakjubkan.

Egyptian Bazaar / Misir Carsisi
Egyptian Bazaar adalah subah Pasar yang menjadi salah satu tujuan wisata berbelanja setelah Grand Bazaar. Walau toko yang ada tidak sebanyak Grand Bazaar tetapi tempat ini menjadi tempat yang wajib di kunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, karena tempatnya yang menarik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Mesjid Yeni Valide
Sebuah masjid yang terletak di selatan Galata bridge, masjid ini merupakan masjid yang di bangun oleh istri murad III akan tetapi berhenti oleh beberapa hal. Kemudia di selesaikan oleh Mustafa Agha. Masjid terletak sangat strategis karena dekat dengan Jembatan Galata yang menjadi jembatan terkenal di turki. Anda bisa melihat salah satu masjid yang dibangun oleh sultan turki ini di ciri khas yang sangat bagus.

Galata Bridge
Galata Bridge merupakan jembatan yang membentang Jembatan ini membentang melintasi golden horn menghubungkan kawasan Istanbul bagian selatan atau yang sering disebut kota tua dengan perkotaan baru di wilayah Istanbul utara tempat beradanya taksim square. jembatan ini terdiri dari dua tingkat, bagian atas untuk transportasi kendaraan dan pejalan kaki sedangkan bagian bawah dipenuhi tempat makan atau kafe. untuk menuju ke bawah jembatan galata kita bisa melewati tangga yang berada di tengah-tengah jembatan. Di jembatan ini kita dapat menikmati pemandangan kota turki yang mempesona, di bawah jembatan kita bisa sambil bersantai-santai menikmati lalu lalang kapal pesiar yang melintasi jembatan ini. Anda bisa sambil makan bersama teman-teman anda.

Galata Tower
jika kita memandang ke arah utara dari Galata bridge maka menara ini terlihat sangat jelas karena tingginya yang menjulang hampir mencapai 70 meter. melihat dari dalam menara anda bisa menikmati seluru kota Turki tetapi tentunya dengan budget yang sangat tinggi karena didalam merupakan sebuah restoran jikan anda makan disini akan menghabiskan biaya yang sangat besar maka yang datang dan makan di dalam atas menara hanya orang-orang berduit.

Taksim Square
Taksim square merupakan tempat modern yang ada di turki,tempat yang paling ramai di turki ini bisa anda kunjungi tempat untuk melihat era modern turki di alun-alun tempat inilah tempat beradanya The Monument of the Republic atau Cumhuriyet Aniti, monument untuk memperingati lahirnya Republik Turki pada tahun 1923 atau runtuhnya ke Khalifahan utsmaniyah. Salah satu yang terkenal di Taksim adalah Istiklal street. disini adalah pusat perniagaan dan pertokoan. sepanjang jalan berdiri toko-toko, kafe, restoran, gereja, bioskop, museum dan lain-lain. di jalan ini tidak ada motor, mobil, atau bus sekalipun, jalannya juga tidak beraspal. hanya ada satu jenis transportasi yang boleh melewati istiklal street ini yaitu tram kuno yang hanya mampu mengangkut sedikit penumpang karena hanya memiliki beberapa baris bangku. bangunan-bangunan disini juga cukup antik eksotik dan menarik, jadi tidak akan membuat mata kita cepat bosan.

Dolmabahçe Palace
Istana ini adalah kediaman sultan masa era utsmaniyah. desain bangunan ini sangat megah mewah dan gaya arsitekturnya bergaya eropa. Dolmabahce palace dibangun di era Sultan Abdülmecid I antara 1843 sampai 1856. Istana ini adalah rumah bagi enam sultan dari tahun 1856, ketika pertama kali dihuni, sampai penghapusan kekhalifahan pada tahun 1924 dengan sultan terakhirnya yaitu Khalifah Abdülmecid Efendi yang akhirnya harus rela keluar meninggalkan istana melalui pintu belakang lalu kemudian diasingkan. Terlepas dari itu semua Dolmabahçe Palace memang sangat eksklusif dan futuristik, sejarahnya juga letaknya yang berada di tepi selat bosphorus menawarkan sejuta pesona yang layak untuk disinggahi. saking eksklusifnya, masuk ke tempat ini pun sepatu kita harus di pakaikan plastik karena ditakutkan mengotori karpet dan lantai istana.

Ortaköy Mosque
Letak masjid ini dekat dengan bosphorus bridge yang menghubungkan istanbul bagian eropa dengan istanbul bagian asia, anda akan mendapatkan pemandangan yang indah dari masjid Ortaköy Mosque. Menunggu senja sambil berbincang-bincang bersama sahabat sepertinya waktu yang sangat menyenangkan.


Rumeli Hisari
Rumeli hisari adalah sebuah benteng yang dibangun pada masa Sultan Mehmed II atau Muhammad al-fatih. Anda bisa ke benteng tersebut unntuk menikmati pemandangan luar biasa selat bosphorus serta mempelajari historis dari berdirinya benteng.

Bosphorus Bridge
Bosphorus bridge adalah jembatan yang menghubungkan istanbul wilayah asia dengan istanbul bagian eropa. Bisa melihat bentangan selat bosphorus dari jembatan ini.

Anadolu hisari
Anadolu hisari merupakan benteng yang dibangun terlebih dahulu sebelum benteng Rumeli hisari di bangun, benteng ini dibangun diatas reruntuhan kuil uranus oleh pendahulu Sultan mehmed II yaitu Sultan Beyazid I yang sama-sama punya hasrat menaklukan konstantinopel, benteng ini dibangun sebagai persiapan Sultan Beyazid I sebelum menyerang Konstantinopel.


Demikian informasi yang kami sajikan semoga bermanfaat untuk bisa menentukan tempat yang ingin anda kunjungi ketika berada di turki.  semoga sampai tujuan