Pantai Pelang Tempat Berlibur di Favorit Trenggalek


Pantai Pelang -Ketika datang ke Kabupaen Trenggalek, jangan sampai melewatkan salah satu objek wisatanya yang terkenal. Dia adalah Pantai Pelang. Berbeda dengan pantai-pantai lainnya di wilayah Jawa Timur, di kawasan wisata pantai ini Anda dapat menikmati berbagai objek wisata sekaligus. Di antaranya ialah perpaduan harmonis antara landscape pantai yang indah, goa, air terjun yang cantik serta perbukitan yang berhutan lebat.

Pesona Pantai Pelang, Trenggalek.

Lokasi
Secara administratif, Pantai Pelang berada dalam wilayah Desa Wonocoyo, Panggul, Trenggalek. Untuk menjangkau objek wisata ini, Anda harus melakukan perjalanan sekitar 56 km dari pusat Kota Trenggalek. Dan jika Anda dari arah Kota Blitar, maka pantai ini harus Anda tempuh dengan jarak 118 km.

Keindahan Pantai Pelang
Pantai Pelang memiliki luas sekitar 10 ha dengan garis pantai sepanjang 2 km. Tidak menyajikan pasir putih yang bersih, Pantai Pelang memiliki sajian pasir kecoklatan nan eksotis. Dengan relief pantai yang landai, membuat aktifitas berjalan di bibir pantai menjadi sangat menyenangkan. Tidak jauh dari bibir pantai pula, terdapat sebuah pulau karang kecil. Posisi Pantai Pelang sendiri berada di lembah yang dikelilingi tebing-tebing tinggi dan perbukitan. Karena itu, ketika berada di tempat ini suasana sejuk akan langsung menyapa Anda.  

Aktivitas
Meskipun terbilang landai dengan ombak yang cukup bersahabat, sayangnya pengunjung dilarang berenang di Pantai Pelang. Tidak adanya petugas yang berjaga menjadi penyebabnya.
Walau tidak dapat berenang, Anda tidak perlu bersedih hati. Pemandangan unik di pantai ini akan segera mengobati rasa kecewa Anda. Untuk menikmati panorama pantai yang berbeda, Anda dapat mendaki bukit untuk menyaksikan pemandangan dari ketinggian. Di atas bukit, tersedia gardu-gardu pandang yang sudah disiapkan untuk pengunjung yang datang.

Air Terjun Pelang
Air terjun di Pantai Pelang mencapai ketinggian hingga 25 m. Air terjun berasal dari sela-sela bebatuan karang. Dimana air tersebut mengalir menuju kumpulan bebatuan berwarna putih di bagian dasarnya. Umumnya, wisatawan banyak menghabiskan waktu di tempat ini ketika berkunjung ke objek wisata Pantai Pelang. Di air terjun ini, Anda dapat bermain air dan mandi sepuasnya.

Gua Pelang
Selain air terjun yang menakjubkan, Anda juga dapat mengunjungi Gua Pelang yang berjarak sekitar 100 m dari bibir pantai. Namun nampaknya Anda harus sedikit bersabar. Gua Pelang saat ini masih belum terlalu dikembangkan. Fasilitas penerangan dan pemandu ke gua ini masih sedikit sekali. Sehingga pengunjung pun jarang yang menghabiskan waktu di tepat ini ketika berlibur ke Pantai Pelang.

Taman Kili-kili
Jika ingin berwisata sekaligus edukasi, Anda dapat pergi ke Taman Kili-kili. Taman Kili-kili merupakan area konservasi penyu pantai selatan yang jarakanya sekitar 1 km sebelum Anda memasuki kawasan wisata Pantai Pelang. Biasanya, setiap satu tahun sekali, penyu-penyu akan dilepaskan ke laut. Yang menarik, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya jika ingin memasuki konservasi ini.

Fasilitas
Pantai Pelang memang belum dikelola secara maksimal. Namun pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti kamar bilas, toilet, area parkir dan mushola. Tidak hanya itu, Pantai Pelang juga memiliki bumi perkemahan serta area bermain untuk anak-anak. Jika lapar, Anda juga dapat mengunjungi warung-warung yang berada di sekitar pantai. Di warung-warung tersebut aneka hidangan telah tersedia untuk mengobati rasa lapar Anda.

Harga Tiket Masuk 2016
Untuk menikmati sensasi liburan ke banyak objek wisata sekaligus, Anda hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 8.000/orang. Sangat terjangkau bukan? Tunggu apa lagi? Let’s explore Trenggalek!