Pesona 10 Tempat Wisata di Pontianak



Pontianak adalah sebuah kota yang berada di Kalimantan Barat sekaligus sebagai Ibu Kota. Pontianak menjadi salah satu provinsi yang berada di garis Khatulistiwa.Selain iut, Kota ini menyimpan kekayaan alam yang patut Anda eksplor baik, khususnya wisata. Pontianak juga memiliki wisata lainya selain alam, mau tau apa saja wisata yang ada di Pontianak, yuk kita simak pembahasan kali ini menganai wisata yang ada di Pontianak. Berikut 10 tempat wisata yang ada di Pontianak.

Keraton Kadriah
Keraton Kadriah
Keraton Kadriah merupakan tempat wisata daerah Pontianak yang terletak di Jalan Tritura Pontianak. Keraton ini mulai berdiri sejak tahun 1771, dibangun oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie yang merupakan sultan pertama kesultanan Pontianak. Warna dominan dari bangunan keraton adalah warna kuning, sedangkan kayunya menggunakan kayu belian. Ketika anda mengunjungi Keraton ini, anda akan langsung disambut oleh sebuah meriam kuno peninggalan Jepang dan Portugis. Kemudian jika anda berpindah ke dalam keratin, anda akan menemukan singgasana yang dimiliki sultan dan permaisuri, foto-foto, pakaian sultan, dan koleksi-koleksi lain dari sultan Keraton Kadriah. Keistimewaan salah satu tempat wisata daerah Pontianak ini adalah terdapatnya sebuah Alquran yang ditulis tangan sendiri oleh Sultan.


Makam Kesultanan Batulayang
Makam Kesultanan Batulayang
Makam Kesultanan Batulayang merupakan tempat wisata daerah Pontianak yang terletak sekitar 2 KM  dari Tugu Katulistiwa. Tempat wisata ini adalah sebuah kompleks pemakaman tujuh sultan Pontianak dan juga keluarga mereka. Jika anda ingin berziarah ke makam sultan Pontianak yang pertama yaitu Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie, lokasi pemakamannya berada di sebuah ruangan tepat di tengah-tengah kompleks. Makam Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie memiliki bentuk yang tampak mirip dengan bunker kecil. Untuk menghormati sultan-sultan yang dimakamkan di kompleks pemakamn ini, pintu masuknya dibuat rendah sehingga pengunjung harus merunduk untuk memasukinya. Batulayang diambil dari nama gundukan batu yang diwarnai hijau, letaknya di luar kompleks. 

Masjid Jami Pontianak
Masjid Jami Pontianak
Masjid Jami Pontianak merupakan salah satu tempat wisata daerah Pontianak yang menjadi saksi asal mula kota Pontianak. Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Syarif Abdurrahman ini memiliki atap tingkat empat, di dalam atap-atap tersebut terdapat empat pilar utama. Sedangkan bangunan dari masjid ini memiliki gaya seperti rumah panggung, dibuat seperti itu untuk menghindari banjir di musim hujan karena meluapnya sungai Kapuas. Masjid Jami Pontianak mampu menampung sebanyak 1.500 orang jamaah. Tempat wisata daerah Pontianak ini berada sekitar 200 meter dari Keraton Kadriah. Jika anda sudah lelah berkeliling masjid dan ingin mencari oleh-oleh atau sekedar mengisi perut, anda bisa datang ke pasar tradisional yang terletak di kiri pintu masuk masjid.

Tugu Khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa merupakan tempat wisata daerah Pontianak yang sudah menjadi kebangaan warga Pontianak. Tugu Khatulistiwa memiliki tugu utama yang terdiri dari empat pilar kayu belian, terdapat tulisan EVENAAR di antara dua pilar yang berada di belakang. Selain bisa menikmati Tugunya anda juga bisa mengunjungi museum terdapat di kawasan Tugu Khatulistiwa. Di museum tersebut anda bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai garis imajinasi bumi. Dari took sekitar Tugu anda juga bisa membeli souvenir berupa miniature Tugu Khatulistiwa. Jika anda memiliki waktu luang, anda patut mencoba untuk menikmati fenomena alam yaitu matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa sehingga bayangan yang ada di garis tersebut tidak akan muncul. Fenomena tersebut biasanya muncul pada tanggal 21-23 Maret atau 21-23 September. Tempat wisata daerah Pontianak ini berada sekitar 3 KM dari pusat kota.

Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng
Rumah Betang Radakng merupakan tempat wisata daerah Pontianak yang terletak di Jalan Sultan Syahrir, Kota Batu, Pontianak. Rumah Betang Radakng dibangun oleh Pemerintah dengan panjang mencapai 138 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 7 meter. Karena panjangnya yang mencapai 138 meter, tempat wisata ini meraih rekor sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia. Rumah ini merupakan rumah adat suku Dayak di Kalimantan Barat. Bangunan rumah berbentuk rumah panggung panjang yang terdiri dari tiga bagian, diantaranya yaitu teras, ruang selasar, dan juga ruang tidur. Ruang selasar biasa digunakan oleh penghuninya untuk berkumpul dan bercengkrama denga anggota keluarga. Rumah Betang Radakng ini terbuat dari bahan kayu ulin dengan hiasan berupa ukiran serta lukisan khas suku Dayak. 

Taman Alun-alun Kapuas
Taman Alun-alun Kapuas
Taman Alun-alun Kapuas merupakan tempat wisata daerah Pontianak yang berada di tepian sungai Kapuas, tepatnya di depan kantor walikota Pontianak. Taman ini memang cukup luas, luasnya sekitar 3 hektar. Jika anda tidak sempat berkunjung ke Tugu Khatulistiwa, di Taman Alun-alun Kapuas ini anda bisa menemukan replika dari Tugu Khatulistiwa.  Taman Alun-alun Kapuas cocok untuk anda yang ingin menikmati suasan sungai dan bersantai bersama keluarga. Selain bersantai di taman ini anda juga bisa menikmati wisata kuliner, karena di sekitar lokasi banyak sajian kuliner yang bisa anda nikmati. Tempat wisata daerah Pontianak ini akan ramai dikunjungi saat sore dan malam hari, karena pada waktu-waktu tersebut pemandangan yang disuguhkan lebih indah. 

Aloe Vera Center
Aloe Vera Center
Aloe Vera merupakan nama ilmiah dari tumbuhan lidah buaya. Aloe Vera Center sendiri adalah tempat pembudidayaan tanaman lidah buaya. Aloe Vera Center menjadi tempat wisata daerah Pontianak yang dapat memberikan pengetahuan kepada pengunjung. Di tempat ini juga anda bisa melihat lidah buaya dengan ukuran yang sangat besar, setiap pelepahnya memiliki berat sekitar 1,2 kg. Selain itu di sini anda juga bisa melihat proses pengolahan lidah buaya menjadi berbagai produk atau makanan diantaranya dodol, permen, tepung, dank rim untuk kulit. Produk-produk tersebut bisa anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga anda di rumah. Tempat wisata daerah Pontianak ini terletak di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara.

Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasar Panjang, Pontianak
Pantai Pasar Panjang merupakan tempat wisata daerah Pontianak yang terletak di Kecamatan Tujuhbelas, dari kota Singkawang anda harus menempuh jarak sekitar 17 KM. Sama seperti pantai pada umumnya, Pantai Pasir Panjang memiliki pasir yang putih, air yang jernih, dan pepohonan rindang di sekitar pantai. Jika anda bosa hanya menikmati pemandangan saja, anda bisa bermain voli, berenang, memancing, atau berselancar untuk anda yang hobi. Fasilitas yang dimiliki oleh pantai ini juga bisa dikategorikan lengkap diantaranya adalah hotel, cottage, restoran, took souvenir, hingga diskotik juga ada. Anda bisa menikmati fasilitas-fasilitas di tempat wisata daerah Pontianak ini hanya dengan merogoh kocek sebesar 10.000 rupiah per orang.

Sinka Island Park
Sinka Island Park
Sinka Island Park merupakan tempat wisata daerah Pontianak yang terletak di Teluk Ma’jantuh, Singkawang. Di pulau ini anda bisa mengunjungi kebun binatang, kolam renang, hingga pantai sekaligus. Kebun Binatang yang ada di pulau ini bernama Sinka Zoo, setidaknya terdapat 200 ekor binatang dari 62 spesies yang dapat anda lihat di kebun binatang mini ini. Sedangkan Pantai di Sinka Island Park bernama Pantai Banjau, pantai ini memiliki tepian berupa bebatuan sehingga tidak cocok untuk berenang. Jika ingin berenang anda bisa menuju kolam renang yang juga tersedia di pulau ini.  Belum selesai disitu saja, anda juga bisa menikmati Pulau Simpang yaitu pulau terkecil di dunia dengan menyebrangi jembatan kayu. Tempat wisata daerah Pontianak ini menjadi tujuan dari banyak wisatawan karena kelengkapan dan panoramanya.

Museum Kalimantan Barat
Museum Kalimantan Barat
Museum Kalimantan Barat yang juga dikenal dengan Museum Negeri Pontianak merupakan salah satu tempat wisata daerah Pontianak yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pontianak. Museum yang termasuk tempat wisata sejarah di Pontianak ini terbagi menjadi tiga zona dengan koleksi yang berbeda-beda di setiap zonanya. Koleksi yang dimiliki museum ini diantaranya adalah artefak temuan di Kalimantan Barat, koleksi benda kerajaan, kerajinan seni dan budaya Suku Dayak, hingga koleksi keramik dari Negara China. Terdapat sebuah taman kecil dengan jembatan kayu di luar bangunan museum yang bisa anda jadikan lokasi untuk berfoto-foto. Tempat wisata daerah Pontianak ini tutup di hari Senin, sehingga anda hanya bisa berkunjung di hari Selasa sampai Minggu.