Tiket Masuk Taman Margaraya Tinjomoyo


Semarang, Jawa Tengah merupakan kota yang tak hanya kota yang cepat mengalami perkembangan, namun juga kota yang terkenal akan wisata alamnya, salah satu nya yaitu kebun binatang yang terdapat di kota Semarang Jawa Tengah. Kebun binatang tersebut berdiri sejak tahun 1954 dengan luas lahan sekitar 20 hektar, Kebun binatang tersebut pernah berpindah lokasi hingga beberapa kali dan akhirnya berlokasi di sebuah kawasan strategis dekat dengan pinggir kota Semarang.  Dahulunya kebun binatang ini bernama kebun binatang Margaraya Semarang, namun kemudian berganti nama menjadi Kebun Binatang Tinjomoyo.

Taman Tinjomoyo


Kebun binatang Tinjomoyo atau yang lebih dikenal dengan nama kebun binatang margaraya berlokasi di jalan Urip Sumoharjo No 1 Semarang, Jalan Semarang Kendal Km 17 yang saat ini luasnya hanya sekitar 10 hektar. Kebun binatang ini memiliki sekitar 1800 jenis binatang yang berasal dari seluruh dunia. Meskipun tak selengkap seperti taman safari ataupun kebun binatang Bandung, namun kebun binatang ini menjadi tempat favorit bagi warga Semarang dan sekitarnya.

Kebun binatang Tinjomoyo ini memiliki konservasi-edukasi dan rekreasi. Konservasi disini maksudnya adalah tak hanya sebagai kebun binatang, kebun binatang ini juga berfungsi sebagai tempat konservasi bagi beberapa jenis tanaman. Tak hanya itu saja, disini para pengunjung juga bisa mendapatkan edukasi tentang beberapa jenis satwa itu sendiri dan beberapa jenis tumbuhan yang tumbuh di kebun binatang Tinjomoyo ini. Rekreasi sendiri merupakan tema utama dari kebun binatang ini, yaitu sebagai tempat rekreasi atau tempat melepas penat khususnya bagi warga kota Semarang.

Tak hanya kebun binatang, di tempat ini juga tersedia wahana permainan yang dapat di di coba oleh anak-anak seperti waterboom dan wahana permainan seperti ayunan, perosotan dan lain-lain. Sehingga bila anda berkunjung ke tempat ini, tak hanya satwa yang anda lihat, tetapi juga beberapa wahana bisa anda mainkan.

Fasilitas

Kebun binatang tinjomoyo ini terbilang memiliki fasilitas yang lengkap seperti musholla, kantin, area parkir yag luas dan juga kamar mandi ataupun toilet yang  juga cukup bersih. Area parkir disini cukup luas, sehingga anda tak perlu khawatir dengan kendaraan pribadi yang anda bawa, mushola disini juga terawat sehingga anda bisa beribadah dengan khusyu. Untuk kantin ataupun tempat kuliner, disini cukup lengkap, tersedia warung makanan yang berada dekat dengan kebun binatang dan menghadirkan berbagai menu yang bisa anda pilih, bagi anda para wisatawan yang tidak berasal dari Semarang sendiri ataupun berasal dari luar kota, tak ada salahnya bila anda mencoba makanan khas Semarang yang ada di tempat ini.

Tarif Taman Margaraya Tinjomoyo 2016

Tarif untuk masuk kebun binatang Tinjomoyo ini adalah sebesar Rp 5.000 untuk anak-anak dan Rp 8.000 untuk dewasa. Tarif tersebut tidak termasuk dengan biaya parkir setiap kendaraan pribadi, sehingga untuk kendaraan pribadi anda, anda harus mengeluarkan uang sendiri untuk membayarnya.

Akses

Akses untuk sampai di kebun binatang tinjomoyo cukup mudah, karena kini kebun binatang ini terletak di pinggir kota Semarang, untuk sampai ke kebun binatang nya, anda harus melewati jembatan gantung yang bersal dari kayu yang di kanan kirinya terdapat banyak sekali pepohonan dan burung-burung yag berkicau menyambut kedatangan para wisatawan.

Jembatan Kebun binatang Tinjomoyo


Tunggu apalagi? Kebun binatang tinjomoyo merupakan pilihan wisata yang sangat tepat bagi anda dan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan bersama.