Up Date Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis Yogya 2016




Yogyakarta memang selalu mengundang kerinduan. Bukan hanya terkenal sebagai kota pelajar dan kota budaya, Yogyakarta dengan segala keantikannya menyimpan berbagai keindahan yang wajib untuk Anda ketahui. Salah satunya yakni si cantik Pantai Parangtritis. Pantai paling terkenal di Yogyakarta ini memiliki keunikan yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.
Jika menyukai tempat-tempat riomantis, Pantai Parangtritis adalah salah satu yang sangat sayang untuk dilewatkan. Kondisi pantai yang landai dengan pasir halus membuat Pantai Parangtritis selalu mengundang beragai kalangan untuk datang. Salah satu yang membuatnya berbeda ialah gundukan-gundukan pasir layaknya gurun pasir di Timur Tengah. Masyarakat sekitar lazim meyebut gundukan tersebut dengan gumuk. 

Romantisnya Sunset di Parangtritis, Yogya. Sumber:telusurindonesia.com

Tebing dan Runtuhan Candi Gembirawati
Dari pusat Kota Yogya, Pantai Parangtritis terletak sekitar 27 Km yang dengan mudah dapat Anda capai baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang biasanya beroperasi sampai pukul 17.00 WIB. Momen paling tepat berkunjung ke Pantai Parangtritis ialah menjelang matahari terbenam. Bersiaplah saat datang, karena suasana romantis akan segera menghadang. Kalau datang lebih siang, Anda juga dapat merasakan sensasi mendaki tebing bernama Gembirawati. Dari Tebing Gembirawati, pemandangan pantai yang berbeda akan dapat Anda saksikan. Seluruh bagian Pantai Parangtritis yang eksotis dapat Anda saksikan dari ketinggian ini.

Bahkan, selama ini belum banyak yang tahu bahwa di sebelah timur Tebing Gembirawati terdapat reruntuhan candi. Jika biasanya candi-candi berada di pegunungan, maka Candi Gembirawati terletak hanya beberapa ratus meter dari garis pantai. Untuk menjangkaunya, Anda bisa melintasi jalanan menanjak di dekat Hotel Queen of South. Selanjutnya, perjalanan dapat Anda teruskan dengan memasuki jalanan setapak ke arah barat sejauh 100 M. Dari Candi Gembirawati, suara gemuruh ombak Pantai Selatan masih dapat Anda dengar.

Kegiatan di Pantai Parangtritis
Momen itu pun tiba ketika matahari mulai meninggalkan singgasananya. Untuk menghabiskan momen spesial ini, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan menarik yang bisa merefleksi pikiran. Salah satunya dengan menyewa dan mengendarai ATV. Motor roda empat yang mampu menaklukkan segala medan tersebut, dapat Anda sewa dengan tarif sekitar Rp 50.000 sampai Rp 100.000/setengah jam. Mungkin mengendarai ATV hanya cocok bagi Anda yang berjiwa petualang. Bagi Anda yang tidak terlalu suka tantangan, masih ada kegiatan lain yang tidak kalah seru untuk dilakukan.


 Sunset Parangtritis yang Romantis
Di area Pantai Parangtritis terdapat fasilitas lain yakni kereta kuda beroda dua  yang lazim disebut Bendi. Bersiaplah karena kendaraan tradisional ini akan membawa Anda menyusuri hamparan pasir lembut yang luas terbentang. Dihiasi lagit sore yang coklat keemasan, suasana romatis akan kian kental Anda rasakan. Oleh karena itu, Pantai Parantristis sangat direkomendasikan Anda kunjungi bersama pasangan.

Bagi Anda yang berwisata keluarga, Pantai Parangtritis juga menawarkan berbagai permainan yang tidak kalah menghibur. Di hamparan pasir yang luas, Anda dapat menerbangkan layang-layang bersama buah hati tercinta. Angin laut yang berhembus kencang, akan membuat layang-layang Anda berkibar dengan indahnya.

Meski sore berganti malam, masih ada kejutan lain yang wajib Anda rasakan. Bagi Anda yang hobi nongkrong, sangat menyenangkan menyantap jagung bakar yang dijajakan pedagang  dengan menggelar tikar-tikar di bibir pantai. Susana ini bahkan bisa Anda nikmati hingga larut malam. Bila belum ingin pulang, Anda bisa menginap di berbagai losmen yang ada disekitaran pantai. Jangan khawatir, umumnya losmen ini disewakan dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Tiket Masuk
Untuk menikmati romantisme ala Parangtritis, Anda cukup membayar tiket masuk dengan tarif Rp 3.000/orang tahun 2016. Jika Anda membawa kendaraan, Anda akan dikenakan biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Untuk menyewa wahana ATV, Anda akan dikenakan tarif Rp 50.000/15 menit pemakaian. Sedangkan untuk Bendi, tarif yang dikenakan ialah Rp 20.000/putaran.

Sumber: specindo.com