Pantai Sipelot, Mengintip Sisi Keindahan Malang


Dibanding pantai lainnya di wilayah Malang, Pantai Sipelot memang tidak begitu dipadati pengunjung. Itulah mengapa Pantai Sipelot memiliki daya tarik yang berbeda dibanding pantai lainnya di Malang. Jika Anda senang berwisata ke pantai dengan suasana santai dan tenang, maka Pantai Sipelot dapat menjadi pilihan yang tepat.  
Pantai Sipelot

Lokasi 

Secara administratif, Pantai Sipelot terletak di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. 

Panorama Pantai Sipelot 

Hamparan pasir putih nan bersih yang terbentang sepanjang 2 Km akan menyambut Anda ketika sampai di pantai ini. Debur ombak yang datang silih berganti dengan semilir angin sepoi-sepoi akan membantu merefresh pikiran Anda dari penatnya rutinitas sehari-hari. Perbukitan hijau yang berjajar dari timur ke barat juga kian mempercatik pemandangan di pantai ini. Apalagi dengan keberadaan bebatuan karang yang berdiri gagah menantang ombak lautan, semakin menyempurnakan mahakarya ciptaan Tuhan yang satu ini.

Pantai Sipelot sendiri terbagi menjadi tiga bagian. Yakni sisi kanan, sisi tengah dan sisi kiri. Biasanya, sisi kanan dan kiri adalah tempat yang digunakan pengunjung untuk berwisata. Sisi kanan dan kiri pantai memiliki nuansa yang tenang dan nyaman. Begitu pula dengan keberadaan air payau di bagian sisi kanan dan kiri pantai juga membuatnya banyak didatangi pengunjung. Sedangkan sisi tengah pantai digunakan untuk aktivitas para nelayan setempat. Di bagian tengah pantai, Anda dapat menemukan banyak perahu milik nelayan sedang bersandar. 

Coban Sipelot 

Karena ombaknya yang tergolong besar, pengunjung dilarang berenang di Pantai Sipelot. Namun seolah menawarkan solusi lain, Pantai Sipelot juga memiliki coban atau air terjun yang dapat Anda nikmati kesegaran airnya. Coban ini biasa disebut dengan Coban Sipelot yang berada di bagian barat pantai. Coban Sipelot memiliki ketinggian sekitar 10 M dengan sumber airnya yang berasal dari bukit. Bermain air dan mandi di Coban Sipelot adalah pengalaman seru yang sayang jika Anda lewatkan. Sambil mandi di bawah kesegaran air terjun, Anda masih dapat menyaksikan panorama pantai yang memesona. 

Seperti kata pepatah “tidak ada makan siang gratis”, begitu pula untuk mencapai Coban Sipelot Anda harus melakukan pengorbanan terlebih dahulu. Coban Sipelot terletak di teluk, sehingga Anda harus menyewa perahu nelayan untuk sampai ke tempat ini. Dengan tarif sekitar Rp 50.000 Anda dapat menyewa perahu nelayan untuk sampai di Coban Sipelot. Tentunya harga tersebut masih dapat dinego sesuai kemahiran Anda melakukan tawar-menawar. 

Berkemah di Tepi Pantai Sipelot 

Perjalanan menuju Pantai Sipelot yang cukup jauh dan melelahkan membuat sebagian pengunjung merasa sayang jika hanya menikmati keindahan pantai dalam waktu singkat. Banyak dari wisatawan memilih mendirikan tenda di tepi pantai untuk bermalam. Di temani suara jangkrik yang bersahut-sahutan, semilir angin sepoi-sepoi khas pantai dan irama deburan ombak akan membuat istirahat malam Anda begitu berbeda dari biasanya. Jika pagi menjelang, Anda juga dapat menyaksikan eksotisnya pemandangan matahari terbit di Pantai Sipelot. 

Fasilitas 

Meskipun masih terbilang cukup alami, pihak pengelola Pantai Sipelot terus melakukan perbaikan sarana di pantai ini. Jika Anda berkunjung ke Pantai Sipelot, beberapa fasilitas seperti toilet, mushola, warung makan dan lahan parkir sudah dapat Anda temukan. 

Akses 

Untuk menuju Pantai Sipelot, dari Kota Malang Anda dapat mengambil rute: Malang, Gadang, Turen, Dampit, Tirtoyudo. Jika sudah tiba di Tirtoyudo, Anda dapat memperhatikan papan penujuk jalan di sisi kanan yang akan mengarahkan Anda ke Pantai Sipelot. Adapun akses menuju Pantai Sipelot sendiri sudah terbilang bagus dengan jalan beraspal yang mulus. Hanya saja Anda tetap wajib berhati-hati karena jalanan menuju pantai berkelok-kelok dengan tikungan yang tajam, kondisi jalan yang sempit dan medan yang naik-turun.

Dalam perjalanan menuju Pantai Sipelot, Anda akan disuguhkan pemandangan berupa hamparan tambak udang yang luas, kebun kopi dan perkebunan pisang di dekat jalan. Tebing dan jurang merupakan pemandangan secara umum dibagian kanan dan kiri jalan. Dari atas ketinggian sebelum sampai ke pantai, Anda juga dapat menyaksikan Samudera Hindia yang terbentang begitu luasnya.