Pantai Prigi: Serunya Wisata Bahari di Kabupaten Trenggalek


Kabupaten Trenggalek yang berada di selatan Jawa Timur, memiliki potensi wisata bahari yang besar. Terbukti dengan keberadaan beberapa objek wisata pantai yang cukup terkenal, salah satunya Pantai Prigi. Meskipun berhadapan langsung dengan samudera hindia, Pantai Prigi memiliki ombak yang relatif tenang di banding pantai lain karena ombak yang datang sudah dipecah oleh bebatuan karang.

Panorama Pantai Prigi Trenggalek. Via: hargatiketwisata.blogspot.com
 

Lokasi

Secara administratif Pantai Prigi terletak di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Dari pusat Kota Trenggalek pantai ini berjarak sekitar 48 Km ke arah selatan.

Panorama Pantai Prigi

Bukan hanya tersohor sebagai objek wisata, Pantai Prigi merupakan Pelabuhan Penagkapan Ikan (PPI) yang terbesar di jajaran Pantai Selatan Pulau Jawa. Karena hasil tangkapan lautnya cukup besar, maka pantai Prigi menjadi tempat beraktifitas nelayan mulai mencari ikan hingga menjual hasilnya kepada masyarakat.

Atmosfir kehidupan di Pantai Prigi begitu terasa saat sore hari. Pantai akan ramai dipadati para tengkulak ikan maupun pedagang yang datang. Selain itu, jika para nelayan sedang tidak melaut, pengunjung dapat ikut berpartisispasi membantu menarik jaring ikan yang telah ditebar ke laut semalaman.

Meskipun dipadati kegiatan para nelayan, Pantai Prigi tetap menyuguhkan pemandangan indah yang akan membuat Anda betah berada di pantai ini. Deburan ombaknya yang khas pantai Laut Selatan ditemani hamparan pasir pantai yang terbentang luas akan membantu merefresh pikiran Anda dari penatnya rutinitas sehari-hari.

Aktivitas

Di  Pantai Prigi, Anda dapat bermain pasir di tepi pantai, berkemah, olahraga, berwisata kuliner, berjalan telanjang kaki menyusuri bibir pantai, atau sekedar duduk menikmati eksotisnya panorama Pantai Prigi.

Pada momen-momen tertentu seperti Bulan Selo (penanggalan Jawa) Anda dapat menyksikan upacara Larung Sembonyo. Upacara tradisional ini digelar para nelayan di Pantai Prigi dalam rangka mewujudkan rasa syukur kepada Tuhan yang memberikan berkah dan sebagai peringatan hari pernikahan Raden Tumenggung Yudha Negara. Ia adalah kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka kawasan Prigi dengan memberi jaminan bersedia menikahi Putri Gambar Inten.

Wisata Kuliner

Tidak jauh dari bibir pantai ada banyak warung makan yang berdiri menjajakan aneka hidangan. Seperti seafood, nasi, mi goreng, bakso, soto, pecel dan sebagainya. Namun tak lengkap rasanya datang ke Pantai Prigi tanpa menyantap ikan bakar sambil ditemani panorama pantai yang indah. Untuk menikmati sensasi ikan bakar yang dihidangkan bersama sambal, lalapan dan nasi hangat ini, Anda cukup mengunjungi warung-warung yang ada di sekitar pantai. Ikan bakar yang diolah dari ikan segar hasil tangkapan nelayan, membuat menu ini menjadi semakin nikmat untuk disantap. Apalagi ditemani semilir angin pantai nan sejuk,  dijamin liburan Anda akan sangat berkesan.

Adapun harga menu makanan di kawasan Pantai Prigi terbilang cukup terjangkau. Dengan uang Rp 85.000, Anda sudah dapat menikmati ikan kakap bakar berukuran besar yang dihidangkan lengkap dengan sambal dan lalapan, empat porsi nasi putih, satu botol air mineral dan dua gelas es jeruk. Cukup murah bukan?

Fasilitas

Di Pantai Prigi Anda dapat melakukan banyak aktivitas karena sarana umum di tempat ini sudah cukup lengkap. Bumi perkemahan, rumah makan, hotel dengan auditorium, lapangan tenis serta lahan parkir yang luas dapat Anda temukan di pantai ini.

Akses

Dari pusat Kota Tulungagung, Pantai Prigi hanya berjarak sekitar 40 Km. Sedangkan dari pusat Kota Trengalek, pantai ini berjarak sekitar 48 Km. Untuk menuju Pantai Prigi, Anda dapat menempuh baik jalur utara maupun selatan. Jika Anda memilih jalur utara, maka rute yang akan Anda lalui ialah Tulungagung, Gondang, Durenan, Bandung dan Prigi. Dan jika Anda memilih jalur selatan, maka rute yang Anda lalui ialah Tulungagung, Boyolangu, Campur Darat, Bandung dan Prigi. Tidak perlu khawatir karena seluruh akses jalan menuju Pantai Prigi dalam kondisi sangat bagus.