10 Makanan Khas Palembang Yang Wajib Kamu Coba

Palembang merupakan salah satu kota yang ada di Sumatera dengan penduduk terpadat ke dua setelah Medan. Palembang  sendiri terkenal dengan salah satu icon kembanggaan mereka yang berada di sungai Musi yaitu Jembatan Ampera. Tidak hanya itu, dari segi kuliner Palembang juga mempunyai makanan yang sudah terkenal hingga penjuru negeri, makanan apa lagi kalau bukan Pempek. Pempek memang menjadi makanan khas Palembang yang paling favorit, bahkan ada yang bilang jika berkunjung ke Palembang belum mencoba pempek berarti belum ke Palembang. Pempek asal Palembang mempunyai cita rasa yang istimewa sehingga menjadi buruan bagi pecinta kuliner. 

Makanan khas Palembang tidak hanya Pempek saja, tetapi ada beberapa makanan Palembang yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Palembang dan semua makanan yang ada tidak kalah lezatnya dengan pempek yang kita kenal. Untuk itu, tidak salahnya jika Anda mengetahui atau mencoba makanan khas Palembang lainya. Nah, Jika Anda merupakan salah satu pecinta kuliner, maka wajib menyimak beberapa kuliner khas Palembang berikut ini;

Pempek

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, Pempek merupakan makanan yang identik dengan Palembang. Hampir semua orang tahu bahwa Pempek menjadi makanan khas dari masyarakat Palembang. Setiap orang yang datang ke Palembang tidak pernah meninggalkan untuk mecoba makanan yang satu ini. Pempek Palembang memang terkenal dengan cita rasanya yang nikmat, lezat dan berciri khas. Pempek sendiri merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan, sagu atau kenji. Namun, saat ini banyak sekali pempek yang dibuat dari berbagai macam bahan makanan seperti telur, udang, tahu bahkan ada yang menggunakan kulit telur. Jika berbicara pempek maka tidak pernah ketinggala dengan yang namanya cuka, yap cuka memang menjadi pelengkap bagi kelezatan dari pempek itu sendiri.  Cuko dalam bahasa Palembang, berasal dari bahan-bahan seperti gela mera, cabe rawit, garam, bawang putih atau beberapa bahan tambahan sesuai dengan selera kita. 

Jika Anda berkunjeng ke Palembang jangan sampai ketinggalan untuk menikmati makanan yang satu ini, apa lagi sudah banyak pempek yang berbahan dasar makanan lainya sangat inovatif dari masyarakat Palembang seperti Pempek Otak-otak, Kapal Kelam, Lenjer, Adaan, Keriting dan berbagai macam pempek lainya yang akan menggoda lidah  Anda. 

Tekwan

Makanan ini sepertinya sangat familiar bagi kita, namun siapa sangka jika Palembang mempunyai makanan ini dengan cita rasa yang khas dari Palembang. Tekwan sendiri menjadi salah satu makanan yang mudah kita temui dimana-mana, bahkan di daerah Anda juga ada yang menjual tekwan. Nah jika Anda mencoba tekwan dari Palembang pasti akan ketagiahan dengan rasa yang gurih, enak dan tentu Anda akan ketagihan dengan tekwan yang berasal dari Palembang. Pembuatan tekwan di Palembang sendiri tidak jauh berbeda dengan Pempek sehingga tekwan yang ada di Palembang mempunyai ciri khas dan tentu cita rasa yang bereda pula. Bahan untuk membuat tekwan seperti daging ikan yang di campur dengan sagu yang dibentuk menjadi bulat kemudian di hidangkan dengan kuah yang di buat dari kaldu udang bercampurkan seledri, bawang merah gorang, taburan daun bawang, bihun dan beberapa campuran lainya yang menjadi pembeda dari tekwan lainya. Di lihat dari bahan-bahanya gurih bukan. Nah untuk mencoba bagaimana rasa tekwan dari Palembang ini, tentu Anda wajib mencoba tekwan tersebut jika berada di Palembang. 

Model

Model merupakan makanan khas Palembang yang tidak jauh berbeda dari tekwan yang mempunyai bahan dasar yang sama yaitu daging ikan dan sagu namun dibentuk dan disajikan dengan cara sedikit berbeda. Model mempunyai bentuk potongan kecil dan dipadukan dengan kuah kaldu udang yang mempunyai cita rasa sedap-sedap nyoi. Salah satu kuliner khas Palembang ini mempuyai dua varian yang akan memanjakan lidah Anda yaitu Model Iwak (Model Ikan) serta Model Gandum.  DI antara keduanya mempunyai kelezatan yang berbeda dan keduanya tidak kalah enaknya dengan Pempek Palembang yang jauh lebih terkenal. Untuk menambah kreasi atau memperkaya hidangan makan Model di campur dengan bahan-bahan pelengkanp seperti Udang, bawang goreng, timu, bihun, jamur kuping dan cuka. 

Laksan

Laksan juga menjadi makanan khas Palembang yang terbuat dari tepung sagu dan ikan. Masih sama seperti makanan yang telah di sebutkan diatas, makanan ini masih serumpun dengan Model dan juga pempek, namun mempunyai rasa dan bentuk yang sedikit yang berbeda. Laksan sendiri lebih mirip dengan pempek akan tetapi mempunyai bentuk lenjer tebal yang dipotong dengan arah melintang dan kuah yang memadukan laksan terbuat dari santan. Jika Anda mecoba makanan ini pasti akan ketagihan dan yang pasti tidak kalah nikmatnya dengan pempek dan model. 

Celimpungan

Masih membahas makanan khas Palembang yang terbuat dari bahan dasar tepung sagu dan ikan. Celimpungan juga  berbahan dasar tepung sagu dan ikan, hanya saja untuk membedakan dari ketiga kuliner khas Palembang yang telah di sebutkan ialah bentuk dari Celimpungan itu sendiri.  Celimpungan mempunyai bentuk bulat pipih besar dari pada tekwan. Untuk membedakan dari makanan sebelumnya, Celimpungan mempunyai cita rasa yang berbeda karena Anda akan merasakan kentalnya kuah santan dengan campuran lada dan kunyit. Pasti Anda tergiur ingin mecoba makanan yang satu ini, belum begitu terkenal tapi rasanya akan menggugah selera. Maka dari itu, jangan ketinggalan untuk menikmati kuliner khas palembang yang satu ini. 

Martabak HAR 

Martabak HAR merupakanan makanan naturalisasi dari India, tidak hanya pesepak bola saja makanan juga dapat di naturalisasi. Martabak HAR menjadi makanan yang sangat favorit bagi masyarakat Palembang karena mempunyai daya pikat terhadap lidah. Makanan ini di bawa oleh seorang pelancong Indonesia yang bernama Haji Abdul Razak. Bahan dasar dari Martabak HAR terbuat dari tepung terigu dengan campuran telur bebek atau telur ayam dengan kuah yang terbuat dari kari kambing yang dicampur dengan kentang. Jika Anda melihat dari warna makanan ini pasti sudah telan ludah ingin menikmati kelezantnya yang lebih enak dari pada martabak pada umumnya.

Kue Maksuba

Seperti yang Anda lihat pada tampilan, kue ini tidak jauh berbeda dengan kue lapis legi. Kue khas Palembang ini mempunya bahan dasar seperti telur bebek dan susu kental manis dengan uletan tepung terigu. Rasa yang di hasilkan dari kue maksuba ialah enak, legit dan manis.  Kue ini merupakan salah satu hidangan favorit dari istana kesultanan Palembang yang biasa di sajikan saat menerima tamu kehormatan. Selain itu kue ini juga menjadi salah satu hidangan yang tidak boleh ketinggalan ketika hari raya lebaran. 

Tempoyak 

Satu lagi makanan khas Palembang yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Tempoyak. Makanan ini merupakanan makanan yang berbahan dasar buah yaitu dari daging durian, bagi Anda yang menyukai buah durian wajib mencobanya. Rasanya nikmat, gurih dan sedikit unik. Tempoyak menjadi hidangan yang sangat cocok untuk di sandingkan dengan masakan pindang. 

Kue Srikayo

Srikayo merupakan bahasa Palembang yang berasal dari kata Srikaya. Nah,  Kue Khas Palembang ini menjadi salah satu yang perlu Anda coba, karena mempunyai ciri khas kue Palembang. Kue Srikayo ini bentuknya mirip dengan puding dan untuk menikmatinya, sangat cocok dengan ketan putih.