Keindahan Wisata Alam di Lembang Bandung



Bandung merupakan tempat wisata yang paling menarik untuk di kunjungi bagi para wisatawan baik wisatawan lokal maupun internasional. Bandung tidak hanya dikenal sebagai paris van java atau kota fashion tetapi Bandung juga di kenal sebagai tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang masih begitu asri. 

Bagi wisatawan yang sudah terlalu sering menikmati Bandung dari sisi yang biasanya, seperti sebagai kota belanja ataupun kuliner, maka para wisatawan perlu menikmati keindahan Bandung dari sisi yang lain, yaitu dari sisi panorama alam nya yang begitu indah. Ada tiga Wisata Alam Lembang Bandung yang terkenal keindahanya.



Pertama yaitu peternakan De’rench. Peternakan ini terletak di kawasan Wisata Alam di Lembang kabupaten Bandung Barat tepatnya di Cikahuripan. De’rench memberikan suasana liburan yang berbeda yaitu berupa wisata alam seperti di Amerika. Para wisatawan diberikan pakaian koboi serta peralatan lengkap ala koboi termasuk juga menunggang kuda. Selain itu, para wisatawan juga bisa mengambil foto bersama kuda yang mereka tunggangi. Tidak hanya berwisata ala koboi, para wisatawan juga bisa menikmati wahana permainan yang ada di De’rench, seperti wahana out bond dan wahana air. Harga tiket masuk D’rench pun relatif terangkau yaitu Rp 5.000 setiap individu. Wisatawan pun bisa mendapatkan minuman gratis berupa susu kuda murni. Sedangkan untuk bermain di setiap wahana permainan, mereka hanya perlu membayar seharga Rp 10.000 hingga 30.000. Namun, bila wisatawan ingin berkeliling peternakan dengan menunggang kuda, mereka hanya perlu membayar seharga Rp 20.000. Murah bukan jika untuk berkeliling menikmati panorama dengan menunggang kuda?

Selain peternakan De’rench, wisata alam yang tak kalah unik lainya di Wisata Alam di Lembang adalah floating market. Wisata ini merupakan wisata air dengan konsep jual-beli yang dilakukan di atas perahu yang terapung diatas sebuah danau buatan. Wisata ini terinspirasi dari sebuah pasar tradisional yang berada di Kalimantan yaitu pasar apung. Dengan menaiki sebuah perahu, wisatawan bisa melakukan transaksi jual-beli dengan para pedagang yang telah berjejer rapi di danau tersebut. banyak barang yang bisa di beli dari floating market tersebut, seperti pakaian, oleh-oleh yang unik dan antik hingga berbagai macam kuliner khas Lembang Bandung. Sebelum melakukan transaksi, para wisatawan harus menukarkan uang mereka terlebih dahulu dengan uang koin yang sudah di sediakan oleh petugas floating market. 



Wisata alam unik terahir adalah kebun stroberi. Kebun ini terletak di wilayah ciwidey, kabupaten Bandung. Di kebun stroberi tersebut, para wisatawan bebas untuk memilih dan memetik buah yang mereka mau dengan mengenakan sebuah keranjang bambu yang telah disediakan oleh petugas. Apabila wisatawan telah selesai memilih dan memetik buah yang mereka mau, mereka bisa langsung menimbang dan membayar nya. Biasanya harga per kilogram nya adalah Rp 35.000 hingga Rp 50.000 bergantung pada besar dan jenis buah stroberi tersebut. untuk mendapatkan buah yang besar dengn kualitas yang bagus, para wisatawan harus pandai memilih buah yang mereka mau. Salah satu tips agar mendapatkan buah stroberi dengan kualitas yang bagus adalah pertama datang ketika matahari sedang terik. Karena dengan demikian, akan sedikit kemungkinan bagi stroberi untuk busuk. Kedua, hindari berkunjung pada saat musim penghujan, namun apabila terlanjur berkunjung pada saat musim hujan, maka pilih buah stroberi yang kering dan tidak terkena air hujan. ketiga wisata alam Bandung tersebut bisa menjadi referensi bila anda sedang ingin menikmati wisata Bandung dari sisi yang berbeda.
Selamat Berlibur !

By : Yona