Eksotisme Pantai Glagah Kulonprogo Yogya




Tidak hanya Kabupaten Gunungkidul yang memiliki jajaran pantai tersohor, ternyata Kabupaten Kulon Progo di Yogyakarta juga punya wisata pantai tak kalah indahnya. Dia ialah Pantai Glahah, sebuah pantai dengan fasilitas yang tergolong lengkap ini menjadi ikon wisata andalan Kabupaten Kulon Progo. Objek wisata ini hanya berjarak 40 Km ke arah barat Kota Yogyakarta. Karena letaknya diujung Yogya, Pantai Glagah juga berbatasan dengan Kabupaten Purworejo di Jawa Tengah. 

Panorama sunset di Pantai Glagah, Yogyakarta

 Panorama Pantai Glagah
Tidak sama dengan pemandangan pantai-pantai di wilayah Gunungkidul yang umumnya dibatasi bukit-bukit karang. Pantai Glagah memiliki tepian pantai yang sangat panjang tanpa adanya penghalang. Di segala penjuru, yang terlihat ialah pemandangan pasir besi nan eksotis. Ombak di Pantai Glagah juga terbilang dahsyat. Maka dari itu, di kawasan pantai ini, pemerintah setempat membangun sebuah dermaga panjang dengan tetrapod di bagian kanan dan kirinya. Adapaun fungsi dari tetrapod ialah sebagai pemecah ombak ketika sampai di daratan. Selain menawarkan panorama laut yang menawan, di Pantai Glagah juga terdapat ikon wisata lain seperti laguna, dan kebun buah-buahan.

Aktivitas
Jika ingin berenang, pengunjung dapat memanfaatkan laguna di pantai Glagah. Di laguna tersebut, berbagai wisata tirta dapat Anda coba. Di antaranya kano, perahu kayuh (perahu bebek), hingga sampan kecil yang dapat membawa Anda berputar mengelilingi laguna. Karena tidak ada ombak ganas, maka laguna biasanya sangat dipadati anak-anak. Selain bermain air, Anda juga dapat memancing di laguna ini. Bahkan jika sore tiba, Anda dapat menikmati keindahan matahari terbenam dari laguna.

Selain menikmati berbagai wahana bermain di laguna, bagi Anda yang berjiwa petualang dapat mencoba motorcross atau ATV dengan menyusuri gundukan pasir besi di sepanjang garis pantai. Tidak cukup sampai di situ, Anda juga bisa merasakan sensasi wisata yang lain dengan mengunjungi perkebunan buah-buahan yang tidak jauh dari area pantai. Di perkebunan ini, Anda dapat ikut serta membantu petani memanen buah. Setelah ikut memanen, Anda dapat membeli buah yang masih segar oleh-oleh.

Fasilitas
Bagi Anda yang belum ingin beranjak pulang, tidak perlu cemas karena di sekitar area pantai telah berdiri beberapa penginapan dengan fasilitas standar. Jika lapar, Anda juga dapat mengunjungi rumah makan yang menyajikan aneka hidangan seafood. Sedangkan bagi Anda yang memilih menyatu dengan alam, Anda dapat berkemah dengan mendirikan tenda di bagian bibir pantai maupun di area camping ground yang juga tersebar di kawasan pantai.

Spot Menarik di Pantai Glagah
Dermaga yang menjorok ke arah laut dengan hamparan tetrapod di kiri-kanannya adalah target yang sangat bagus untuk dijadikan objek foto Anda. Spot menarik ini dengan apik dapat Anda jadikan sebagai tempat mengabadikan momen ketika berada di pantai ini. Apalagi saat menjelang matahari terbenam, pemandangan siluet-siluet yang tercipta dari sinar matahari akan sangat indah untuk diabadikan.  

Akses Jalan
Untuk menuju Pantai Glagah, lebih disarankan Anda membawa kendaraan pribadi. Sebab, bus umum hanya tersedia dengan jumlah terbatas. Untungnya, jalan menuju Pantai Glagah sudah terbilang bagus dan cocok untuk semua jenis kendaraan. Pantai Glagah yang terletak di antara Kota Wates dan Kota Purworejo, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Kota Wates dengan menuju ke arah barat.

Harga Tiket Masuk
Untuk bisa berwisata di pantai nan eksotis ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 4.000/orang. Setelahnya, Anda dapat menikmati keindahan pantai dengan sepuasnya.