Pesona 10 Tempat Wisata Terbaik di Papua



Tanah Papua disebut sebagai Tanah Mutiara Hitam, hal tersebut karena Pepua menyimpan kekayaan yang luar biasa baik alam maupun energi yang terkandung di dalamnya. Selain itu, Papua mempunyai salah satu destinasi terbaik di Indonesia. Lalu mau tau apa aja sih destinasi terbaik tersebut. Berikut ulasanya; 

Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Paus di Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Taman Nasional Teluk Cenderawasih merupakan tempat wisata daerah Papua dengan luas kawasan yaitu 1.453.500 hektar dengan 90% nya adalah perairan. Taman ini diresmikan oleh Kementerian Kelautan pada tahun 1993, kini menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia. Setidaknya terdapat 196 jenis moluska dan 206 jenis ikan yang bisa anda nikmati di wisata alam bawah lautnya. Di kawasan taman ini terdapat beberapa pulau diantaranya Pulau Mioswaar, Pulau Yoop, Pulau Numfor, dan Pulau Nusrowi. Taman Nasional ini berada di dua kabupaten yaitu kabupaten Wondama dan Nabire. Di tempat wisata daerah Papua inilah dilakukan penelitian tentang hiu paus atau whale shark. Penelitian tersebuut dilakukan oleh pemerintah dibantu dengan LSM dalam dan luar negeri.

Add caption
Raja Ampat
Bawah Laut Raja Ampat


Raja Ampat merupakan tempat wisata daerah Papua yang menjadi tujuan utama wisatawan domestik maupun mancanegara jika datang ke Papua. Raja Ampat terdiri dari empat pulau besar yaitu pulau Waigeo, Misool, Salawati, Bantata. Selain keempat pulau besar, juga terdapat beberapa pulua kecil disekitarnya. Keindahan alam bawah laut tempat wisata ini tidak perlu diragukan lagi, setidaknya terdapat 1.511 jenis ikan dan penyu laut yang ada di perairan Raja Ampat. Waktu yang paling tepat untuk menikmati biota di Raja Ampat adalah antara bulan November dan Oktober, karena di bulan-bulan tersebut air akan lebih jernih. Untuk oleh-oleh anda bisa membeli diantaranya adalah patung suku Asmat, alat music dan juga kain tradisional.

Danau Sentani
Danau Sentani
Danau Sentani merupakan tempat wisata daerah Papua yang berada sekitar 50 KM dari kota Jayapura. Danau dengan luas 9.360 hektar ini setidaknya memiliki 25 pulau yang mengitarinya dengan ketinggian rata-rata sekitar 75 meter di atas permukaan laut. Anda bisa memancing, berenang atau berkeliling danau dengan perahu di pulau ini, selain itu anda juga bisa menikmati kuliner yang disediakan disekitar danau. Setiap tahunnya pada pertengahan bulan Juni biasanya diadakan sebuah festival dengan nama Festival Danau Sentani. Dalam festival tersebut akan dipertunjukan berbagai pertunjukan seni maupun budaya setempat. Pada saat festival berlangsung kawasan Danau Sentani akan dipenuhi oleh pengunjung yang ingin menikmati festival.

Danau Paniai
Danau Paniai
Danau Paniai merupakan tempat wisata daerah Papua yang disebut sebagai danau terindah pada Konferensi Danau Se-Dunia di India pada tahun 2007 lalu. Danau dengan luas 14.500 hektar dan tinggi 1.700 meter di atas permukaan laut ini memiliki pemandangan yang menarik dengan tebing-tebingnya, perahu-perahu nelayan , dan burung-burung terbang. Selain sebagai tempat wisata daerah Papua ternyata danau ini merupakan salah satu penghasil ikan air tawar terbesar di Papua. Ikan yang dihasilkan dari danau ini diantaranya adalah ikan nila, ikan mujair, dan ikan mas. Di danau ini selain menikmati pemandangan anda juga bisa memancing dan berwisata kuliner. Jika anda ingin menginap, anda bisa menginap di rumah warga sekitar.

Lembah Baliem
Lembah Baliem
Lembah Baliem merupakan tempat wisata daerah Papua yang berada di kawasan Pegunungan Jayawijaya. Lembah ini digunakan sebagai tempat tinggal Suku Dali, Yali, dan Lani. Karena berada di kawasan pegunungan dengan ketinggian 1.600 meter dari permukaan air laut membuat suhu di tempat ini sangat dingin terutama di malam hari, suhunya bisa mencapai 10 sampai 15 derajat celcius. Di bulan Agustus lembah ini lebih banyak pengunjungnya karena di sini selama tiga hari berturut-turut diadakan Festival Lembah Beliem. Festival ini sebenarnya diadakan oleh Pemerintah untuk menghindari perang antar suku yang biasanya masih dilakukan. Perang tersebut kemudian dibuat sebuah pertunjukan yang dimainkan pada saat festival berlangsung. Dari tempat wisata daerah Papua ini anda bisa membawa oleh-oleh berupa hasil karya dari suku setempat.

Desa Wisata Sauwandarek
Desa Wisata Sauwandarek
Desa Wisata Sauwandarek merupakan tempat wisata daerah Papua yang berada di kawasan Kabupaten Raja Ampat, tepatnya di Meos Mansar. Di tempat ini anda bisa bertemu dan berbincang dengan suku asli dari wilayah pesisir. Rumah tradisional yang ada di desa ini terbuat dari kayu dengan atap dari jerami. Desa Wisata Sauwandarek ini hanya dihuni sebanyak 46 kepala keluarga. Di tempat wisata daerah Papua ini anda bisa snorkeling dan juga trekking di telaga unik yang berada di desa. Telaga tersebut dikenal dengan nama Telaga Yenauwyau, disebut unik karena telaga ini memiliki air asin bukan air tawar seperti telaga-telaga pada umumnya. Mitos yang muncul dari warga sekitar, jika anda melihat penyu putih di telaga tersebut maka anda akan mendapatkan keberuntugan.

Pantai Bosnik
Pantai Bosnik
Pantai Bosnik merupakan tempat wisata daerah Papua yang berada di Desa Woniki. Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini anda harus melakukan perjalanan sekitar 15 KM dari pusat kota Biak. Pantai Bosnik memiliki pasir yang luas, pepohonan disekitar pantai, dan juga air yang jernih. Untuk anda yang hobi memotret diri, latar belakang pantai ini sangat bagus untuk anda berfoto. Di tempat ini anda bisa bermain pasir, menikmati pemandangan, atau bermain voli. Selain itu anda juga menyewa saung dan menikmati es kelapa segar yang dijajakan di sekitar pantai. Anda bisa masuk dan menikmati pantai ini hanya dengan membayar 10.000 rupaiah per orang.

Pantai Amai

Pantai Amai
Pantai Amai merupakan tempat wisata daerah Papua yang berada di Distrik Depapre, sekitar 2 jam berkendara dari pusat kota Jayapura. Untuk sampai di patai ini anda terlebih dahulu harus mempersiapkan jantung anda karena medan yang akan anda tempuh naik turun dan berkelok. Pengunjung pantai ini tidak terlalu banyak, tapi bukan berarti pantai ini tidak layak untuk anda kunjungi. Di ujung Pantai Amai terdapat sebuah muara sungai yang mempertemukan air tawar dan air asin. Pengunjung biasanya menggunakan air tawar tersebut untuk membersihkan diri setelah berenang di pantai. Anda harus mengeluarkan uang sebesar 25.000 rupiah untuk bisa menikmati fasilitas yang ada di pantai ini.

Pulau Rumberpon
Pulau Rumberpon
Pulau Rumberpon merupakan tempat wisata daerah Papua yang berada di Teluk Wondama. Untuk bisa sampai ke tempat ini anda harus menempuh perjalanan sekitar 5 jam menggunakan kapal dari Manokwari. Pulau Rumberpon memiliki pantai yang dikenal dengan nama Pantai Pasir Panjang karena garis pantainya memang sangat panjang yaitu 6 KM. Anda bisa menikmati pulau ini dengan menyelam, snorkeling, berenang, atau memancing. Jika anda tidak menyukai keempat kegiatan tersebut anda bisa mencoba pengalaman yang lain dengan mengunjungi hutan bakau yang ada di pesisir pulau atau melihat burung rusa yang ada di padang alang-alang. Tempat wisata daerah Papua ini memiliki keistimewaan tersendiri dengan garis pantainya yang panjang. 


Tugu MacArthur
Tugu MacArthur
Tugu MacArthur merupakan tempat wisata daerah Papua yang dibangun untuk memberikan penghormatan kepada Jendral Douglas MacArthur yaitu jendral besar Amerika Serikat pada masa Perang Dunia II. Tugu yang berada di Ifar Gunung kota Jayapura ini memiliki museum yang berisi foto dan sejarah perjalanan militer Jendral MacArthur. Dari tempat wisata daerah Papua ini anda juga bisa melihat pemandangan tempat wisata lain seperti Danau Sentani dan Bandara Sentani. Tugu MacArthur berada di ketinggian 325 meter dari atas permukaan air laut. Tugu ini sendiri memiliki tinggi 3 meter dengan kuning dan hitam sebagai warna dominannya. Di bagian depan tugu tertulis sejarah tentang perjuangan Jendral Douglas MacArthur menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.