Pesona 10 Tempat Wisata di Manado



Manado merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara. Kota ini sering disebut sebagai Menado. Di kota Manado sendiri terdapat tempat wisata yang indah dan wajib Anda kunjungi. Lalu apa sajakah tempat wisata yang ada di Manado, berikut ini kami akan mengulas 10 tempat wisata yang ada di Manado. 

Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken merupakan tempat wisata daerah Manado yang membuat Manado kini dikenal oleh dunia. Taman Laut Bunaken sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 2005. Di tempat ini anda bisa menemukan berbagai jenis terumbu karang dan bermacam-macam ikan. Taman Laut Bunaken merupakan surga bagi anda yang hobi menyelam, snorkeling, dan fotografi. Terdapat setidaknya 39 titik selam dengan keindahan alam bawah laut yang sangat memanjakan mata. Untuk anda yang tidak bisa berenang jangan khawatir tidak bisa menikmati keindahan alam tersebut, karena di sini anda bisa menyewa kapal selam untuk menikmatinya. Waktu yang paling bagus untuk menyelam diantara bulan Mei – Agustus. Di sekitar bulan tersebut air akan jernih sehingga pemandangan lebih jelas. Tempat wisata daerah Manado ini bisa anda tempuh 35 menit dari Pelabuhan Manado. 


Pantai Malalayang
Pantai Malalayang
Pantai Malalayang merupakan tempat wisata daerah Manado yang berada 4 KM dari pusat kota Manado. Anda juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan menyewa alat selam yang disewakan di sekitar pantai. Jika anda tidak suka menyelam, anda bisa bermain pasir di sekitar pantai. Ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi sehingga aman untuk bermain pasir. Jika sudah lelah setelah menyelam atau beramain pasir anda bisa beristirahat dengan menikmati kuliner di sekitar pantai. Kuliner yang paling khas di sini adalah pisang goreng dengan bumbu sambal dabu dabu. Selain pemandangan bawah lautnya tempat wisata daerah Manado ini juga memiliki keindahan dari matahari tenggelam. 

Arung Jeram Sawangan
Arung Jeram Sawangan
Bagi anda yang menyukai tempat wisata yang bisa menguji adrenaline, anda bisa mencoba datang ke Arung Jeram Sawangan. Di sini anda diharuskan untuk dapat menaklukan derasnya arus sungai dan bebatuan yang ada selama kurang lebih dua jam dengan panjang lintasan sekitar 9 KM. Untuk anda yang masih baru dalam hal arung jeram, anda harus memperhatikan instruksi dari pemandu dengan baik. Penjelajahan sungai ini akan diawali di Resort River Park, Desa Sawangan. Selama perjalanan 9 KM tersebut anda akan disuguhi dengan pemandangan pepohonan di pinggiran sungai dan juga monyet-monyet yang bergelantungan di sekitar pohon. Untuk mencoba wisata ekstrim ini anda harus membayar sebesar 180.000 rupiah.

Air Terjun Kima Atas
Air Terjun Kima Atas
Air Terjun Kima Atas merupakan tempat wisata daerah Manado yang berada di keluarahan Kima Atas. Untuk dapat mencapai tempat ini anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 15 KM dari pusat kota Manado. Air Terjun Kima Atas memiliki tiga tingkat dengan aliran air yang tidak terlalu deras, sehingga aman jika ingin berenang di bawah air terjun. Udara di sekitar air terjun sangat sejuk karena terdapat banyak pepohonan rindang. Jika anda tidak suka bermain air, anda bisa menikmati suasana dengan menggelar tikar serta menyantap makanan yang dijajakan di kawasan air terjun. Di tempat wisata daerah Manado ini juga disediakan sebuah ATM sehingga anda tidak perlu khawatir jika kehabisan uang.


Danau Tondano
Danau Tonado
Danau Tonado merupakan tempat wisata daerah Manado yang dihasilkan dari fenomena alam, danau ini adalah danau vulkanik yang dihasilkan dari letusan gunung purba. Di tengah danau terdapat sebuah pulau yang memiliki ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Danau dengan luas 4000 hektar ini dikelilingi oleh beberapa gunung diantaranya adalah Gunung Tampusu, Gunung Kaweng, dan Gunung Masarang. Di danau ini anda bisa menikmati pemandangan nelayan yang sedang menangkap ikan menggunakan keramba. Anda juga bisa mengelilingi danau dengan menyewa perahu motor seharga 50.000 rupiah per orang. Perahu motor tersebut akan mulai berjalan jika sudah penuh yaitu dengan penumpang sebanyak 10 orang.

Taman Wisata Tandurusa
Danau Tonado
Taman Wisata Tandurusa merupakan tempat wisata daerah Manado yang berada di Kecamatan Aertembaga. Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih dua jam dari pusat kota Manado untuk sampai di taman wisata ini. Di sini anda bisa melihat berbagai jenis satwa khas pulau Sulawesi diantaranya adalah babirusa, monyet hitam, tarsius, dan berbagai macam jenis burung. Binatang yang paling istimewa yaitu tarsius yang sudah menjadi ikon satwa dari pulau Sulawesi Utara. Tarsius tampak mirip dengan monyet namun tubuhnya pendek yaitu kurang dari 15 cm. Tarsius memiliki ukuran tangan dan kaki yang lebih panjang dari ukuran tubuhnya. Ciri-ciri yang paling mencolok dari Tarsius adalah ukuran matanya yang sangat besar, hampir setengah dari wajahnya merupakan mata. 

Bukit Kasih
Bukit Kasih, Manado
Bukit Kasih merupakan tempat wisata daerah Manado yang melambangkan semboyan dari masyarakat yaitu semua bersaudara. Bukit ini adalah simbol kerukunan beragama bagi masyarakat Manado. Di bukit ini terdapat vihara, masjid, gereja katolik, gereja Kristen, dan pura sebagai tempat ibadah lima agama yang di akui di Indonesia. Beberapa meter dari pintu masuk anda akan langsung disuguhi sebuah menara setinggi 22 meter yang dikenal dengan nama Tugu Toleransi. Monumen bukit kasih memiliki bentuk segi lima dengan simbol dan kutipan ayat suci masing masing agama di setiap sisinya. Selain tugu terdapat menara salib dengan tinggi 53 meter yang dapat dilihat dari kawasan boulevard yang terletak di pusat kota Manado.

Museum Negeri Sulawesi Utara
Museum Negeri Sulawesi Utara
Museum Negeri Sulawesi Utara merupakan tempat wisata daerah Manado yang menyajikan budaya dari Sulawesi Utara. Di tempat ini anda bisa melihat dan mempelajari budaya suku Minahasa. Suku Minahasa merupakan suku asli dari Sulawesi Utara. Museum Negeri Sulawesi Utara memiliki berbagai koleksi budaya diantaranya anda bisa menemukan miniatur rumah adat, pakaian adat, peralatan untuk menangkap ikan, hingga koleksi benda-benda peninggalan pahlawan daerah. Setidaknya terdapat sekitar 2.810 buah koleksi di museum ini yang terbagi dari beberapa jenis. Untuk bisa masuk ke tempat wisata daerah Manado yang berada di Jalan WR. Supratman anda cukup membayar 1.000 rupiah untuk dewasa dan 250 untuk anak-anak.

Kawasan Boulevard
Kawasan Boulevard
Kawasan Boulevard merupkan tempat wisata daerah Manado yang berada di sepanjang jalan Pierre Tendean. Awalnya kawasan ini hanya sebuah tempat yang digunakan oleh pedagang kaki lima untuk menjajakan dagangannya tapi kemudian pemerintah kota menjadikan kawasan ini sebagai landmark kota Manado. Kawasan ini banyak dikunjungi karena keindahan dari pemandangan matahari tenggelamnya. Jika anda ingin menikmati matahari tenggelam dengan tenang anda harus datang lebih awal agar kebagian tempat duduk yang nyaman. Berganti ke malam hari tempat ini akan dipadati oleh pengunjung yang ingin menikmati wisata kuliner. Tak hanya makanan khas Manado, di sini anda juga bisa menemukan makanan khas dari daerah-daerah lain di Indonesia.   

Kota Bunga Tomohon
Kota Bunga Tomohon
Kota Bunga Tomohon merupakan tempat wisata daerah Manado yang berada di Kota Tomohon. Untuk sampat di Kota Bunga ini anda harus melakukan perjalanan sekitar 22 KM dari pusat kota Manado. Kota Bunga ini berada di Kaki Gunung Lokon sehingga tanaman di sini dapat tumbuh dengan bagus. Di tiap-tiap rumah yang ada di Kota Bunga Tomohon ini memiliki tanaman bunga sendiri-sendiri. Tanaman bunga yang terdapat di kota ini memiliki jenis yang cukup banyak. Satu tahun sekali antara bulan Juni – Agustus akan diadakan festival bunga. Untuk anda yang sangat menyukai bunga anda bisa melihat parade bunga juga pertunjukan seni di sepanjang jalanan kota Tomohon.