Pantai Sendang Biru, Eksotisme Pantai Pesisir Malang


Libur tahun baru sebentar lagi akan tiba, kini saatnya merencanakan perjalanan wisata. Menghabiskan liburan di pantai, tentu bisa jadi alternatif yang menyenangkan untuk Anda bersama keluarga. Rasa lelah menjalani rutinitas sehari-hari dapat Anda lebur dengan menyaksikan panorama pantai yang menawan. Hembusan angin yang sepoi-sepoi didukung hamparan pasir putihnya yang indah, air laut kebiruan serta pemandangan hamparan air laut lepas tentunya akan membantu merefleksi pikiran Anda agar fresh kembali. Tidak perlu jauh-jauh ke Bali, Jawa Timur ternyata juga menawarkan pantai-pantai yang memikat hati. Salah satunya yakni Pantai Sendang Biru, Malang. sebuah pantai yang posisinya berbatasan langsung dengan laut selatan. Namun  jangan khawatir, karena terhadang sebuah pulau bernama Pulau Sempu, ombak pantai selatan yang terkenal ganas tidak terlalu terasa di pantai ini. Seperti apa serunya berlibur di Pantai Sendang Biru? Yuk simak uraian berikut.

Sendang Biru merupakan Bahasa Jawa yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia maka berarti sumber air yang berwarna biru. Nama tersebut diambil karena pantai sendang biru memiliki sumber mata air tawar di sekitar pantai dengan warna kebiruan. Menurut adat masyarakat setempat, sumber air tersebut dinilai keramat sehingga diselenggarakan sebuah tradisi di mana setiap wisatawan yang hendak menyeberang ke Pulau Sempu diharuskan mengambil air di sumber tersebut. Ritual ini biasa diselenggarakan pada tanggal 7 dan 8 Syawal atau hari ketujuh dan kedelapan Hari Raya Idul Fitri.
Pantai Sendang Biru
Selain sebagai tempat wisata, Pantai Sendang Biru juga difungsikan sebagai pusat pelelangan ikan. Tidak jauh dari bibir pantai, Anda akan menemukan banyak perahu nelayan yang bersandar. Jika ingin berkeliling menikmati indahnya Pantai Sendang Biru, Anda dapat menyewa perahu motor milik nelayan dengan tarif RP 100 .000 dan Rp 50.000 untuk perahu dayung.

Jernihnya air laut di Pantai Sendang Biru akan membuat Anda berdecak kagum ketika berlayar di atasnya. Kehidupan biota laut yang menawan akan terlihat di bawah air laut yang jernih. Ikan-ikan kecil yang terlihat bergembira berenang disela-sela batu karang akan membuat liburan Anda menjadi sangat berkesan.
Pantai Sendang Biru
Tidak perlu khawatir saat berwisata ke Pantai Sendang Biru, dibawah manajeman perusahaan bernama Forestay, Pantai Sendang Biru telah memiliki banyak fasilitas yang disediakan bagi pengunjung. Persewaan perahu, guest house, penginapan serta rumah jaga sudah tersedia di tempat ini. Untuk penginaan, banyak tersedia hotel sekitar pantai seperti Hotel Sahid Montana, Tugu Malang Hotel, dan Santika Premiere Malang Hotel. Tidak hanya itu, sebagai sebuah kawasan wisata Pantai Sedang Biru juga terletak tidak juah dari objek wisata lain seperti Pantai Kondang Merak, Pantai Ngliyep dan Pantai Gua China.
Pantai Sendang Biru
Selain kendaraan pribadi, pantai Sendang Biru dapat dijangkau menggunakan kendaraan umum. Untuk kategori kendaraan umum, dapat dilalui menggunakan mikrolet dengan rute Gadang, Turen dan Sendang Biru. Dari pusat kota Malang, pantai ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih dua jam. Meskipun sudah terbilang cukup bagus karena beraspal, namun akses jalan menuju Pantai Sendang Biru tetap tergolong menegangkan. Jalur yang berkelok-kelok ditambah kondisinya yang sempit serta adanya tanjakan dan turunan tajam membuat Anda harus cukup berhati-hati saat menuju kemari.  Sebelum memasuki pantai, pengunjung akan disambut sebuah gerbang berupa pos jaga BKSDA (Balai Kelestarian Sumber Daya Alam) Pantai Sendang Biru.