Indahnya Pesona Pantai Ngliyep Malang



Nama Kabupaten Malang memang sudah tidak asing di telinga para wisatawan. Tidak hanya dataran tinggi, Malang juga menawarkan pesona pesisir yang mengagumkan. Salah satu keindahan tersebut bernama Pantai Ngliyep. Sebuah pantai yang berbatasan lansgung dengan Samudera Hindia ini, terkenal memiliki ombak khas pantai selatan yang besar. Seperti apa serunya berlibur di Pantai Ngliyep? berikut uraiannya.

Salah satu sudut Pantai Ngliyep, Malang. Sumber: http://images.detik.com
Pantai Ngliyep adalah bukti keindahan ciptaan Tuhan. Hamparan pasir putih nan lembut dengan area bermain yang cukup luas membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini. Apalagi area sekitar yang ditumbuhi pepohonan rindang, membuat udara di pantai ini bersih dan sejuk. Sesuai namanya yang dimabil dari Bahasa Jawa, pengunjung yang datang ke tempat ini bisa terkantuk-kantuk dan bahkan tertidur. Ngliyep sendiri berasal dari kata Liyep-Liyep yang jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti terkantuk-kantuk. Bahkan, konon ombak besar di pantai ini memilki alunan unik yang juga cukup menarik.
Pantai Ngliyep Malang
Sebagai kawasan wisata yang berdiri di lahan seluas kurang lebih 10 Ha, Pantai Ngliyep terdiri dari area wisata, lahan parkir, penginapan serta sebuah hutan lindung. Di banding Pantai Balekambang dan Sendang Biru yang juga terletak di Malang, Pantai Ngliyep sudah lebih dulu tenar di telinga wisatawan sejak tahun 1980-an. 
Pantai Ngliyep Malang
Tidak hanya panorama cantik, masyarakat yang tinggal di sekitar pantai hingga kini masih menjunjung tinggi memililiki tradisi yang cukup menarik. Digelar setiap Rabiulawal tepatnya tanggal 14 pada bulan Maulud, masyarakat sekitar berbondong-bondong datang ke pantai guna melakukan acara bernama Labuhan. Acara ini dipercaya sudah diadakan secara tuurun temurun dari generasi ke generasi sejak pantai ini pertama kali ditemukan. Adapun bentuk acara dalam kegiatan ini adalah syukuran dengan cara menyembelih kambing atau sapi untuk kemudian disedekahkan kepada masyarakat yang ada di sekitar pantai. Tidak hanya dibagikan, sebagain makanan dari acara ini juga dilarung ke tengah laut. Diiringi kesenian berupa Jaranan dan para pengawal lengkap dengan pakaian adat, Labuhan dilaksanakan oleh mayarakat Kedungsalam dengan membawa beraneka ragam sesaji. Nantinya, sesaji tersebut akan diarak ke Gunung Kombang, yakni sebuah bukit di dekat Pantai Ngliyep yang berjarak sekitar 300 M melalui jembatan.
Pantai Ngliyep Malang
Gunung Kombang sendiri, merupakan ikon wisata menarik di tempat ini. dengan mendaki gunung tersebut, Anda dapat menikmati panorama pantai dengan sensasi yang berbeda. Mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan berupa hamparan laut lepas dengan bibir pantai yang cantik dan rimbunnya pepohanan. Selain memiliki bukit dan hutan lindung, Pantai Ngliyep juga dikelilingi oleh tebing-tebing curam. Kondisi tersebut, kian menyempurnakan indahnya objek wisata ini.  

Pantai Ngliyep dapat Anda capai dengan menempuh jarak sekitar 62 Km dari Kota Malang. Dari pusat kota, pantai ini dapat dengan mudah Anda kunjungi mengingat akses jalan sudah bagus sejak tahun 1980. Selain menggunakan angkutan pribadi baik sepeda motor atau mobil, Anda juga dapat memanfaatkan kendaraan umum guna menuju ke tempat ini. Lokasi pantai yang terletak di Kecamatan Donomulyo Desa Kedungsalam ini dapat Anda tempuh dengan kendaraan umum melalui dua jalur yakni GN1 dan GN2. Jika menggunakan jalur GN1, maka rute yang akan Anda lewati antara lain Gadang - Ngliyep dengan melewati Donomulyo. Sedangkan jika menggunakan jalur GN2, maka rute yang akan Anda lewati ialah Gadang - Ngliyep dengan melewati Sumbermanjing Kulon atau dikenal dengan Kecamatan Pagak.

Selamat berwisata, pastikan persiapan Anda matang agar liburan jadi makin berkesan.

Sumber: wikipedia