Pesona Pantai Sendang Biru, Indahnya Pantai Malang



Malang memang primadona wisata di Jawa Timur. Selain keindahan dataran tingginya, Malang juga terkenal dengan keindahan pesisirnya yang sangat menawan. Salah satunya yakni Pantai Sendang Biru. Merupakan pantai yang memiliki panorama indah dengan kejernihan airnya yang berwarna kebiruan. Ombak di Pantai Sendang biru yang cukup bersahabat ditambah hamparan pasir putih yang bersih, akan siap menyambut kedatangan para wisatawan yang hendak berkunjung. Bahkan, deretan perahu nelayan beraneka warna juga menambah kecantikan khas Pantai ini. Memiliki sumber daya hasil laut yang melimpah, membuat pantai cantik ini menjadi tempat pelelangan ikan dan hasil tangkapan laut lainnnya dari para nelayan. Sebagai pantai dengan hasil laut yang melimpah, saat ini Pantai Sendang Biru telah disulap menjadi pusat konservasi ikan terbesar di wilayah Malang bagian selatan. 

Panorama Pantai Sendang Biru, Malang. Sumber: http://ngalam.co
 
Sejarah
Nama Pantai Sendang Biru yang cukup terkenal, tidak bisa dilepaskan dari keberadaan mata air (sendang). Sendang tersebut berada di bawah bukit dengan kondisi air yang berwarna kebiruan. Dari fenomena mata air tersebut, pantai ini diberi nama Pantai Sendang Biru. Adapun posisi sendang itu sendiri berada sekitar 1 km dari arah barat Pantai Sendang Biru. Untuk menuju kesana, dari pantai Anda harus naik ke perkampungan warga dan menuju JLS (Jalur Lintas Selatan). Di sebelah kiri Jalan Lintas Selatan, terdapat jalan setapak yang menuju ke bawah bukit. Di situlah, sumber mata air yang menjadi cikal bakal nama pantai ini berada. Sendang ini memiliki luas sekitar 10 x 8 m dengan kedalaman sekitar 2,5 m. Persis namanya, sendang tersebut memiliki air berwarna biru yang jernih. Di kawasan tersebut juga terdapat sendang lain yang bernama Sendang Gambir. Bedanya, debit air di Sendang Biru lebih besar dibanding Sendang Gambir. Kedua sendang ini memiliki peran besar dalam kehidupan masyarakat setempat. Dari kedua sendang ini, masyarakat menggantungkan kebutuhan airnya.

Aktivitas
Untuk menikmati keindahan pantai yang cantik, Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke Bali atau pun Lombok. Malang dengan Pantai Sendang Birunya, juga menyuguhkan pemandangan yang tidak kalah menarik. Di Pantai Sendang Biru, Anda dapat menikmati beragam aktivitas menarik seperti berjalan menyusuri pasir putih di sepanjang area pantai, menyaksikan keindahan matahari terbenam di bagian barat pantai, berbelanja hasil tangkapan laut segar di pusat pelelangan ikan, menyeberangi laut dengan menyewa perahu motor, mengunjungi mata air di bawah bukit dan masih banyak lagi.

Tidak dapat dipungkiri pantai ini menjadi pusat kegiatan para nelayan, oleh sebab itu jika ingin menikmati keindahan pantai yang tenang, Anda dapat berkunjung ke bagian barat Pantai Sendang Biru. Di bagian barat pantai ini, terdapat sebuah tebing yang besar. Pemandagan menjadi kian romantis saat matahari mulau pulang ke peraduannya. Menjelang malam hari, suasana matahari terbenam sangat menarik untuk Anda saksikan. Panorama kilauan cahaya matahari yang dipantulkan air laut membuat suasana menjadi sangat tenteram dan dapat mambantu menenangkan pikiran.

Fasilitas
Sebagai objek wisata yang sudah dikelola, Pantai Sendang Biru memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Diantaranya ialah persewaan perahu, rumah jaga, guest house, dan penginapan.

Akses
Untuk menjangkau Pantai Sendang Biru, waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar dua jam dari pusat kota dengan menggunakan kendaraan bermotor. Adapun jika Anda memilih kendaraan umum, Anda dapat menaiki mikrolet dengan rute Gadang, Turen dan Sendang Biru. Meskipun jalan menuju Pantai Sendang Biru sudah bagus karena telah diaspal, namun medan yang berliku dengan tikungan tajam membuat perjalanan memakan waktu sedikit lama. Anda juga tentunya harus berhati-hati mengingat medan yang dilalui cukup menantang.

Harga Tiket Masuk 2016
Untuk dapat memasuki kawasan Pantai Sendang Biru, pengunjung hanya diminta membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000/orang.

Tunggu apa lagi? Let’s explore Malang!