5 Pantai di Malang ini akan Membuat Anda Rindu Ingin Kembali




Membicarakan objek wisata di Malang, serasa tak ada habisnya. Kabupaten di Jawa Timur ini senantiasa membuat banyak wisatawan ngiler dengan keindahan alamnya yang memukau. Selain objek wisata di dataran tinggi, Malang kaya akan wisata alam pesisirnya yang memesona. Berikut penulis ulas lima pantai di Malang yang memiliki panorama luar biasa. 

Berkemah di tepi Segara Anakan, Pantai Sempu, Malang. Via: www.egimana.com

Pantai Sempu

Pantai Sempu adalah sebuah pantai yang terletak di Pulau Sempu, Malang. Pulau Sempu sendiri termasuk dalam kawasan konservasi cagar alam yang dikelola secara resmi oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur dan Departemen Kehutanan Indonesia. Apa yang membuat pantai ini istimewa? Pantai Sempu secara umum memiliki kondisi alam yang masih sangat alami. Karena masuk dalam wilayah cagar alam, jumlah pengunjung pun dibatasi. Wisata Pantai Sempu sejak lama menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. Hal tersebut tidak lain karena keberadaan laguna alam. Masyarakat sekitar juga biasa menyebutnya dengan segara anakan. Segara anakan terjadi karena benturan air laut secara terus menerus dengan deretan batu karang di dekat pantai. Hantaman ombak dahsyat khas Laut Selatan membuat karang lama kelamaan berlubang sehingga air laut masuk dan membentuk laguna alami seperti saat ini. Di tambah hamparan pasir putih di sekitar pantai dengan suasana alam yang sangat kental, membuat Pantai Sempu menjadi tempat favorit untuk camping dan berkemah. Di segara anakan, Anda juga dapat berenang sepuasnya karena disini tidak ada ombak ganas yang mengancam. 

Pantai Balekambang 

Jika berkunjung ke pantai ini, Anda akan teringat dengan objek wisata Tanah Lot di Bali. Satu kesamaan yang membuat Pantai Balekambang mirip dengan Tanah Lot ialah keberadaan sebuah pura yang berdiri di pulau karang kecil di tengah lautan. Pura tersebut hingga kini masih aktif sebagai tempat ibadah bagi penganut agama Hindu. Pura akan sangat ramai saat Hari Raya umat Hindu tiba. Untuk menuju pura, telah disediakan jembatan dengan lebar 1,5 m yang menghubungkan antara pulau dengan daratan. Tidak hanya pura, Pantai Balekambang yang dipenuhi bebatuan karang menjadi habitat berbagai biota laut yang lucu. Saat air laut surut, tidak jarang pengunjung dapat menyaksikan gerombolan ikan-ikan kecil yang bersembunyi di sela-sela bebatuan karang. Pantai Balekambang juga memiliki hamparan pasir putih yang luas. Dengan begitu, Anda dapat melakukan berbagai permainan seru sambil menikmati panorama pantai yang indah.

Pantai Ngliyep 

Pasir putih yang terhampar luas dengan air laut jernih kebiruan membuat banyak wisatawan enggan beranjak dari pantai satu ini. Keberadaan pohon-pohon yang rindang menambah suasana sejuk khas pantai yang begitu menenteramkan. Tidak heran pantai ini dinamai Pantai Nliyep. Ngliyep adalah bahasa Jawa yang jika diartikan berarti terkantuk (Ngliyep=liyep-liyep=terkantuk).

Pantai Sendang Biru

Seperti pantai lainnya yang memiliki panorama khas berupa hamparan pasir putih nan indah ditemani jernihnya air laut dengan warna kebiruan, di Pantai Sendang Biru Anda dapat berenang dengan aman karena ombak di pantai ini cukup bersahabat. Selain itu, perahu nelayan dengan aneka warna cantik akan menyambut kedatangan wisatawan yang datang ke pantai ini. Sebagai pantai yang menghasilkan tangkapan laut cukup besar, Pantai Sendang Biru kini menjadi pusat konservasi ikan terbesar di Malang bagian selatan.

Pantai Sipelot

Walaupun memiliki nama yang terkesan lucu, namun siapa sangka pantai satu ini memiliki panorama yang sangat luar biasa. Jajaran bukit berbaris di tepi pantai dengan hamparan pasir putih dan jernihnya air laut yang kebiruan, siap menyambut kedatangan para pengunjung. Yang menjadi kelebihan Pantai Sipelot ialah keberadaan fasilitas pantai yang cukup lengkap. Lahan parkir, mushola, tempat makan dan toilet sudah dapat dijumpai di tempat ini.

*Dikutip dari berbagai sumber