Pantai Batu Karas, Suguhan Surfing Layaknya Pulau Dewata Bali


Selain Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran di Jawa Barat juga masih punya pantai lain yang sayang untuk dilewatkan. Terletak tidak jauh dari objek wisata Pantai Pangandaran ada pantai lain yang terkenal yaitu Pantai Batu Karas.  Pantai Batu Karas merupakan perpaduan nuansa alam antara Pantai Pangandaran dan Pantai Batu Hiu. 

 
Panorama Pantai Batu Karas, Jawa Barat. Via: www.pasirpantai.com

Lokasi

Secara administratif Pantai Batu Karas masuk dalam wilayah Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini terletak sekitar 34 km dari pusat kota Pangandaran.

Panorama Pantai Batu Karas

Air laut yang cukup tenang dipadu dengan bentuk pantai yang landai membuat Pantai Batu Karas menjadi favorit banyak wisatawan. Meskipun memiliki air laut yang tenang, ombak di Pantai Batu Karas juga cukup menantang. Oleh sebab itu, Pantai Batu Karas juga menjadi tujuan para peselancar yang ingin membuktikan kemampuannya. Bahkan, di kalangan wisatawan Pantai Batu Karas juga disebut Bali Kecil karena menyuguhkan pengalaman surfing yang tidak jauh berbeda.

Jika Anda menyukai berlibur dengan suasana yang tenang, maka Pantai Batu Karas adalah tempat yang cocok. Meskipun memiliki panorama laut dengan ombak yang menantang, dibanding Pantai Pangandaran pengunjung pantai ini masih terbilang cukup sepi. Inilah mengapa Pantai Batu Karas malah menawarkan pengalaman berlibur yang berbeda. 
Hamparan pasir hitam nan eksotis dengan deburan obaknya adalah pemandangan umum yang akan Anda lihat dari pantai ini. 

Spot Surfing di Pantai Batu Karas 

Di kalangan pecinta olahraga surfing, Pantai Batu Karas terdengar tidak asing lagi. Bentuk Pantai Batu Karas tergolong yang paling datar dibanding pantai lainnya. Tidak jauh dari bibir pantai terdapat teluk kecil sehingga peselancar tidak harus mendayung terlalu jauh untuk menuju titik awal gelombang.

Di Pantai Batu Karas terdapat tiga spot yang menjadi favorit para peselancar. Antara lain ialah Legok Pari, Bulak Pendak dan Karang. Di spot Bulak Pandak, gelombang yang tiba dapat menghasilkan dinidng panjang dan tinggi. Bagi Anda peselancar pemula, tidak perlu khawatir karena ada instruktur berpengalaman yang siap membantu Anda. Tempat-tempat penyewaan alat selancar juga dapat Anda temui di sekitar area pantai.

Dibandingkan spot lain, Legok Pari adalah yang menjadi favorit banyak peselancar. Karena ombaknya yang tidak terlalu tinggi, spot ini terbilang cukup aman sehingga sangat cocok bagi pemula. Adapun untuk spot Bulak Pendak terlebih dahulu harus dijangkau menggunakan perahu. Sedangkan pengalaman selancar di spot Karang, hanya dapat Anda nikmati ketika air laut sedang pasang.

Aktivitas

Tidak hanya bagi peselancar, bagi wisatawan lain yang hanya sekedar ingin menimati panorama pantai, tempat ini juga menjadi favorit untuk berlibur. Di Pantai Batu Karas terdapat beberapa fasilitas seperti banan boat, jet sky dan kereta kuda. Jika Anda pecinta adventure, daerah di sekitar Batu Karas juga memiliki beberapa tempat yang dapat digunakan untuk berkemah, hiking dan berpetualang tentunya.

Akses

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum untuk sampai ke Pantai Batu Karas. Dari daerah Pangandaran, Anda dapat memilih jalur menuju Cijulang. Karena banyak penujuk jalan, Anda tidak perlu khawatir tersesat.

Sedangkan menggunakan trasportasi umum, terbih dulu Anda harus tiba di terminal Pangandaran. Dari teminal, perjalanan dapat diteruskan menggunakan minibus Cijulang. Dari Cijulang, satu-satunya armada trasportasi yang dapat membawa Anda ke Pantai Batu Karas ialah ojek dengan tarif sekitar Rp 30.000 atau dapat dinegosiasikan terlebih dulu.