10 Makanan Khas Lombok yang Populer

Lombok merupakan provinsi kaya akan wisata alamnya, terutama pantai yang indah, bahkan tak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Lombok untuk menikmati suasana alam yang sudah tidak diragukan lagi keindahanya. Di Lombok tidak hanya kaya akan pantainya tetapi juga kuliner khas Lombok, Lombok memiliki banyak makanan dan patut anda coba, terutama bagi anda yang suka akan wisata kuliner. Untuk itu, Anda wajib mencicipi salah satu makanan khas Lombok yang bercita rasa pedas. Berikut ini beberapa Makanan Khas Lombok yang telah kami rangkum.

1. Nasi Balap Pucung



Nasi Pucung merupakan salah satu makanan khas lombok yang memiliki cita rasa pedas, hal ini lah yang membuat istimewa makanan Lombok ini. Apabila jika Anda ingin mencoba, maka Anda akan merasakan ketagihan untuk mencoba lagi walau makan ini memiliki tampilan yang kurang bagus. Hal ini tidak masalah bagi kebanyakan orang, apalagi orang yang memiliki hobi terhadap rasa padas, pasti akan membeli makanan ini ketika datang ke lombok. Adapun bahan-bahan yang dipakai pada makanan ini ialah nasi yang berisi suwiran daging ayam yang di olah bercampur dengan cabai, kemudian kedelai kacang, taburan udang yang sudah kering, abon serta belut goreng. Untuk membeli makanan ini, Anda bisa membeli di sekitar Lombok, akan tetapi banyak informasi yang menyatakan bahwa nasi balap pucung yang paling enak adalah buatan dari cap Inaq Esun yang berada Lombok Tengah tepatnya di desa Puyung. Apabila Anda tidak bisa ke desa tersebut, Anda tidak perlu khawatir karena ada dua cabang lagi yang bisa Anda kunjungi yaitu berada di bilangan Plaza Senggigi, Lombok Barat serta jalan Sriwijaya Matara. Jika Anda sudah menemukan makanan ini segara rasakan sensasinya.

2. Sate Rembiga



Bagi Anda yang belum pernah mendengar Sate Rembiga mungkin penasaran, terbuat dari apa sih sate ini ? Sate Rembiga sesungguhnya merupakan sate yang berbahan daging sapi sama saperti sate lainya tetapi yang membedakan dengan sate lainya yaitu cita rasa Makanan Khas Lombok, rasanya perpaduan antara gurih, manis dan pedas. Anda penasaran dengan tiga rasa yang bercampur menjadi satu, nah maka dari itu segera datang kelombok. Lalu kenapa sih kok dinamakan Sate Rembiga, karena sate ini berasal dari desa Rembiga yang berada didekat bekas Bandara Selaparang yang memang disini lah munculnya Sate Rembiga, jadi anda tidak usah bingung lagi tentang asal muasal Sate Rembiga. Lalu dimana sih kita bisa membeli, yap, dimana saja Anda bisa membeli. Akan tetapi, Anda harus pintar-pintar memilih Sate Rembiga yang enak. Banyak yang menyarankan membeli Sate Rembiga yang tepat di Warung Rembiga Di Jalan Dakota No 2 Rembiga, karena warung ini sudah sangat berpengalaman, berdiri sejak 27 tahun yang lalu tentunya sudah mahir dalam mengelola kuliner khas yang dimiliki Lombok. Lokasi warung tersebut sangat strategis walau tidak di pinggir jalan. Untuk membeli Sate Rembiga di warung ini Anda mungkin harus mengantri karena banyak sekali yang ingin mecicipi di tempat ini, jadi Anda harus membeli sesegera mungkin sebelum ketinggalan.

3. Beberuk Terong



Namanya memang unik, lalu apakah Anda sudah tahu Beberuk Terong itu?. Beberuk Terong ialah merupakan lalapan yang menjadi pendamping Ayam Taliwang. Nah, jika Anda makan Ayam Taliwang tidak ada Beberuk Terong, maka tidak afdol kata orang-orang Lombok. Beberuk Terong merupakan makanan yang mudah di olah, dan pasti Anda bisa membuat sendiri. Bahan dasar dari Beberuk Terong yaitu terong ungu yang di potong seperti dadu dan tomat. Bumbu halus yang harus disiapkan yaitu cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merang, bawang putih, kencur, terasi bakar, gula pasir, garam dan minyak goreng. Kemudian siram bumbu diatas yang sudah dicampur di atas terong plus perasan jeluk limau tepat diatasnya. Rasanya manis, pedas, asam dan segar, pasti Anda ingin sekali mecicipi makanan ini. Jika iya silahkan anda datang ke Lombok.

4. Poteng Jaje Tujak dan Iwek



Pasti Anda penasaran dengan makanan satu ini. Makanan ini merupakan salah satu makanan khas lebaran bagi masyarakat Lombok tapi tenang saja, makanan ini bisa ditemukan di hari-hari biasa tanpa harus menunggu lebaran. Makanan ini terdapat dua jenis yaitu Poteng atau Tapai dan Jaje Tujuk atau Tetel. Selain itu yang tidak ketinggalan iwek atau kue yang terbuat dari ketan hitam dan biasanya disajikan ketika ada upacara tradisi masyarakat Lombok. Iwel merupakan makanan yang berbeda dari makanan lainya karena biasanya makanan Lombok pedas. Akan tetapi, Iwel berbeda yaitu terasa manis dan legit. Bagi Anda yang datang ke Lombok bisa mencoba makanan ini. Atau Anda bisa belajar kemudian buat di rumah Anda sendiri. Makanan Pteng Jaje Tujak dan Iwek memang unik tapi jangan salah, makanan ini sangat enak.

5. Plecing Kangkung



Mungkin dirumah Anda sering masak kangkung seperti di tumis. Untuk di lombok, ada namanya Plecing Kangkung yang merupakan masakan khas lombok. Lalu apa yang membedakan dengan masakan kangkung lainya. Yang membedakan ialah kangkungnya itu sendiri, kangkung di Lombok berbeda dengan kangkung yang ada didaerah lainya. Didalam kangkung khas lombok, biasanya ada sayuran tambahan seperti touge dan kacang goreng yang berguna untuk mengurangi rasa pedas. Untuk masakan ini, hampir semua rumah makan menyediakan masakan khas ini Lombok ini. Salah satu yang populer yang menyediakan masakan Plecing Kangkung yaitu Rumah Makan Dua-EM yang ada di jalan Transmigrasi 99 Mataram, bagi Anda yang ingin mencicipi silahkan datang ke rumah makan tersebut atau kerumah makan sekitar Anda ketika berada di Lombok.

6. Ayam Taliwang



Nah, jika Anda pergi ke Lombok belum mencicipi makanan ini, maka Anda sebenernya belum ke Lombok. Karena makanan ini merupakan makanan yang paling populer di Lombok. Ayam Taliwang bisanya dimasak dengan beberapa pilihan seperti di goreng, di panggang ataupun dibakar. Biasanya Ayam Taliwang menggunakan ayam kampung yang masih muda agar rasanya lebih mantab. Kelezatan Ayam Taliwang terletak pada bumbu khas Lombok yakni super pedas. Bagi Anda yang ingin mencoba racikan Ayam Taliwang, Anda dapat datang kerumah makan Ayam Bakar Taliwang Iraman yang terletak di Cakranegara. Jika tidak tahu dimana Cakranegara itu dimana, silahkan Anda tanya sama orang yang ada disekitar Anda,, haha

7. Sate Tanjung



Nah ada lagi makanan sate khas Lombok yakni Sate Tanjung, lalu apakah sama Sate Tanjung dengan Sate Rembiga, jawabanya berbeda karena Sate Tanjung menggunakan bahan ikan bukan daging sapi atau kambing dan ikan yang digunakan adalah ikan Cakalang atau ikan Langoan. Kenikmatan Sate Tanjung ialah disantap ketika masih dalam keadaan panas dan disandingkan dengan nasi atau lontong. Rasa guruh pada daging ini sangat terasa karena campuran bumbu khas lombok yang wenak, berupa santan yang pedas dari barbagai rempah-rempah yang dicampurkan ke daging ikan. Jika Anda menyantab masakan ini badan akan terasa hangat, hal ini cocok ketika Anda sehabis berendam air seperti habis berenang di kolam atau di pantai. Kenapa disebut dengan Sate Tanjung mungkin karena sate ini terdapat di Pasar Tanjung dan bagi Anda yang ingin menikmatinya, Anda dapat datang ke Pasar Tanjung untuk membelinya. Silahkan mencoba dan berkeliling ke Lombok.

8. Sate Bulayak



Ada lagi sate yang akan kita bahas kali ini. Anda sudah tahu sate Bulayak? bila belum silahkan datang langsung ke Lombok dan temukan jawabanya. Hehe. Oke langsung kita bahas, Sate ini tidak saja enak di santap akan tetapi unik ‘katanya sih’, lalu dimana keunikanya. Ayo kita temukan jawabanya, Bulayak adalah sejenis lontong yang dibungkus dengan daun aren atau danau enau dengan bentuk memanjang seperti spiral. Sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar. Sedangkan satenya menggunakan daging sapi yang berbeda dengan sate tanjung, sate tersebut dilumuri dengan bumbu khas sasak, cara makanya yaitu dengan mencocol Bulayak ke bumbu sate yang telah disediakan, dan begitulah keunikan dari Sate Bulayak. Jika Anda ingin mencari sate ini, Anda dapat pergi ke beberapa tempat yang banyak menjual makanan ini yaitu tempat-tempat wisata seperti Pura Lingsar, Taman Narmada dan Tamana Suranadi. Oke, silahkan mencoba makanan satu ini dan rasakan sensasi dan keunikanya.

9. Ares



Kira-kira menurut pembaca ini jenis makanan apa ya ? mungkin banyak yang belum tau ya. Yuk kita bahas makanan satu ini. Ares merupakan makanan yang berbahan sayuran khas lombok yang bahanya utamanya yaitu Kedebok Pisang atau pelepah pisang yang masih muda, unik ya ternyata pelepah pisang bisa digunakan sebagai sayur. Apakah daerah Anda juga digunakan sebagai sayur? ahh kita bahas lagi tentang masakan ini. Rasa hidangan yang menggunakan santan ini terbilang unik karena rasanya manis dan gurih, asal muasal makanan ini berasal dari makanan suku sasak yang disajikan pada acara pernikahan hingga menjadi populer sebagai makanan khas lombok. Jika ingin lebih nikmat, makanan ini dimakan ketika masih hangat dan dengan nasi putih. Silahkan mencoba bagi Anda yang ingin tentunya di Lombok ya.

10. Bebalung



Mungkin di daerah lain mengatakan makanan aneh. Apasih ini, nah itulah Indonesia, kaya akan segala hal, begitu juga kulinernya. Anda harus mencoba makanan satu ini karena rasanya sangat ciamik. Lalu terbuat dari apa Bebalung itu ? Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang diracik dengan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawah merah, lengkuas plus kunyit dan jahe. Bebalung ini dihidangkan dengan semangkuk yang telah diberi bawang merah goreng, Lalu apa yang kita makan ? silahkan makan apa saja yang penting makanan ini lezat abiz.

Sajian Bebalung yang paling populer dari Lombok di Depot Kelebet yang berada di Jalan HOS Cokroaminoto, depot yang terletak di belakang kantor Gubernur NTB. Tapi Anda harus rela mengantri hingga berkilo-kilo meter. Haha. Ini hanya bohong belaka, yang pasti, tempat ini selalu dipadati oleh penikmat Bebalung. Jadi, Anda harus sabar jika para pelayan agak lama melayani. Dan sebelumnya, selamat menikmati.

Hanya ini penjelasan Makanan Khas Lombok dan Bagi anda yang ingin melihat foto-foto suasana Lombok dan hotel-hotelnya terutama pantai yang indah disana, Anda dapat melihatnya di artikel lainya.