20 Tempat-Tempat Pilihan Wisata di Lombok

Lombok merupakansalah satu daerah nusantara yang menjadi  tujuan wisata baik lokal maupun internasional di daerah ini terdapat banyak sekali tempat-tempat wisata, mulai dari wisata pantai yang indah, wisata situs hingga wisata desa lokal yang menyajikan alam yang begitu indah, tidak heran apabila lombok mempunyai berbagai tempat yang berkelas internasional. Disini wisatatiga.com akan mengulas secara singkat beberapa tempat wisata di lombok yang bisa anda kunjungi. Tempat-tempat tersebut yaitu:
Pulau Gili
Pantai Senggigi

Siapa yang tidak kenal dengan pantai senggigi yang merupakan tujuan wisata lokal dan internasional. Pantai ini memiliki panjang sekitar 30 kilometer dan memiliki pasir putih bersih, air yang jernih sehingga biota laut terlihat oleh mata. Jika anda datang ke pantai ini berbagai fasilitas mewah di sediakan dari hotel berbintang hingga caffe.

Pantai Selatan

Pantai ini juga merupakan tempat yang menarik anda kunjungi sebagai tempat berlibur ketika anda di lombok. Tempat yang sangat indah ini merupakan salah satu tujuan wisata internasional, di tempat ini anda bisa bermain-main air, berjemur, berenang atau sekedar berfoto-foto untuk menikmati suasana yang indah.

Pulau Gili

Pulau gili merupakan 3 pulau yang terletak di sebelah utara pulau lombok. Pulau tersebut yaitu Gili Air, Gili Meno dan gili trawangan. Ketiga pulau tersebut merupakan tempat yang sangat cocok untuk relaksasi anda terutama pulau Air. Sebagai tempat bawah laut yang indah tempat ini menyajikan wisata yang akan membuat anda terkesan. ketiga Gili tersebut dapat menyaingi Great barier Reef yang ada di Australia. Jadi anda harus datang ketempat ini ya jika ke lombok !

Tete Batu

Beralih kewisata pantai kali ini kita desa yang memerika pemandangan indah yaitu desa Tete Batu. Desa ini merupaka sebuah desa yang terpencil di hutan tropis dengan pemandangan gunung tropis dan memiliki sungai kecil yang mengalir dari air terjun. Di desa ini juga menyediakan tempat untuk penginapan di tengah sawah yang nyaman dan akomodasi bagi para pendatang. Tentunya dengan masyarakat yang ramah yang siap untuk menyambut anda.

Suranadi

Suranadi merupakan sebuah tempat bangunan bagi agama hindu yaitu sebuah Pura Suci di Lombok. Tempat ini memiliki mata air yang jernih dan kolam berisi ikan, di tempat ini dikelilingi hutan tropis dan sungai yang jernih.

Senaru

Senaru adalah sebuah desa yang terletak di lereng Gunung Rinjani. Disini anda akan di manjakan oleh suasana alamnya terutama, sistem persawahan bersusunnya sehingga banyak wisatawan yang datang ke desa ini. Didesa ini juga memiliki Air terjun yang harus anda kunjungi yang biasa di sebut sendang gila dan Tiu Kelep. Konon katanya masyarakat setempat jika anda mandi di tempat ini anda akan awet muda.

Sembalun

Sembalun adalah bukit tertinggi di bagian Indonesia timur dengan ketinggian 1.200 Mdpl. Dinding kawahnya yang curam, lahar yan gkeluar dari perut gunung, dinding kawah dan puncak yang tertinggi (Gunung Rinjani, 3.726m merupakan gunung tertinggi nomer 3 di indonesia). Yang menjadi bertambah indah dan menawan yaitu pemandangan ladang sayuran dan buah-buahan yang ditanam oleh masyarakat setempat. Untuk malam hari suhu di sembalun sekitar 12 Celcius. Tempat ini merupakan desa yang harus anda nikmati ketika berlibur di Lombok.

Batu Bolong

Batu bolong terletak 3 Km dari senggigi yang merupakan Sebagai tempat pemujaan bagi umat hindu. Yang membuat indah yaitu karena di apit oleh dua batu yang menjorok ke pantai. Sehingga apabila sore hari tiba maka tempat ini terasa indah dan menawan.

Gerabah dan Kerajinan

Gerabah lombok merupakan gerebah yang sudah terkenal di dunia. Pembuatan gerabah sudah dilakukan berebad-abad dengan cara tradisional dan di buat oleh kalangan perempuan. Disini anda bisa melihat proses bagaimana perempuan membuat gerabah tanpa menggunakan alat dan belajar jika anda ingin mencoba untuk membuat juga.

Kota tiga

Kota tiga merupakan sebutan yang dibuat oleh wisatatiga.com, karena terdapat kota yang saling berdekatan satu sama lain yang merupakan pusat administratif dan perdagangan. Ketiga kota ini anda bisa berbelanja untuk keperluan oleh-oleh atau melihat kota-kota yang ada di lombok. Tiga kota tersebut yaitu: ampenan, mataram dan cakranegara.

Narmada

Jika anda ingin melihat seluruh gunung rinjani anda dapat mengunjungi Narmada. Narmada merupakan sebuah replika dari Gunung Rinjani dan segara Anak. Terletak  15 menit dari kota mataram.

Taman Mayura

Tempat ini merupakan sebuah monumen religius dan peninggalan sejarah di Lombok. Di tempat ini anda dapat melihat perkembangan atau pengaruh agama Hindu dan Muslim pada massa lalu. Taman mayura di bangun pada tahun 1744 M oleh raja lombok Anak Agung Ngurah Karang Asem. Bangunan ini merupakan bangunan yang di gunakan untuk pertemuan-pertemuan penting dari Kerajaan Lombok, di tengan bangunan taman terdapat kolam yang disebut Bale Kembang. Tentunya tempat ini merupakan tempat wisata sejarah di kota Lombok.

Rambitan dan Sade

Rambitan dan Sade merupakan sebuah desa Adat daru Suku Sasak, desa inni merupakan desa yang sudah sangat tua atau bahkan tertua karena dibangun pada abad ke 14 M, tempat ini merupakan asal dari masyarakat Lombok, para wisatawan yang datang ke tempat ini biasanya untuk melihat keunikan bangunan dan bahan yang dibuat.

Pantai Desert Point atau Bangko-Bangko, Lombok

Pantai  yang menjadi tujuan wisatawan yang ingin menikmati kekuatan ombok ini, manjadi daya tarik bagi pecinta serfing untuk datang ke Lombok. Bahkan pantai ini menjadi salah satu tujuan utama para serfing internasional ke indonesia. Untuk itu pantai ini tidak di ragukan sebagai tempat wisata unggulan.

Gunung Rinjani

Untuk anda yang  suka berpetualang di Hutan Hujan Tropis anda bisa berkunjung ke Hutan Yang satu ini. Kealamian dan keragaman tanaman yang ada di hutan ini sangat lengkap. Hutan rinjani terletak di sebelah utara dari Lombok dan menjadi salah satu hutan yang di lindungi oleh pemerintah indonesia.

Selong Belanak

Seloang Belanak Merupakan salah satu pantai yang sangat menawan yang terletak di Lombok Tengah.  Air yang biru dan pasir yang halus tapi sangat padat sehingga banyak kendaraan yang lalu lalang di pantai yang satu ini. Disini ada dapat mandi, bermain air atau berjemur untuk relaksasi.

Tanjung Aan

Patai yang bersih dan masih alami ini merupakan pantai yang bagus untuk liburan anda dan menikmati suasana Lombok yang menawan terutama pantai-pantainya. Pasir yang putih dan warna air yang biru menjadi salah satu cirri khas dari pantai yang ada di Lombok termasuk pantai tanjung Aan. Untuk sampai ke pantai ini dari kota mataram anda membutuhkan waktu 1.5 menit.


Tanjung Bloam

Tanjung Bloam merupakan pantai yang ada di Lombok dan kurang terkenal akan tetapi di tempat ini anda bisa melihat bagaimana konservasi Penyu dilakukan. Pantai ini sepi bukan karea jelek akan tetapi akses untuk ke tempat ini masih sangat susah dan mungkin juga karena lingkungan tanaman kurang bagus, untuk pasir dan air lautnya sangat bagus apalagi di pandang dari ketinggian.


Pantai Sekotong Lombok

Wisata pantai ini terletak di Lombok barat, untuk akses ke tempat ini anda bisa dengan rute mana saja kerana untuk ke pantai sangat mudah. Untuk menempuh dari kota mataram anda hanya membutuhkan waktu 1 jam.


Gilli Nangu


Gili Nanggu atau biasa di sebut " New Paradise" yang ada di pulau lombok adalah Gili yang terletak di selatan barat pulau lombok, pulau kecil dengan keindahan pasir pantai, pemandangan bawah laut dan ikannya yang beranekan ragam.