Wisata Ke Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) terkenal sebagai tempat konservasi gajah sumatra yang kini populasinya mulai menyusut. Menurut situs indonesia.tarvel  way kambas merupakan cagar alam  tertua di indonesia yang luasnya mencapai 1.300 km2. Lokasi way kambas yaitu terletak di ujung pulau sumatera tepatnya di Propinsi Lampung berjarak 110 Kilometer dari Bandar Lampung. Masyarakat setempat menyebut taman nasional way kambas dengan PLG ( Pusat Pelatihan Gajah) karena merupakan pusat konservasi dan pelatihan gajah, di tempat ini terdapat sekitar 200 gajah sumatera. Perlu kita ketahui bahwa gajah sumatera merupakan salah satu gajah dari subspesies  yang di akui sebagai gajah asia dan asli gajah sumatera, ciri yang dapat dikenali dari gajah sumatera ialah tubuhnya lebih kecil dibanding dengan gajah lainnya. Ditaman ini terdapat berbagai satwa yang sudah langka dan lindungi  keberadaanya seperti harimau sumatera. Mari kita bahas lebih dalam tentang Taman Nasional Way Kambas yang didirikan tahun 1985 ini.

CIRI KHAS
Ciri khas yang melekat dari Taman Nasional ini adalah gajah, ya mungkin sudah kita bahas di awal bahwa tempat ini merupakan konservasi dan pelatihan gajah-gajah liar. Di tempat ini anda dapat melihat gajah-gajah di rantai yang sudah jinak tentunya jinak dengan majikanya ya. Anda bisa datang ketempat ini bisa setiap hari, jika anda ingin melihat gajah dimandikan dan memberi makan, waktu yang paling tepat ialah sekitar jam 2 karena gajah-gajah sebelum didi masukan ke kandang dimandikan terlebih dulu dan and dapat berfoto-foto lebih dekat. Untuk melihat gajah bermain bola anda bisa datang ke way kambas pada hari libur yaitu hari minggu karena pengunjunng yang datang lebih banyak sehingga dari pihak way kambas mengadakan pelatihan bola dan sebagainya.

SATWA-SATWA DI TNWK
Taman nasional way kambas juga memiliki beberapa spesies hewan yang langka dan dilindungi. Salah satu contoh yaitu Badak Sumatera yang merupakan spesies terancam punah karena hanya tinggal sedikit, tempat kawasan pengkaran Badak sumatera ini bernama Sumatera Rhino Sanctuary (SRS). pada tahun 2013 penangkaran ini berhasil mengembangbiakan badak sumatera dengan lahirnya satu badak. Kerena di tempat SRS ini badak-badak dikenal dengan alam lingkunganya dengan harapan pengkaran yang dilakukan bisa berjalan dengan sukses. Kawasan SRS ini didirikan pada tahun 1995 yang memiliki luas lahan 100 hektr yang di jadikan sebagai tempat pelestarian, penelitian dan pendidikan. Di SRS ini terdapat 5 badak sumatera yang diberi nama Rato, Rosa, Bina, Torgamba dan andalas.

Tidak hanya Badak Sumatera yang ada di TNWK tetapi masih banyak lain satwa yang harus kita ketahui seperti Harimau Sumatera, Tapir, Anjing Hutan, Siamang, 405 Jenis burung diantaranya yang terkenal Bebek Hutan, bangau sandang lawe, bangau tong-tong, botak hutan, sempidan biru, kuau, pecuk ular, dan berbagai jenis reptilia, amfibia, ikan dan insekta.

Untuk jenis tumbu-tumbuhan yang terdapat di TNWK antara lain Api-api, Pidada, Nipah, Gelam, salam, rawang, ketapang, cemara laut, pandan, puspa, meranti, minyak dan ramin.

RUTE PERJALANAN
Jika anda ingin ke way kambas paling mudah yaitu dengan transportasi umum anda bisa menggunakan Bus dari terminal Raja Bandar Lampung, tapi hati-hati ya ketika anda di terminal ini biasanya terdapat tukang ojek yang nakal dengan memutar-mutarkan anda agar tarif yang dikenakan mahal, biasanya Cuma 5 ribu bisa menjadi 20 ribu. Anda bisa langsung meminta turun di pintu masuk way kambas tepatnya di desa Rajabasa Lama sebelahan dengan pasar. Setelah anda sampai di pintu masuk anda tinggal mencari ojek untuk sampai ke dalam TNWK, jarak dari pintu masuk ke TNWK sekitar 9 KM dan kemudian anda akan bertemu  dengan pintu masuk yang dijaga oleh petugas dan anda akan dikenakan biaya sekitar 20 ribu. Anda bisa langsung menghubungi seorang ranger atau penjaga pintu masuk TNWK yaitu Pak Selamet di nomor 0853-7780-5517.
Jika anda menggunakan mobil pribadi atau sewaan dari Bandar Lampung anda bisa memulai dari lewat Kec. Natar Lampung Selatan, kemudai setelah anda sampai di jembatan tegineneng sekitar 100 meter anda mengambil arah kanan yaitu ke metro dan seterusnya, yang paling dan tepat anda dapat menggunakan GPS. Karena tinggal mengikuti rute. Sebaikanya jika anda ingin menginap di way kambas jangan datang terlalu sore.

PENGINAPAN
Untuk anda yang ingin menginap di kawasan Taman NasionalWay Kambas (TNWK) anda bisa memilih tempat yang disebut dengan Satwa Gajah Eco Lodge. Ini merupakan taman bertembok yang ditumbuhi pohon buah-buahan tropis. Satwa Gajah Eco Lodge juga menawarkan empat Cottage masing-masing dengan kamar dan dapat menampung hingga empat orang dan terdapat kamar tidur petugas, kipas angin, air panas, dan toilet bergaya barat. Semua fasilitas yang menggunakan listrik bersumber dari tenaga surya. Disini juga terdapat restoran yang menyediakan makan. Jika anda ingin membeli sesuatu sebaiknya disiang hari karena disini tidak adan toko pada malam hari dan buka hanya siang hari dan terdapat diluar TNWK sebaiknya anda membawa keperluan sebelum menginap.

TIPS

Untuk izin masuk TNWK dapat diperoleh di pintu masuk taman dan juga dari pihak konservasi di kantor pusat Bandar Lampung (balai Konservasi Sumber Daya Alam 11) kontor ini hanya berjarah 500 meter dari Teminal Rajabasa atau 50 meter dari Bunderan Raden Intan.  Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa langsung menghubungi seorang ranger atau penjaga pintu masuk TNWK yaitu Pak Selamet di nomor 0853-7780-5517.