Pesona 10 Objek Wisata di Padang, Sumatera Barat




Sumatera Barat merupakan sebuah provinsi yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera. Ibukotanya adalah Padang. Sumatera barat memiliki luas sekitar 42.29,30 km dan berbatasan dengan empat provinsi yaitu Sumatera Utara, Riau, Jambi dan Bengkulu. Mayoritas suku yang terdapat di Sumatera Barat adalah Minangkabau dan seluruh masyarakatnya beragama islam. Pusat atau sentra terbesar dari ekonomi Sumatera Barat ada di Padang. Sejarah kota padang tidak terlepas dari peranan nya sebagai kawasan rantau Minangkabau. Kota ini merupakan sentra perekonomian dengan jumlah pendapatan perkapita tertinggi di Sumatera Barat. Selain itu, kota ini juga menjadi pusat pendidikan dan kesehatan di sumatera Bagian Tengah. Kota ini menempatkan sektor industri, perdagangan dan jasa sebagai andalan bagi perekonomian masyarakatnya.

Kota Padang merupakan kota dengan jumlah penduduk paling banyak di Provinsi Sumatera Barat . Sebagian besar penduduknya adalah asli Minangkabau, tetapi ada juga etnis lain yang tinggal di Kota ini, seperti Jawa, Sunda, Tionghoa dan lain sebagainya. Awalnya orang minang hanyalah perantauan yang merantau ke Padang sejak tahun 1970 hingga lama bermukim disana dan menjadi penduduk mayoritas. 64% merupakan penduduk Minangkabau itu sendiri dan sisanya adalah pendatang. Mayoritas penduduk kota Padang memeluk agama islam. Hal itu di pengaruhi oleh penyebaran agama islam yang juga berpusat di Sumatera Barat. Agama lain yang di anut adalah, Kristen, Buddha dan Konghucu.

Padang juga terkenal sebagai kota wisata yang menarik untuk di kunjungi bagi para wisatawan bila mereka berkunjung ke Sumatera. Salah satu wisata yang menarik untuk di kunjungi adalah Air terjun Tiga Tingkat. Air terjun ini terletak di Desa Cendikar. Air terjun ini terbilang sebagai Air terjun yang misterius, karena tak banyak orang yang tau dengan air terjun ini. Air terjun ini disebut sebagai Air Terjun tiga tingkat karena memang air terjun ini memiliki tiga tingkatan. Air terjun ini sangat cocok bagi mereka yang cinta akan petualangan, karena medan yang dilalui air terjun ini pun cukup sulit untuk di tuju.
Selain air terjun, wisata Padang yang patut untuk di nikmati lainya adalah pantai aie manih (pantai air manis). Pantai ini merupakan panti yang cukup terkenal di kota Padang. Pantai ini begitu terkenal karena cerita  awal mula munculnya pantai ini sendiri, yaitu cerita Malin Kundang. Di pantai ini, para pengunjung bisa menyaksikan sebuah patung yang di sebut-sebut dan di percaya sebagai patung malin kundang. Pantai ini juga menawarkan panorama yang indah bagi para pengunjung nya yaitu dengan latar sebuah gunung serta gelombang yang aman untuk mereka yang cinta akan wisata pantai seperti surving dan diving.

Pantai selanjutnya yang tak kalah menarik sebagai wisata alam Padang adalah Pantai Nirwana. Pantai ini berlokasi sekitar 14 Km di sebelah selatan Kota Padang. Pantai ini sangat dekat dengan Teluk Bayur, yaitu teluk yang cukup terkenal di Kota Padang. Banyak pengunjung yang tertarik dengan pantai Nirwana ini, karena pantai ini merupakan sebuah pantai yang paling mudah untuk di kunjungi, selain itu udara di sekitar pantai ini pun masih fresh dan terjaga. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah sore hari, atau saat senja akan datang, karena dengan begitu kita dapat menikmati indahnya matahari terbenam dan indahnya lampu sorot dari Teluk Bayur.

Tak hanya wisata alam saja yang terkenal di Padang, Museum juga merupakan objek wisata yang terkenal dan menarik dii kunjungi bila kita berkunjung ke Padang. Salah satunya yaitu museum Adityawarman. Museum ini merupakan museum yang paling terkenal di Kota Padang, museum ini di resmikan pada 16 maret 1977 dan mengambil nama dari seorang raja Malayapura pada abad ke-14. Museum ini berada di areal kurang lebih 2,6 hektare. Museum ini bisa dibilang sebagai Taman mini dari kota Padang, sama seperti Taman Mini Indonesia Indah yang ada di Jakarta. Museum ini digunakan sebagai tempat menyimpan dan menjaga berbagai jenis benda bersejarah Kota Padang, sehingga sangat tepat sekali bagi para wisatawan yang juga ingin mengenal lebih dalam tentang Kota Padang.

Selain Museum, objek wisata Padang lain yang berbentuk bangunan yang cukup terkenal di kota Padang adalah Miniatur Makkah. Objek wisata ini merupakan objek wisata religi. Miniatur ini merupakan objek wisata yang bisa di bilang baru karena baru di bangun pada tahun 2010 dan merupakan objek wisata yang paling unik karena benar-benar mirip dengan aslinya. Karena ke miripan inilah, objek wisata ini juga sering di gunakan untuk berlatih bagi mereka yang ingin berangkat ke tanah suci Makkah.

Berikut ini 10 tempat wisata yang wajib anda kunjungi

Air Terjun Tiga Tingkat
Air Terjun Tiga Tingkat merupakan tempat wisata daerah Padang yang terbilang misterius karena jarang sekali ada yang tahu tentang tempat wisata ini dan juga jika anda mencari informasi tentang Air Terjun Tiga Tingkat di internet, maka anda tiadk akan mendapatkannya dengan mudah. Sesuai dengan namanya yaitu Air Terjun Tiga Tingkat, air terjun ini memang memiliki tingkat sebanyak tiga. Tidak banyak orang yang mampu menapakkan kakinya di ketiga tigkat tersebut, karena pada tingkat ketiga anda harus bersusah payah melewatinya. Dalam perjalanan menuju ke tingkat tiga anda harus melewati area air terjun yang licin dan juga terjal, cocok untuk anda yang menyukai tantangan alam. Tempat wisata daerah Padang ini terletak di Desa Cendikar.

Museum Adityawarman
Museum Adityawarman merupakan tempat wisata daerah Padang yang berupa museum paling terkenal di Padang. Museum Adityawarman yang menyimpan berbagai sejarah dan juga budaya dari kota Padang menjadi tempat yang wajib anda kunjungi. Museum ini dibangun pada tahun 1974, kini museum Adityawarman telah menjadi ikon dari kota Padang. Tempat wisata daerah Padang ini memiliki luas yang cukup besar yaitu sekitar 2,6 hektar. Musem Adityawarman ini juga bisa disebut sebagai Taman mini yang dimiliki oleh kota Padang, karena di museum ini tersimpan segala budaya maupun sejarah dari Padang. Jika anda merupakan warga Padang anda wajib mengunjungi museum ini agar lebih mengenal kota Padang.

Pantai Aie Manih (Pantai Air Manis)
Pantai Aie Manih atau juga disebut Pantai Air Manis merupakan tempat wisata daerah Padang yang cukup terkenal akan keindahannya. Selain karena keindahannya Pantai Aie Manih juga terkenal akan sebuah legenda yang sudah menjadi legenda nusantara yaitu legenda Malin Kundang. Salah satu tempat wisata daerah Padang ini dipercaya merupakan bukti bahwa legenda tersebut memang benar-benar terjadi dahulu kala. Mungkin sebagian besar dari kita sudah tau akan legenda malin kundang, malin kundang merupakan anak yang dikutuk ibunya menjadi batu karena tidak mengakui ibu kandungnya setelah dia menjadi kaya. Batu Malin Kundang dipercaya berada di Pantai Aie Manih, selain karena batu malin kundang pemandangan gunung padang sebagai latar pantai tidak kalah menariknya.

Pantai Nirwana
Pantai Nirwana merupakan tempat wisata daerah Padang yang menjadi favorit wisatawan karena akses menuju tempat wisata ini terbilang cukup mudah. Pantai ini hanya terletak 14 KM dari pusat kota Padang, tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur. Tempat wisata daerah Padang ini memiliki pemandangan alam yang terbilang segar, pepohonan yang ada disekitar pantai menambah pemandangan menjadi semakin indah. Seperti kebanyakan pantai lain, tempat wisata daerah Padang ini juga memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah. Jika anda ingin menikmati pemandangan matahari, anda harus datang ketika sore hari, setelah melihat matahari terbenam anda bisa melanjutkan jalan-jalan dengan melihat-lihat pemandangan lampu sorot dari Pelabuhan Teluk Bayur.

Pantai Pasir Jambak
Pantai Pasir Jambak merupakan salah satu tempat wisata daerah Padang yang menawarkan keromantisan dan juga keindahan pemandangan. Pantai ini cocok untuk anda yang sudah memiliki pasangan, dan ingin menghabisakan waktu berdua saja, keromantisan pantai ini lebih terasa saat sore hari ketika matahari akan tenggelam. Anda tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke pantai yang menawarkan ketenangan ini cukup dengan berkendara kurang lebih selama 30 menit, anda sudah bisa menikmati tempat wisata daerah Padang ini. Pantai Pasir Jambak berada sekitar 17 KM dari pusat kota Padang, cukup dekat untuk anda kunjungi terutama ketika anda membutuhkan sebuah penyegaran setelah lelah bekerja atau belajar.

Miniatur Makkah
Makkah merupakan tempat yang sangat ingin dikunjungi oleh semua pemeluk agama Islam, jika anda belum sempat mengunjungi makkah langsung anda bisa melihat miniaturnya di Padang. Miniatur Makkah merupakan tempat wisata daerah Padang yang menjadi salah satu objek wisata relegisi favorit wisatawan. Tempat ini berdiri pada tahun 2010, baru berumur 5 tahun tapi miniatur makkah sudah menjadi tempat wisata favorit karena benar-benar mirip dengan aslinya. Biasanya banyak wisatawan yang menggunakan tempat ini sebagai tempat latihan sebelum berangkat ke makkah asli, selain itu di tempat ini anda juga bisa melihat unta, ular, dan ikan. Tempat wisata daerah Padang ini berada di Lubuk Minturun.

Jembatan Siti Nurbaya

Anda pasti sudah mendengar cerita Siti Nurbaya, cerita yang dikarang oleh Marah Rusli Sastrawan dari Sumatera Barat itu tidak hanya terkenal di Sumatera saja tapi juga di seluruh Indonesia, bahkan juga di beberapa Negara tetangga. Diambil dari cerita Siti Nurbaya tersebut, terdapat jembatan dengan nama serupa yaitu Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan ini merupakan salah satu tempat wisata daerah Padang yang menawarkan pemandangan indah kota Padang, mulai dari kapal yang hilir mudik di siang hari, pemandangan matahari terbenam di sore hari, dan lampu-lampu di malam hari. Di sekitar jembatan juga terdapat berbagai kuliner yang siap memanjakan perut anda, meskipun hanya jembatan tapi Jembatan Siti Nurbaya menjadi tempat wisata daerah Padang yang sering dikunjungi.

Lembah Anai
Lembah anai merupakan tempat wisata daerah Padang yang sudah menjadi ikon tempat wisata di kota Padang bahkan Sumatera Barat. Lembah Anai terkenal dengan air terjunnya, lembah ini memiliki tiga buah air terjun. Dari ketiga air terjun di Lembah Anai memiliki keindahan masing-masing, tapi yang paling terkenal adalah air terjun yang memiliki ketinggian 35 meter. Air terjun tersebut dikenal dengan nama Air Terjun Lembah Anai yang terletak di dipinggi jalan. Lemba Anai terletak di pinggir jalan Trans Sumatera, 60 KM atau 2 jam perjalanan dari pusat kota Padang. Lembah Anai ini bisa menjadi tempat wisata daerah Padang yang menarik untuk anda kunjungi.

Sitinjau Lauik
Sitinjau Lauik atau juga dikenal dengan nama Scenic Point merupakan tempat wisata daerah Padang yang memiliki ketinggian 1000 meter dari permukaan laut. Dari ketinggian tersebut anda dapat melihat pemandangan yang sangat indah, yaitu berupa pepohonan hijau dan juga luasnya Samudera Hindi dari kejauhan. Hampir seperti ketika anda menaiki puncak gunung, untuk sampai di Sitinjau Lauik anda juga harus melewati jalan yang terjal, setelah sampai di tempat anda dapat beristirahat terlebih dahulu sebelum menikmati pemandangan. Di tempat wisata daerah Padang ini juga terdapat pemandian umum untuk anda membersihkan diri setelah perjalanan. Jika anda datang di malam hari, anda dapat melihat keindahan kota Padang di malam hari.   

Pantai Padang
Pantai Padang merupakan tempat wisata daerah Padang yang sangat mudah untuk anda datangi, karena pantai ini terletak di pusat kota Padang. Karena lokasinya yang dekat dengan pusat kota, pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung terutama saat akhir pekan. Banyak sekali warga Padang yang memanfaatkan pantai ini sebagai tempat untuk menyegarkan pikiran setelah bekerja atau belajar satu minggu penuh. Jika anda datang ke tempat wisata daerah Padang ini anda tidak akan menemukan pasir di sekitar pantai, karena pantai ini memang tidak memiliki pasir. Untuk anda yang sudah berkeluarga dan ingin menghabisakn waktu bersama anak, di sini terdapat area bermain untuk anak-anak yang cocok untuk anak anda.

Menarik bukan bila kita berkunjung ke Kota Padang dan disuguhi berbagai macam panorama alamnya, Tunggu apalagi, mari berlibur!