Tips Wisata Lumba-Lumba Di Teluk Kiluan, Lampung


Teluk Kilauan merupakan tempat surganya para pecinta lumba-lumba karena di teluk ini merupakan jalur migrasi lumba-lumba yang menurut situs indonesia.travel bisa mencapai ribuan. Di teluk kilauan ada 2 keluarga besar lumba-lumba yang bisa anda lihat , yaitu lumba-lumba mulut botol (Tursiops truncatus) dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris). Anda akan menyaksikan ratusan parade lumba-lumba yang menakjubkan di laut lepas teluk kilauan. Beberapa dari wisatawan pecinta lumba-lumba yang pernah berkunjung di teluk kiluan mengatakan bahwa parade lumba-lumba yang ada di teluk kilauan lebih indah dari pada parade di pantai Lovina, Bali.
Sumber:indonesia.travel

Jika anda ingin ke tempat ini untuk menyaksikan tenang saja karena parade lumba-lumba bisa kita saksikan setiap hari, pengalaman dari penulis ketika berkunjung ke teluk kiluan. Berwisata di pulau kilaun sangat menyenangkan karena bermain-main di pinggir pantai saja sudah bisa melihat lumba-lumba tanpa harus ketengah laut tapi hal seperti ini jarang terjadi setiap saat. Cuma faktor keberuntungan tapi ini menjadi sesuatu petunjuk bahwa memang di teluk kiluan ini dilewati ribuan lumba-lumba setiap bulanya.

Jika anda ingin datang ketempat ini penulis akan memberikan tips agar berkunjung ketempat ini anda bisa sampai tujuan dengan aman, nyaman dan tidak terkendala oleh hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut tips dari wisatatiga.com :

Tips Transportasi atau Akses Ke Teluk Kiluan
Teluk kiluan merupakan tempat yang memiliki jarak sekitar 80 Km dari Kota Bandar Lampung, perjalanan ke Teluk Kiluan dapat di tempuh dengan wktu 3-4 Jam perjalanan, ruas jalan yang akan anda lewati seblum bagus dan memiliki berkelok-kelok tajam, untuk itu anda harus hati-hati dan jangan menggunakan mobil sedan atau mobil yang memiliki roda kecil kerena bisa merusak mobil anda. Walau jalan yang anda lintasi kurang bagus akan tetapi pemandangan di sekitar dapat menghibur anda. Sawah, pepohonan dan perbukitan yang asri juga akan menemani perjalanan anda.

Saat anda sampai di lokasi pemandangan yang indah terutama pulau yang ada di tengah-tengah teluk akan menjadi hal yang pertama anda lihat, selain itu rumah masyarakat multi etnis di tempat ini sangat kental seperti bali, bali, jawa, bugis dan sunda. Tempat ini dinamakan Desa Kiluan Negeri turunan untuk masuk kedesa ini anda akan melewati pintu masuk yang ada di dataran tinggi. Anda harus hati-hati di turunan ini karena sangat curam, sembari turun anda dapat melihat bentangan Teluk Kiluan.
Untuk mencapai pulau kecil yang da di tengahteluk anda bisa menumpangi perahu atau jukung dengan biaya sekitar 15.000 perorang. Dan untuk sampai ke pulau hanya membutuhkan waktu 10 menit saja. 
Tips Akomodasi
Jika anda sampai di teluk kiluan dan ingin menginap disini terdapat homestay yang sederhana namun tetap nyaman untuk menginap anda. Tarif perkamar dipatok 200.000 dan dapat di isi sampai 6 orang. Tempat inni berada di pinggir desa Kiluan Negeri.

Jika anda ingin menginap di Pulau Kiluan tenang saja karena di tempat ini menyediakan penginapan akan tetapi sangat minim sekali fasilitas. Untuk menginap permalam di disini anda akan dikenakan biaya 200.000. minim fasilitas tetapi anda bisa menikmati indahnya alam pulau sekitar dan pemandangan air laut yang biru dan air yang jernih. Anda juga bisa berenang dan bermain air, apabila anda beruntung anda akan mennyaksikan parade Lumba-lumba dari bibir pantai.

Untuk anda yang ingin menginap gratis, anda bisa menirikan tenda yang dibawa dari rumah di pulau kiluan. Dulu penulis  menginap dengan membawa tenda yang didirikan di tepi pantai, tips jika anda mendirikan pantai jangan terlalu ddekat dengan air pantai karena pada malam hari air laut akan naik dan bisa membuat tenda anda terkena ombak.

Tips Kegiatan Melihat Lumba-Lumba
Jika anda sudah tidak sabar lagi untuk menyaksikan parade lumba-lumba di habitat aslinya anda bisa bisa menyewa perahu atau yang biasa masyarakat setempat menyebutnya dengan Jakung.  Tarif perperahu sekitar 300 ribu sekali jalan untuk bertemu dengan Lumba-lumba. Anda juga bisa menanyakan jika anda sudah bekeliling untuk mencari lumba-umba dan belum menyaksikan atau anda tidak menemukan parade lumba-lumba anda bisa meminta ulang di hari yang berbeda dengan gratis atau potongan.

Tips Penting
Ada hal-hal yang penting yang harus anda ketahui ketika berkunjung di teluk kiluan, berikut penjelasanya.
Waktu yang tepat untuk berkunjung di Teluk Kiluan ialah pada musim kemarau. Hal ini karena jalan yang anda lalui ketika musim hujan akan sangat berat dan sulit, apalagi jika anda menggunakan mobil pribadi dan bisa menghambat perjalanan anda.



Tidak sedikit dari pendatang yang ingin menikmati parade lumba-lumba akan tetapi tidak mendapat apa-apa perjalanannya. Oleh karena itu anda harus menanyakan kepada pengelola di homstay atau nelayan yang memberikan jasa perahu waktu kapan yang paling tepat untuk melihat lumba-lumba.

Bawah obat-obatan untuk kesana ini untuk kenyamanan perjalanan wisata anda baik di jalan atau untuk menjaga kesehatan ketika berada di teluk kiluan. Jangan ketika sampai disana anda malah masuk angin dan tidak bisa menikmati indahnya pemandangan lumba-lumba bersama teman anda.

Jika anda ingin menginap di pulau anda harus membawa bekal makanan yang cukup karena di pulau tidak ada warung atau penjual makanan dan sebagainya. Jika kehabisan persediaan makanan maka anda akan menyebrang lagi ke desa.

Bawalah pakaian ganti, sunblock dan berbagai keperluan pribadi anda.


Demikian penjelasan dari kami tentang Tips Wisata Lumba-lumba di teluk kiluan, Lampung, semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang ingin berkunjung. Semoga anda sampai tujuan dengan selamat dan dapat melihat parade lumba-lumba yang eksotis.