Lampung, Penyimpan Banyak Sejarah Megalitik




Lampung memang provinsi yang kaya. Tidak hanya kekayaan alam, Lampung juga punya beragam tempat wisata. Mulai dari wisata alam, kuliner, budaya hingga wisata sejarah pun ada di provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai ini.

Destinasi  wisata yang membuktikan Lampung sebagai provinsi yang dulunya pernah menjadi pusat peradaban zaman megalitik-klasik terletak di Kabupaten Lampung Timur. Situs Purbakala Pugung Raharjo pertama kali ditemukan pada 1954 oleh masyarakat setempat. saat terjadi transmigrasi. Situs yang dulunya tersembunyi di hutan itu ditemukan masyarakat transmigran yang kemudian dilaporkan ke dinas purbakala. Hingga kini, situs bersejarah tersebut dikelola dan menjadi bukti bahwa Lampung merupakan wilayah yang pernah menjadi pusat peradaban megalitik dan klasik di Indonesia.



Megalitik merupakan zaman batu dimana era ini terjadi sebelum tulisan ditemukan. Semua peralatan hidup masyarakat terbuat dari batu. Masyarakat pada zaman ini menganut aliran kepercayaan yang disebut animisme dan dinamisme. Peralatan batu yang mereka buat juga tidak jauh-jauh dari fungsinya untuk memuliakan roh leluhur. Peninggalan mereka antara lain menhir atau tugu batu, dolmen atau meja batu besar yang biasa digunakan sebagai tempat meletakkan sesaji, kubur batu dan masih banyak lainnya. Anda dapat menemukan benda-benda prasejarah tersebut di situs Purbakala ini. Sedangkan zaman klasik, ialah era yang ditandai dengan berkembangnya kebudayaan Hindu, Budha dan Islam. Zaman ini terjadi ketika manusia sudah mengenal tulisan. Pada era inilah, di Indonesia sendiri juga lahir banyak kerajaan yang membawa coraknya masing-masing, baik corak Hindu, Budha atau pun Islam. Umumnya kerajaan-kerajaan ini melakukan kerjasama perdagangan dengan bangsa lain, tidak terkecuali China. Anda bisa melihat langsung bukti sejarah zaman klasik tersebut saat datang kesana. Prasasti yang berasal dari dinasti Han, dinasti Ming dan dinasti Sung masih tersimpan rapi hingga kini.
situs pugung raharjo


Bagi pecinta sejarah, situs ini memang surga. Tidak hanya memiliki benda-benda peninggalan yang bernilai tinggi, situs ini juga memiliki kawasan yang indah dan asri. Berkunjung kesana juga merupakan bentuk refreshing bagi mereka yang penat karena rutinitas setiap hari. Akomodasi untuk menuju ke situs ini juga terbilang mudah. Selain dapat ditempuh dari ibu kota provinsi Lampung, Lampung Timur sebagai kabupaten situs ini berada juga terbilang dekat dengan pelabuhan Bakauheni. Selain itu, biaya yang ditawarkan untuk masuk ke kawasan sejarah ini juga ekonomis sekali. 

selamat berlibur

By: Rika