14 Alasan ini, Kamu Harus Bangga dengan Sumatera Selatan



Jika kamu ke sumatera selatan pasti terbesit kata “Pempek” atau ingin foto di “Jembatan Ampera”, tau kah kamu, bahwa Provinsi tersebut kaya dan patut di perhitungkan. mau tau apa aja yang harus kamu banggakan sebagai masyarakat sumatra selatan ? ini dia: 


Minyak yang Kamu Beli Itu Bisa Jadi dari  Sumatera Selatan ( Provinsi Penyuplai Minyak Bumi Terbesar Di Indonesia)
Ilustrasi

Walapun  berada di urutan ketiga setelah Riau dan Irian Jaya Barat dalam menghasilkan minyak. sebagai warga Sumatra Selatan kamu harus bangga,  karena tanah yang kamu tinggali bisa menghidupkan jutaan kendaraan di Indonesia . ada  4 tempat penyumbang minyak mentah dari Sumaterai Selatan yaitu Rimau, Lematang kemudian Pendopo Raja dan Ogam Komering. minyak yang dihasilkan mencapai 30.718 barrel per hari dengan kondesat hingga 10.339 barrel. (Republika.co.id)

Dipercaya Mengadakan Sea Games, Pagelaran Olah Raga Se-Asia Tenggara, Itu Berarti Provinsimu Keren

walaupun pagelaran bergengsi berkelas Internasional itu sudah diadakan cukup lama, itu berarti Provinsimu sangat maju dibidang Olah Raga. bahkan semua provinsi sangat jarang bisa mendapat kesempatan itu. kemungkinan besar event seperti ini akan diadakan kembali di tempat Sumatra Selatan. soo, mata masyarakat Indonesia akan tertuju pada Sumatra Selatan (berbagai sumber)

Pempek Disana Itu Mendunia, Masyarakat Indonesia Percaya Bahwa Kelezatan Pempek Sumatra Selatan No. 1
Pempek Palembang Emang Favorit

Pempek Palembang

siapi sih yang gak tau pempek yang enak itu berasal dari mana, seluruh masyarakat Indonesia taunya ya dari Sumatra Selatan. oleh karena itu, Menteri Perdagangan mempercayakan Pempek sebagai makanan khas Indonesia untuk di Promosikan di pentas kuliner Dunia (bisnis.liputan6.com). 

Jembatan Ampera kebanggaan masyarakat Indonesia, bukan hanya Sumatra Selatan ya.
Icon Kota Palembang

gak cuma masyarakat Palembang saja yang bangga dengan Jembatan Ampera, masyarakat Indonesia juga bangga bisa memiliki Jembatan Indah yang hanya ada di Indonesia. Jembatan Ampera menjadi salah satu destinasi Favorit, bahkan setiap pengunjung yang datang mereka selalu ingat Ampera dan mewajibkan diri mereka sendiri untuk berfoto-foto (berbagai Sumber). 

Kertas yang Di Gunakan Masyarakat Dunia Sebagian Berasal Dari Sumatera Selatan Lohh Dan Jadi Produsan Terbesar Se-Asia Tenggara
Pengelolaan Kertas

Sumatra Selatan memang menjadi daerah yang sangat maju di Indonesia, salah satunya bisa kita lihat hasil Industrinya. salah satu ialah penghasil kertas, Dimana lagi kalo bukan dari daerah Ogan Komering Ilir. Daerah tersebut memang menjadi pemasok kertas terbesar di Asia Tenggara dan hasil kertas itu dikirim ke seluruh dunia seperti di Eropa, Amerika Serikat, Jepang, Tiongkok dan lainya (industri.bisnis.com).

Pupuk Asal Palembang Menjadi Andalan Petani Indonesia
Produk Pusri yang digunakan Petani Indonesia

Petani mana yang tidak kenal dengan Pupuk Sriwijaya, semua petani kenal bahkan menjadi andalan mereka untuk memberi makan tamanam mereka. oleh karena itu, Palembang merupakan penghasil pupuk terbesar di Indonesia (Investor Daily).

Penghasil Padi Terbesar di Indonesai juga Sumatra Selatan Loh, Karawang mah Kalah
Ilustrasi

Siapa bilang hasil padi didominasi dari Pulau Jawa, ternyata salah satu penghasil padi terbesar di Indonesia ada di Sumatra Selatan. karawang memang menjadi penghasil padi terbesar di Indonesai tapi itu dulu. sekarang salah satunya ada  di Sumatra Selatan. ini dia Datanya;

Jawa Timur mencapai 2,3 juta ton beras.
Sulawesi Selatan mencapai 2,1 juta ton‎ beras.
Jawa Tengah mencapai 1,5 juta ton beras. 
Sumatera Selatan mencapai 1,3 juta ton beras.
Lampung mencapai 1,2 juta ton‎ beras.
nah, dari 33 Provinsi lebih Sumatera Selatan No.3 ya. jadi kalo rangking di kelas sekolah bisa dikatakan hebat (finance.detik.com,2015).

Kampung Tenun Terbesar di Indonesai ada di Palembang, Bisa  jadi Objek Wisata nih
Salah Satu Hasil Tenaunan

Fashion memang menjadi trend di Indonesia. namun, kebanyakan menggunakan teknolog modern. tapi siapa sangka jika di Sumatra Selatan ada Kampung Tenun terbesar di Indonesia. tekstil juga merupakan penyumbang pendapatan negara tidak sedikit loh. nah, Palemang adalah jagonya tenun menenun. hehe (neraca.co.id)

No. 1 Penghasil Minyak Sawit di Indonesia ya di Provinsi ini
Ilustrasi

siapa sangka jika Sumatra Selatan lah sebagai penghasil minyak Sawit terbesar di Indonesia dengan kelas Produksi CPO yaitu minyak setengah jadi. provinsi ini berhasil memproduksi 2,8 juta ton minyak sawit (CPO) setiap tahun (radar-palembang.com). 

Kerajaan Sriwijaya yang Mempunyai Pengaruh Hingga Madagaskar Dan Benua Afrika
Salah satu peninggalan bangunan Kerajaan Sriwijaya 

Dalam sejarah, Sumatra Selatan memang menakjubkan, bagaimana tidak. Jika kerajaan yang ada di Provinsi tersebut pernah menguasai seluruh Nusantara Hingga mempunyai pengaruhnya ke benua Lain. penguasaan Kerajaan Sriwijaya berada pada tahun 7 Masehi hingga 12 Masehi dan pada abad selanjutnya dibawah naungan Majapahit (wikipedia).

Tokoh Indonesia di Pemerintahan banyak Dari Sumatra Selatan
Hatta Rajasa, Salah satu tokoh Sumatra Selatan

Ada banyak sekali masyarakat Sumatra Selatan yang beraktifitas di kancah nasional sehingga memunculkan  tokoh-tokoh terkenal, mau tau siapa aja? nih dia : Aulia Tantowi Pohan sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia pada tahun 1999, Basrief Arief sebagai Jaksa Agung Republik Indonesia sekitar tahun 2010, Prof. Dr. Emil Salim pernah menjabat 4 kali jadi Menteri dan sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden hingga 2014, Ir. M. Hatta Rajasa merupakan tokoh yang sangat terkanl dari Sumatra Selatan ya, beliau pernah menjadi  menteri sebnyak 4 kali dan sebagai Ketum PAN, Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H menjadi salah satu tokoh penting di Indonesia dan menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Kgs.Marzuki Alie pernah menjabat sebagai ketua DPR RI, kamu juga selalu liat di iklan ya bersama satu daerahnya,,hehe. ada juga Prof. Dr. Haji Said Agil Husin Al Munawar, MA yang pernah menjabat sebagai Menteri Agama Kabinet Gotong Roron, Kemudian Taufiq Kiemas sebagai Suami dari Mantan Presiden  Megawati Soekarnoputri dan sebagai ketua MPR RI. Pokonya masih banyak deh tokoh dari Sumatera Selatan (wikipedia).

Kain Songket Sumatea Selatan  akan Menjadi Warisan Dunia yang di Akui UNESCO
Kain Songket

Sebagai warga Indonesai yang kaya, saya juga merasa senang akan keanekaragaman budaya nusantara dan hasil karya bangsa, salah satunya Kain Songket. tidak hanya kaya akan tetapi sudah digunakan oleh berbagai negara seperi Malaysia, Brunei dan Asia Tenggara lainya (Rakyat Merdeka Online Sumsel).

Cadangan Batu Bara Terbesar ada di Sumatra Selatan
Ilustrasi

Sumatera Selatan memang bukan penghasi terbesar tapi mempunyai cadangan terbesar di Indonesai. saat ini Sumatera Selatan penghasil batu batara urutan ke 4 di Indonesai, karena eksploitasinya tidak terlalu tinggi maka cadanga yang ada menjadi terbesar saat ini (energi.lipi.go.id)

Jika masih ada info mengenai kekayaan Sumatra Selatan, Silahkan Koment di Bawah ini.

Silahkan bagikan kepada semua orang