Mencicipi Kuliner Khas Surabaya, Jawa Timur


Surabaya merupakan sebuah kota yang terletak di ujung Jawa Timur. Kota ini selain terkenal akan tempat wisata nya, ternyata juga terkenal akan kuliner nya yang kaya akan rasa. Jadi bila anda berkunjung ke Jawa Timur yaitu Surabaya jangan lupa untuk berwisata kuliner juga, berikut beberapa kuliner yag bisa menjadi referensi bagi anda ketika berkunjung ke Surabaya, Jawa Timur.

G-Walk

G-walk, Surabaya Jawa Timur
G-walk merupakan tempat nongkrong paling favorit bagi anak-anak muda Surabaya. G-walk mengadopsi resto atau tempat makan dari Singapore. G-walk ini terletak di dekat sebuah residen elite di Surabaya. Disini tak hanya menyediakan kuliner Nusantara tetapi juga kuliner barat. G-walk di bagi menjadi dua yaitu yang satu dengan nuansa romantis di temani dengan cahaya lilin yang temaram dan jalur satunya lagi dengan cahaya lampu neon tempat untuk makanan nusantara. G-walk hanya di buka pada malam hari dan ramai di kunjungi pada akhir pekan karena menampilkan musik-musik jazz favorit. Sehingga bila berada disana, tak hanya mencicipi kuliner saja yag bisa anda lakukan, tetapi juga menikmati live music.
 

Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Rujak Cingur Ahmad Jaiz
Surabaya memang terkenal akan rujak cingurnya yaitu menu makanan yang berbahan dasar cingur beserta lontong dan disiram menggunakan kuah kacang. Rujak cingur ahmad jaiz ini terkenal sekali di Surabaya karena menggunakan bumbu rahasia yang di pegang teguh hingga sekarang. Pemilik warung ini pun yaitu nyonya Tjoe yang berusia 82 tahun, masih mengulek sendiri bumbu rujak cingur nya. Rujak cingur disini memang di jual dengan harga yang cukup mahal di banding dengan yag lainya, namun di pastikan anda tak akan menyesal setelah mencicipinya. Selamat mencoba!


Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong Balap Garuda Pak Gendut, Surabaya
Sama dengan rujak cingur Ahmad Jaiz, lontong balap garuda pak gendut ini juga telah melegenda dari tahun 1956, saat ini pemiliknya adalah generasi ketiga namun dengan rasa yang tetep sama. Lontong balap pak gendut ini berbahan dasar lontong yang di campur dengan tauge dan sayuran lainya, yag istimewa dari lontong balap pak gendut adalah sate kerang dan es kelapa muda sebagai pelengkap ketika anda menyantap lontong nya.


Soto Urat Jimerto

Soto Urat Jimerto, Surabaya
Soto ini juga telah melegenda sejak tahun 1980 an, saat ini soto urat jimerto juga di kelola oleh generasi ke 3 yaitu pak Tohar. Untuk masalah rasa, soto urat jimerto ini tak perlu di ragukan lagi, urat beserta babatnya sangat lembut dan tidak alot, kuah nya pun kaya akan rempah-rempah. Dahulunya soto ini di jual dengan cara di pikul, namun sekarang telah memiliki lokasi sendiri yaitu di jalan Jimerto. Harga dari soto Jimerto ini pun tidak terlalu mahal hanya dengan Rp 13.000 anda sudah bisa menikmati satu porsi soto nikmat ini.
 

Mie Pecun

Mie Pecun, Surabaya
Mie pecun merupakan kependekan dari mie pedas bukan racun, mie pecun ini memang terkenal dengan pedas nya dengan berbagai level dari level yag biasa hingga yang klimaks. Mie disini pun di olah dengan cara yang berbeda dan di campur dengan rempah-rempah, anda bisa juga memilih untuk menyantap mie goreng maupun mie kuah, mie pecun ini beroprasi mulai dari jam 6 sore hingga jam 2 pagi. Sangat cocok bagi anda yang suka akan makanan pedas terutama yang berkuah. Untuk teman makan anda bisa memilih lauk sesuai dengan keinginan anda, dari mulai kornet, daging, udang, telur hingga lauk lainya. Jangan lupa untuk mampir dan menyantap mie pecun bila anda sedang berada di Surabaya!