Asyiknya Snorkeling di Pantai Sadranan Yogya



Selama ini selain wisata budaya, Yogyakarta juga terkenal dengan keindahan pesisir lautnya. Sebut saja Pantai Parangtritis yang begitu fenomenal dengan nuansa romantis yang sangat kental. Jajaran pantai di Laut Selatan memang memiliki keindahan yang patut diacungi jempol. Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, pantai-pantai sepanjang garis Laut Selatan umumnya memiliki ombak dahsyat dengan keindahan pasir putih bersih, air yang jernih kebiruan, bebatuan karang yang terhampar serta kondisi alamnya yang tergolong asri. 

Jernihnya air laut di objek wisata snorkeling Pantai Sadranan Yogya.

Tidak hanya terkenal dengan indahnya pemandangan, kini Yogyakarta mulai terkenal dengan wisata yang menawarkan surga alam bawah lautnya. Kali ini kejutan tersebut datang dari sebuah pantai yang letaknya tersembunyi. Ia adalah Pantai Sadranan. Berdasarkan asal katanya yaitu Nyadran, pantai ini memang sangat kental dengan tradisi masyarakat sekitar yakni melakukan Tradisi Nyadran. Nyadran sendiri dapat diartikan sebagai tradisi guna mensyukuri nikmat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rizki-Nya yang telah diberikan pada manusia. Rasa syukur tersebut dapat diwujudkan dengan melihat hasil ciptaan-Nya, yakni berupa laut, gunung, sungai maupuan hamparan langit yang luas atau melalui apapun yang dapat kita sentuh.

Tidak dipungkiri, selain sebagai objek wisata hasil tangkapan laut melimpah di pantai ini. Sehingga Pantai Sadranan telah menyumbang sebagai salah satu tumpuan hidup masyarakat sekitar.

Pantai Sadranan sendiri merupakan salah satu objek wisata favorit di wilayah Gunungkidul. Selain memiliki panorama indah, Pantai Sadranan juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang tidak kalah menakjubkan. Oleh sebab itu, belakangan Pantai Sadranan tenar sebagai salah satu spot menarik untuk snorkeling di telinga para wisatawan.

Lokasi Pantai Sadranan
Secara administratif, Pantai Sadranan terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Meskipun letaknya terpencil karena diapit oleh pantai lainnya yakni Pantai Krakal, Pantai Ngandong dan Pantai Slili, tempat ini selalu menjadi objek wisata favorit para kawula muda.

Seperti umumnya objek wisata lain, Pantai Sadranan selalu dipadati pengunjung pada akhir pekan maupun saat momen-momen liburan. Menikmati hembusan angin yang lembut dipadu dengan pasir putih yang bersih akan membantu Anda merefresh pikiran dari penatnya rutinitas sehari-hari. Apalagi jika datang bersama orang-orang terdekat, maka liburan akan terasa lebih seru dan menyenangkan.

Keindahan terumbu karang Pantai Sadranan dengan beragam biota laut yang tinggal di dalamnya akan siap menyambut pengunjung yang tiba. Meskipun terkenal dengan ombak dahsyat khas Laut Selatan, Anda tidak perlu khawatir untuk ber-snorkeling ria di sini. Karena, pengunjung baru diperbolehkan ber-snorkeling jika situasi sudah dirasa aman. Momen tersebut biasanya pada pagi atau sore hari ketika air laut sedang surut.

Tidak punya alat snorkeling? Tenang, Anda akan tetap bisa bermain. Di sekitar area Pantai Sadranan, telah banyak tempat-tempat penyewaan perlegkapan Snorkeling yang bisa pengunjung gunakan. Jika ingin ber-snorkeling dengan aman, jangan pernah lupam juga menggunakan pelindung kaki. Sebab, terumbu karang-terumbu karang yang tajam dapat berpotensi besar melukai kulit kaki Anda. Yang terakhir dan tidak boleh dilupakan, kita tetap harus menjaga kelestarian kehidupan bawah laut pantai ini. Bagaimanapun juga, meski sudah dinobatkan sebagai objek wisata, terumbu karang dan biota laut di Pantai Sadranan juga wajib kita jaga kelangsungan hidupnya.

Akses Jalan
Untuk menuju ke Pantai Sadranan, Anda dapat menususri jalan yang melewati Pantai Krakal. Setelah sampai di jalanan tersebut, Anda dapat menerusan perjalanan dengan menyusuri jalan di sepanjang Pantai Krakal yang menuju ke arah timur. Dari sini,  Anda akan menemukan petunjuk jalan menuju ke Pantai Sadranan.