Nikmatnya Wisata Kuliner Ditemani Sunset Pantai Losari Makassar


Saat berkunjung ke Kota Makassar, jangan lewatkan berkunjung ke salah satu objek wisata andalannya, yaitu Pantai Losari. Tidak jauh dari pantai, ada pusat kuliner yang menjajakan beraneka ragam makanan dan jajanan khas Makassar. Dulunya, Pantai Losari mendapat julukan sebagai meja terpanjang di Indonesia bahkan di dunia. Predikat meja terpanjang ini, karena adanya meja-meja pedagang yang berjajar memanjang di sepanjang garis Pantai Losari. Namun, karena alasan kenyamanan maka saat ini meja-meja beserta para pedagangnya dipindahkan ke area yang tidak jauh dari pantai.

Sunset di Pantai Losari, Makassar.

Aktivitas
Pantai Losari berada tepat di Jantung Kota Makassar yakni di sebelah barat Kota Makassar tepatnya di Jl. Penghibur. Keunikan yang dimiliki Pantai Losari adalah suguhan pemandangan matahari terbenam yang sangat memikat hati. Di Pantai Losari, Anda akan merasakan sensasi berwisata kuliner sekaligus menyaksikan hamparan pemandangan laut yang menawan. Momen tersebut tentunya kian mencapai klimaksnya saat sore hari tiba. Sedangkan salah satu kuliner khas yang menjadi primadona di tempat ini ialah Pisang Epe. Pisang Epe merupakan sajian pisang bakar yang kemudian dipipihkan. Selanjutnya, pisang yang sudah pipih akan dilumuri dengan campuran air gula merah. Hidangan ini sangat cocok Anda santap dalam cuaca dingin di pinggir pantai.

Selain matahari terbenam, ternyata pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbit sekaligus dari tempat ini. Deburan ombak yang pecah saat menghantam tanggul, ditemani hembusan angin sepoi-sepoi membantu Anda melepas penat dari lelahnya rutinitas seharai-hari.

Wisata Kuliner di atas Kapal Pinishi
Tidak hanya Pisang Epe yang terkenal, di pusat kuliner Pantai Losari, Anda dapat menyantap berbagai hidangan seafood yang masih segar karena baru saja ditangkap.
Jika kurang puas hanya berwisata kuliner di darat, Anda dapat mencoba beraneka ragam makanan yang dijajakan di kafe dan restoran apung di selatan anjungan Pantai Losari. Uniknya, kafe dan restoran apung tersebut menggunakan kapal tradisional masyarakat Bugis yang melegenda, yakni “Phinisi’. Menu yang ditawarkan di atas kafe dan restoran apung ini sangat beragam, seperti olahan dari ikan pari, cumi-cumi hingga lobster yang dibandrol harga mulai dari Rp 7.500 hingga Rp 25.000/porsi.

Nah bagi Anda yang hobi berselancar di dunia maya, Pantai Losari bahkan menyediakan layanan Hot spot gratis di sepanjang wilayah pantai. Sebagai ikon Kota Makassar, Pantai Losari juga menjadi tujuan utama masyarakat setempat untuk menghabiskan waktu luang. Banyak masyarakat yang berolahraga jogging, atau hanya sekedar menikmati matahari terbit sambil berwisata kuliner di tempat ini.

Biasanya, waktu paling ideal berkunjung ke tempat ini ialah sore hari pada pukul 15.00 hingga malam hari pukul 21.00. Karena menawarkan tempat wisata yang nyaman dan menyenangkan, tidak heran jika Pantai Losari menjadi favorit semua kalangan dari orang tua hingga anak muda.

Akomodasi di Pantai Losari
Anda tidak perlu khawatir jika ingin meginap di area sekitar pantai. Kini sudah berdiri banyak hotel di sekitar Pantai Losari seperti Hotel Quality, Hotel Aston, Hotel MGM, Hotel Aryadutta, Hotel Losari Beach dan masih banyak lagi.

Akses Jalan
Adapun akses menuju Pantai Losari tergolong sangat mudah. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Bandar Udara Hasanuddin dengan kendaraan bermotor untuk menuju tempat ini. Sedangkan bila Anda dari Pelabuhan Soekarno-Hatta, maka waktu tempuh yang Anda butuhkan ialah sekitar 20 menit perjalanan.

Harga Tiket Masuk
Sebagai salah satu landmark Kota Makassar yang dapat diakses oleh siapapun, Anda tidak dipungut biaya samasekali untuk menikmati keindahan pantai ini. Anda dapat sepuasnya berada di tempat ini dengan menikamti segala fasilitas yang tersedia.