Lucunya Atraksi Lumba-Lumba di Pantai Lovina Bali


Sebagai pulau yang tersohor dengan wisata bahari, Bali memang memiliki segudang pantai yang lengkap dengan daya tarik masing-masing. Selain Kuta dan Sanur yang sudah sangat terkenal, Bali masih memiliki banyak pantai lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Salah satnya yakni Pantai Lovina. Terletak di bagian Bali Utara, Pantai Lovina amat terkenal dengan pertunjukan lumba-lumba liarnya. Keunikan tersebut membuat Pantai Lovina menjadi favorit baik wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Kawanan Lumba-lumba Liar di Pantai Lovina, Bali.



Aktivitas  
Pantai Lovina merupakan pantai dengan kondisi pasir berwarna hitam yang amat eksotis. Lumba-lumba sebagai binatang laut yang hidup di pantai ini kerap melakukan atraksi di depan para pengunjung yang datang. Aksi lumba-lumba lucu ini pada akhirnya menjadi ikon yang membuat Pantai Lovina dikenal hingga ke mancanegara.


Selain atraksi lumba-lumba, Lovina juga memeiliki keindahan alam yang tidak kalah menarik. Anda dapat menyaksikan beragam ikan hias dengan aneka warna dengan melakukan snorkling. Saat menyelam, bersiap-siaplah karena kawanan ikan hias nan cantik ini akan menyambut kedatangan Anda dengan ramah. Mereka dengan senang hati akan menjadi teman Anda selama perjalanan di dalam laut tersebut. Tidak hanya menyusuri keindahan bawah lautnya, di sekitaran bibir pantai Lovina, Anda dapat menemukan kulit kerang dengan bentuk yang beraneka ragam. Kulit kerang ini juga dengan gratis dapat Anda ambil sebagai koleksi pribadi dari tempat ini.

Atraksi Lumba-Lumba Liar Nan Menawan 
Jika tujuan utama Anda kemari adalah menyaksikan lumba-lumba lucu beratraksi, maka sebaikanya Anda mengetahui ‘schedule’ mereka. Biasanya, kawanan lumba-lumba ini akan muncul ke permukaan pada pagi hari. Saat matahari terbit tepatnya pada pukul 05.00-08. WITA lumba-lumba tersebut akan mulai menampakkan diri. Tingkah lumba-lumba ini pun beragam. Di antaranya ada yang hanya sekedar berenang  ke permukaan air laut, hingga yang menunjukkan atraksi lompatan lincahnya dihadapan para wisatawan yang datang.
Karena muncul pada saat pagi buta, maka demi menyaksikan atraksi ini Anda pun harus rela bagun pagi-pagi. Paling tidak Anda harus bagun pukul 05.30 WITA. Selain itu, jika Anda tidak ingin tergesa-gesa, sangat disarankan Anda memilih menginap di sekitar area pantai. hal ini untuk mengantisipasi agar Anda tidak terlambat menyaksikan atraksi lumba-lumba Pantai Lovina.
Untuk menuju ke tengah laut tempat lumba-lumba beratraksi, ada banyak perahu nelayan yang siap disewakan ke para pengunjung. Bersama lima orang lainnya, Anda dapat menyewa perahu nelayan ini dan dipandu oleh nalayan langsung untuk meninggalkan bibir pantai sejauh 1-2 Km.
Sebelum bertemu sang lumba-lumba lucu, selama perjalan Anda juga akan disuguhkan pemandangan pantai yang menakjubkan. Apalagi Anda berlayar ke tengah laut di saat pagi buta. Maka pemandangan matahari terbit akan membuat pantai Lovina terlihat seperti siluet-siluet yang indah. Disempurnakan dengan udara pagi yang berhembus lembut akan membuat perjalan Anda sulit untuk dilupakan.
Selain menjadi nahkoda, para nelayan ini sekaligus akan menjadi tour guide Anda. Mereka akan membawa Anda ke titik dimana lumba-lumba biasanya menampakkan diri. Sayangnya, faktor keberuntungan juga berperan di sini. Banyak juga wisatawan yang kecewa karena tidak dapat menyaksikan kawanan lumba-lumba beratraksi. Lumba-lumba ada kalanya tidak akan muncul di lokasi yang sama. Maka dari itu, sebagai bentuk kerjasama, biasanya jika salah seorang nelayan melihat kawanan lumba-lumba ia akan memanggil nelayan lainnya untuk mendekat ke lokasi dimana dia berada.
Momen paling menyenangkan ialah ketika Anda akhirnya berhasil melihat atraksi lumba-lumba liar ini di tengah lautan. Seolah dikomando, kawanan lumba-lumba lucu ini dengan segera melakukan atraksi yang mengundang decak kagum para wisatawan. Momen tersebut tentunya sangat tepat Anda dokumentasikan dalam bentuk foto maupaun video agar menjadi kenang-kenangan menarik saat pulang dari tempat ini.
Harga Tiket Masuk
Untuk memasuki area Pantai Lovina, Ada hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000. Sedangkan untuk menyewa perahu guna menyaksikan atraksi lumba-lumba, kurang lebih Anda harus merogoh kocek hingga Rp 115.000/orang.