Pantai Klayar Pacitan si Penyimpan ke Eksotisan Alam


Pantai Klayar merupakan sebuah pantai nan indah yang terletak di Desa Kalak, Kabupaten Jawa Timur. Pantai ini menyimpan ke eksotisan alam yang begitu besar. Hamparan pasir putih yang sangat luas, Tebing bebatuan yang menjulang, air mancur setinggi 10 meter dan alunan seruling samudra yang menambah kesyahduan pantai Klayar ini. Jarak untuk sampai di Pantai Klayar ini dapat di tempuh sejauh 40 Km atau 1 jam dari pusat kota. Meskipun sedikit jauh, namun kelelahan anda pasti akan terbayarkan dengan pesona pantai satu ini.
 
Eksotisme Pantai Klayar, Pacitan Jawa Timur
Meskipun belum terlalu terkenal seperti tempat wisata alam lain yang ada di Pacitan seperti goa-goa, namun pantai klayar ini layak anda jadikan sebagai tempat berwisata bersama keluarga, sahabat ataupun pasangan. Meskipun medan yang di lalui untuk sampai di pantai ini tidaklah mudah, namun itu yang akan menjadi tantangan tersendiri yang tak akan terlupakan bagi anda para penikmat wisata.

PESONA PANTAI KLAYAR

Pantai klayar menawarkan sejuta pesona dan eksotisme bagi siapa saja yang mengunjunginya. Pantai ini memiliki hamparan permadani putih yang begitu indah dan dapat anda jadikan sebagai tempat berjemur ataupun menikmati angin sepoi-sepoi di bibir pantai. Bebatuan yang menjulang tinggi menambah ke elokan pantai tersebut, bahkan ada salah satu batu yang mirip sekali dengan batu yang ada di Tanah Lot, Bali sehingga dapat anda jadikan sebagai objek berfoto yang menawan. Tak hanya pasir dan bebatuan, disini juga terdapat seruling samudra yang menambah kesyahduan pantai klayar ini. Suara syahdu tersebut berasal dari sebuah cekungan di dekat bebatuan dan akan menimbulkan suara yang khas bila tersapu air. Pada sore hari atau senja, sinar matahari akan muncul di sela-sela bebatuan yang menjulang sehingga akan menambah ke eksotisan pantai klayar ini. Di kawasan pantai klayar ini juga terdapat tebing satu lagi yang tak kalah unik seperti tebing di tanah lot, yaitu tebing yang mirip dengan sebuah spinx yang ada di Mesir. Tebing-tebing ini dapat anda naiki dengan cukup aman hanya saja anda tetap perlu berhati-hati karena tebing disini juga tergolong curam. Jika hanya untuk mengambil foto, anda bisa mengambilnya dari arah mana saja, karena memang keindahanya dapat di pandang dari berbagai sisi.

Sunset Pantai Klayar, Pacitan Jawa Timur


JALUR MENUJU PANTAI KLAYAR, PACITAN

Seperti uraian sebelumnya, jalur untuk menuju pantai klayar ini memang cukup sulit. Jalanan yang masih berlubang dan belum adanya jasa angkutan umum yang masuk di pantai klayar ini menjadi poin kesulitan tersendiri. Penerangan di pantai ini pada malam hari juga masih minim. Anda bisa sampai ke pantai klayar ini hanya dengan menggunakan kendaraan pribadi saja, baik roda dua maupun roda empat. Jarak pantai klayar ini hanya 12 km dari tempat wisata lain seperti goa pacitan sehingga ketika anda berkunjung ke goa-goa yang ada di Pacitan, anda juga bisa langsung berkunjung ke pantai klayar ini.

Jalur ke Arah Pantai Klayar


Ada beberapa arah rute yang bisa di lalui bila anda berasal dari Jogjakarta, yaitu melalui jalan Wonosari di Gunung Kidul kemudian di lanjutkan menuju Pathuk kemudin Kota Wonosari, Pracimontoro,Giri belah hingga sampai di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah dan di lanjutkan lagi menuju Punung kemudian tiba di Pantai Klayar. Bila anda berasal dari Solo, anda bisa memulai perjalanan dari Pracimontoro menuju Giri belah, setelah tiba di Giribelah maka pilih jalan yang berbelok ke kanan, terus saja hingga sampai di Pantai Klayar, perjalanan kurang lebih hanya menghabiskan waktu 1 jam.

Tunggu Apalagi? Ayo nikmati keindahan dan keeksotisan pantai Indah Klayar!