Pantai Delegan, Objek Wisata Favorit Masyarakat Gresik



Jika sedang di Kabupaten Gresik, jangan lupa untuk berkunjung ke objek wisata pantainya. Salah satu pantai yang terkenal di Gresik ialah Pantai Delegan. Meskipun dulunya tidak begitu diminati, kini Pantai Delegan telah dikelola dengan baik dan berubah menjadi tempat favorit banyak wisatawan untuk menghabiskan liburan. 
Panorama Pantai Delegan, Gresik. Via: http://surabaya.panduanwisata.id

Lokasi

Pantai yang juga dikenal dengan nama Wisata Segoro Indah Delegan (Wisid) ini, secara administratif berada di wilayah Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Provinsi  Jawa Timur. Jaraknya sekitar 40 km dari pusat Kota Gresik.

Panorama Pantai Delegan

Dengan luas kurang lebih 2,5 ha, daya tarik Pantai Delegan terletak di pasir pantainya yang berwarna putih bersih dan lembut yang jarang dimiliki pantai lain di Gresik. Dengan ombak yang agak tinggi namun cukup stabil, Pantai Delegan menjadi tempat yang sangat cocok untuk membantu merefresh pikiran dan melepas penat dari rutinitas Anda sehari-hari. Di temani angin sepoi-sepoi khas pantai dan air laut yang begitu jernih, pada pagi hari pemandangan sunrise di pantai ini juga sangat sayang untuk dilewatkan. Posisinya yang tidak terlalu jauh dengan akses yang cukup mudah, membuat pantai Delegan menjadi tempat favorit untuk melakukan wisata keluarga. Tidak heran jika hari libur, Pantai Delegan dibanjiri banyak pengunjung dewasa maupun anak-anak dengan masing-masing aktivitasnya.

Dalam perjalanan menuju Pantai Delegan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan berupa hamparan petakan tambak dan jejeran batu gamping. Hijaunya pedesaan yang Anda lewati juga akan membawa kesan tersendiri tentang daerah ini.

Berkah untuk Masyarakat

Keberadaan Pantai Delegan sebagai objek wisata, menjadi berkah tersendiri bagi penduduk sekitar. Mereka memanfaatkan Pantai Delegan sebagai lahan mencari  nafkah. Ban-ban bekas misalnya, dulu tidak terlalu difungsikan kini telah menjadi salah satu alat bermain air yang banyak diminati pengunjung. Ban bekas biasanya disewakan kepada pengunjung yang ingin berenang disekitar bibir pantai. Selain itu, kios-kios souvenir, tempat makan yang menjajakan makanan berat hingga ringan dan masih banyak unit usaha lain kini dikelola oleh penduduk sekiar Pantai Delegan.

Tentu saja, keberadaan Pantai Delegan menjadi keuntungan bagi masyarakat sekitar. Pantai yang dulunya bahkan tidak diminati karena belum terkelola, kini menjadi obek wisata favorit banyak orang di Gresik. Hal itu juga berkaitan dengan peningkatan perekonomian masyarakat sekitar yang lambat laun semakin tumbuh dengan baik.

Akses

Anda dapat menggunakan kendaraan umum maupun pribadi untuk menuju Pantai Delegan. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat langsung menuju Kabupaten Gresik di Jawa Timur. Demi memudahkan perjalanan, Anda dapat memanfaatkan aplikasi GPS untuk memandu perjalanan Anda. Setelah sampai di Gresik, perjalanan dapat langsung Anda lanjutkan menuju Pantai Delegan dengan petunjuk dari GPS. Adapaun jika Anda memilih kendaraan umum, dari arah Yogyakarta, Anda dapat naik bus dengan tujuan Gresik. Saat sampai di terminal, perjalanan harus Anda lanjutkan dengan naik kendaraan tujuan Panceng. Setelah itu, perjalanan harus dilanjutkan lagi dengan naik kendaraan tujuan Pantai Delegan. Bagi Anda yang bingung dengan rute perjalanan menuju Pantai Delegan, jangan sungkan untuk bertanya ke masyarakat setempat. Mereka dengan senang hati akan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

Harga Tiket Masuk 2016

Untuk dapat memasuki kawasan wisata Pantai Delegan, Anda akan diminta membayar tiket masuk seharga Rp 7.000/orang untuk kategori pengunjung dewasa. Anda juga akan diminta membayar biaya parkir sebesar Rp 2.500/unit untuk kendaraan roda dua. Perlu dicatat, Pantai Delegan dibuka sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Tunggu apa lagi? Let’s explore Gresik!