Pesona Pantai Sawarna yang Wajib di Kunjungi


Pantai Sawarna terletak di Desa Sawarna, Lebak Banten. Pantai ini memiliki pesona yang tersembunyi dan belum banyak orang tau. Namun justru keindahan pantai ini telah tercium oleh para wisatawan asing yang berkunjung untuk berkegiatan surfing. Pantai Sawarna ini baru di buka dan mulai di ketahui oleh masyarakat sebagai tempat yang layak untuk di jadikan wisata pada tahun 1995 dan 2000. Meskipun saat ini pantai Sawarna telah di kelola oleh pemerintah dan masyarakat setempat, Namun belum banyak pelancong yang tau akan keindahan tempat ini.

Pantai Sawarna


Pantai Sawarna merupakan pantai indah yang mengahadap ke benua Hindia dan merupakan gabungan dari pantai selatan sehingga memiliki ombak yang begitu besar. Pantai ini sering di kunjungi oleh para wisatawan yang berasal dari Bandung dan Jakarta untuk menghabiskan akhir pekan. Meskipun tidak di perbolehkan untuk berenang karena ombak yang besar, namun pantai ini di perbolehkan untuk surfing. Banyak wisatawan asing yang mengunjungi pantai ini untuk melakukan surfing. Pantai Sawarna ini memiliki panjang sekitar 65 KM dan selalu di hubungkan dengan kisah nyi roro kidul karena masih satu jalur dengan pantai selatan.

Pelancong yag berasal dari ibukota dapat sampai di pantai Sawarna dengan menempuh perjalanan sekitar 7 jam dengan kecepatan tempuh yaitu 270 Km. Pantai Sawarna sendiri dapat di tempuh dengan dua alternatif yaitu menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan kendaraan umum. Jika melalui jalur timur, pelancong dapat menempuh jarak dari tol jagorawi, ciawi, cibadak, pelabuhan ratu dan kemudian tiba di pantai sawarna. Jika menggunakan jalur Barat, maka pelancong dapat menempuh melalui Tol merak, serang timur, pandeglang, gunung kencana, mangliping, bayah dan sawarna. Namun untuk para pelancong di sarankan untuk menempuh jalur sebelah timur, karena jalur sebelah barat masih sangat sepi dan belum banyak rest area dan jika ingin menaiki kendaraan umum di sarankan jangan lebih dari pukul 5 sore karena bus yang menuju Desa Sawarna hanya sampai pukul 5 sore.

Peta Pantai Sawarna


Di dekat pantai sawarna, ternyata banyak sekali di sediakan homestay bagi para pelancong yang ingin menginap. Homestay tersebut terdiri dari dua macam yaitu homestay yang menyediakan makanan sekaligus dan yang tidak. Tarif homestay tersebut di bandrol sekitar Rp 200.000 untuk kamar yang ber AC dan Rp 100.000 untuk yang tidak ada Ac. Tarif tersebut sudah beserta dengan biaya makan 3x sehari, bila anda ingin yang lebih murah lagi, maka anda bisa mencari homestay yag tidak menyediakan makanan sekaligus. Namun di sarankan untuk memilih homestay yang sudah termasuk makan, karena disini masih sangat sedikit sekali penjual makanan.

Homestay Pantai Sawarna


Selain di gunakan sebagai tempat berwisata ternyata pantai sawarna juga banyak di gunakan untuk kegiatan berfoto untuk prewedding. Hal tersebut karena tentu saja keindahan pasir putih dari pantai sawarna ini, tak hanya pasirnya, di dekat pantai sawarna juga terdapat bukit yang berwarna hijau sehingga akan menambah ke elokan pantai sawarna itu sendiri.

Di Desa Sewarna ini ternyata tak hanya pantainya saja yang patut anda kunjungi, masih banyak tempat wisata alam lain yang juga tak kalah menarik dekat dengan pantai. Jadi bila anda berkunjung di Desa Sawarna, disarankan tak hanya sehari dan jika perlu anda bisa menginap disini, karena tak cukup waktu sehari untuk menelusuri keindahan Desa Sawarna termasuk pantai nya.

Tunggu apa lagi? Ayo mampir di Desa Sawarna, Lebak Banten untuk menikmati keindahan pantai dan tempat wisata lainya!