Pantai Santolo, Keindahan Tersembunyi di balik Kota Garut


Siapa yang tak mengenal kota Garut Jawa Barat, kota yang terkenal akan jeruk Garutnya. Kota ini merupakan kota yang menjadi destinasi wisata selain Bandung dan Bogor, daerah yang penuh dengan nuansa pegunungan menjadi daya tarik tersendiri bagi kota Garut, Jawa Barat ini. Namun, selain pegunungan ternyata Garut juga menyimpan pesona nya sendiri berupa sebuah pantai yang bernama pantai santolo. Pantai santolo merupakan surga tersembunyi di sebelah selatan kota Garut, pantai ini berlokasi di Pamengpeuk, kecamatan Cikelet Garut Jawa Barat. Bila dari kota Garut berjarak sekitar 80 km atau 3,5 jam. Meskipun terbilang cukup jauh, namun pantai ini bisa menjadi destinasi berlibur yang tak akan mengecewakan.
 
Pantai Santolo, Garut Jawa Barat
Pantai Santolo ini memiliki hamparan pasir putih yag sangat luas bak sebuah permadani, air laut yang begitu jernih dan tenang menjadi poin tersendiri bagi pantai ini. Dengan begitu, para wisatawan bisa mandi ataupun bermain air dengan bebas. Tak hanya berenang ataupun mandi, anda juga bisa melakukan penyebrangan menuju pulau santolo dengan kapal nelayan hanya dengan membayar Rp 2.000 saja. Disini banyak sekali nelayan, bahkan terdapat spot tersendiri bagi para nelayan lokal.

Bila anda telah melakukan penyebrangan dan sampai di pulau santolo, anda juga bisa menikmati panorama yang begitu indah disana, pasir putih yang terbentang, air laut yang tenang, juga pepohonan yang rimbun tak akan membuat anda kepanasan dari terik matahari. Disini sangat cocok di jadikan sebagai tempat bercamping bagi anda para wisatawan yang memiliki hobi berbaur dengan alam. Bagi anda yang menyukai selfie, tempat ini juga cocok sebagai objek foto karena banyak sekali bebatuan di pinggiran pantai nya. Namun, bagi anda yang tidak menyukai camping, anda bisa menyewa homstay atau penginapan di dekat pantai santolo ini. Biaya sewa di homestay ini di bandrol sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per malam, untuk makanan anda tak perlu bingung lagi karena sudah di sediakan dari pemilik homestay.
 
Homestay Pantai Sentolo


Di pantai santolo ini juga ada sebuah muara yang terkenal yaitu muara Cilauteureum, muara ini terkenal akan keunikan nya, yaitu air yang mengalir di muara ini tidak menuju ke laut, melainkan kembali lagi ke muara, dengan penjelasan lain, air laut yang justru menuju ke darat. Banyak sumber yang menyebutkan bahwa hal tersebut jarang terjadi pada muara-muara yang lain, bahkan ada yang menyebutkan bahwa muara seperti itu hanya ada dua yaitu di Pantai santolo ini dan satu lagi berada di perancis.

Muara Pantai Santolo


Rute untuk menuju pantai santolo ini bisa anda tempuh menggunakan kendaraan umum yaitu biasanya menggunakan ELF Bus dengan harga Rp 25.000, namun bila anda berasal dari Cileunyi anda bisa menggunakan kendaraan sejenis yag menuju ke arah pamengpeuk, biasanya bus di bandrol dengan harga Rp 30.000. disarankan ketika menuju pantai Santolo jangan mencari kendaraan umum pada sore hari, karena biasanya bus beroprasi mulai dari pagi hingga siang saja. Selain itu, jarak yang di tempuh pun cukup jauh, sehingga anda bisa beristirahat terlebih dahulu jika anda berangkat lebih awal. Namun jika anda menggunakan kendaraan umum, anda bisa mengikuti penunjuk jalan yang ada di pinggir jalan.

Tunggu apalagi? Ayo nikmati nikmatnya bercamping bersama keluarga atau sahabat di surga tersembunyi Garut Jawa Barat!