Menikmati Wisata Alam di Pantai Ngobaran Gunungkidul Jogjakarta


Pantai ngobaran merupakan sebuah pantai yang terletak di Gunungkidul Jogjakarta, Jawa Tengah. Pantai ini berdekatan dengan pantai ngrenehan karena dua pantai tersebut hanya di pisahkan oleh sebuah tebing. Jika anda bermain ke pantai ngrenehan, maka berarti anda juga bermain di pantai ngobaran, karena kedua pantai tersebut merupakan satu paket dan satu tiket wisata.
 
Patai Ngobaran, Gunungkidul Jogjakarta
Keindahan pantai ngobaran tak perlu di ragukan lagi, disana anda akan melihat air laut yang tenang dan hamparan pasir yang begitu luas bak sebuah permadani. Pantai ini juga memiliki keunikan tersendiri di bandingkan pantai yang lainya. Beberapa tempat ibadah di bangun di pantai ini dengan jarak yang berdekatan. Yang paling mencolok adalah sebuah pura yang berwarna putih dan sampai saat ini masih sering digunakan untuk bersembahyang para penganut agama hindu. Tempat ibadah tersebut tak lepas dari cerita rakyat jaman dahulu, bahwa pura tersebut di bangun untuk menghargai keturunan Brawijaya V yang berkunjung ke pantai tersebut. Tak hanya pura, disana juga terdapat sebuah mushola yang lantainya berasal dari pasir sehingga menyatu dengan pasir pantai, yang unik dari mushola ini adalah jika biasanya sebuah mushola menghadap ke arah barat, maka mushola ini menghadap ke arah selatan, jadi jika anda sholat, posisi anda akan menghadap ke laut. Ketika bertanya apa alasanya kepada penduduk setempat, mereka pun bahkan tidak tau.
 
Tempat Ibadah di Pantai Ngobaran, Gunungkidul Jogjakarta
Fasilitas di pantai ini bisa di bilang kurang lengkap, karena disini tidak ada penginapan yang tersedia, namun jika untuk kamar mandi, tempat makan dan tempat ibadah ataupun parkiran, pantai ini telah menyediakanya. Biaya masuk untuk pantai ngrenehan dan pantai ngobaran adalah Rp 3000 per-orang. Pada pukul 6 pagi hingga 11 siang, anda bisa menyaksikan air laut yang sedang surut, sehingga tampak rumput laut dan biota-biota laut di dalamnya. Disana juga banyak skali penduduk lokal yang sedang memanen rumput laut dan kemudian mereka jual ke tengkulak. Jika anda berminat, anda pun bisa membelinya langsung ke penduduk sekitar.
Untuk kuliner, makanan yang sering di tawarkan di pantai ini berkaitan dengan seafood, dari mulai ikan bakar, cumi goreng, udang, hingga aneka makanan yang lain, yang lebih unik lagi yaitu daging landak laut yang terasa begitu kenyal dan biasanya di sajikan dengan cara di goreng di temani dengan sambal yang pedas. Pada sore hari, banyak penduduk yag sibuk mencari landak laut untuk dijadikan menu makan malam. Mereka akan membabat habis durinya kemudian di belah menjadi dua dan di congkel daging nya, landak laut tersebut menjadi menu favorit bagi penduduk sekitar.

Untuk akses menuju tempat ini, dapat di lalui melalui dua cara, yaitu Jogjakarta lalu di lanjutkan menuju trawono ke arah saptosari hingga tiba di pantai ngobaran. Alur selanjutnya yaitu dari kota wonosari ke arah paliyan, kemudian trawono dan tiba di pantai ngobaran. Saran bagi para pengunjung, sebaiknya datang ke tempat ini pada siang hari, karena pantai ini hanya bisa di nikmati pada siang hari, sedangkan pada malam hari belum banyak penerangan di pantai ini karena listrik pun belum masuk, selain itu biasanya pada malam hari air laut pun sudah pasang sehingga tidak cocok untuk di jadikan destinasi wisata pada malam hari, pantai ini juga belum terlalu di kelola oleh pemerintah sebagai tempat wisata. Namun meskipun begitu, pantai ini cocok untuk di jadikan destinasi wisata pada siang hari.

Selamat Berkunjung!