Pantai Srau Pacitan, Pesona Sunrise dan Sunset yang Bersamaan





Jika datang ke Pacitan, tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi keindahan pantai-pantainya. Pacitan memang terkenal sebegai kabupaten dengan banyak goa, tapi jangan salah karena pacitan juga memiliki banyak pantai yang indah. Keindahan pantai di Pacitan sudah tidak diragukan lagi. Kabupaten kelahiran presiden SBY ini memiliki gugusan pantai yang umumnya berpasir putih, memiliki ombak yang besar, bertebing-tebing dan tentunya dengan suguhan landscape pantai yang menawan. Salah satunya ialah Pantai Srau. Sebuah pantai yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan ini memiliki letak yang sedikit tersembunyi. Dari pusat kota, Anda dapat menuju tempat ini dengan kendaraan bermotor dalam waktu tempuh sekitar satu jam dengan jarak kurang lebih 25 km. Penasaran pesona apa yang ditawarkan Pantai Srau? Simak terus uraian berikut.
Pesona Pantai Srau, Pacitan. Sumber: jejakku.co
Aktifitas di Pantai Srau
Pantai Srau terdiri dari tiga bagian pantai, yakni bagian timur, bagian tengah dan bagian barat. Di bagian timur, saat pagi menjelang Anda dapat menyaksikan indahnya matahari terbit. Sebaliknya, keindahan matahari terbenam dapat sekaligus Anda saksikan di bagian barat pantai ini. Adapun di bagian tengah, Anda akan disuguhkan pemandangan hamparan pantai yang luas dan memesona. 
Pantai Srau memiliki tebing-tebing tinggi menjulang dengan bentuknya yang menjorok ke arah laut. Tebing-tebing tinggi yang mengitarinya ini, telah mampu menyempurnakan keindahan Pantai Srau. Tidak hanya itu, ombak besar di Pantai Srau menjadi salah satu favorit para wisatawan. Meski sesekali pengunjung dilarang berenang, Pantai Srau menawarkan ombak yang cocok bagi Anda pecinta olahraga selancar. Keindahan lain dari pantai ini juga akan terlihat jika air laut sedang surut. Pada saat tersebut, Anda dapat menuju ke arah batu karang yang terlihat karena air laut surut dan mencari angle terbaik untuk mengabadikan momen yang indah di pantai ini. 
Anda yang ingin menikmati berlibur dengan tenang, Pantai Srau sangat tepat untuk menjadi pilihan. Meskipun sangat cantik, masih banyak wisatawan yang belum mengenal objek wisata ini. Oleh sebab itu, suasana di pantai ini tidak seramai tempat-tempat wisata biasanya. Sentuhan alami juga masih sangat kental di tempat ini. Keasrian pantai Srau hingga kini masih tetap terjaga dengan baik.
Sayangnya, Pantai Srau belum memiliki tempat-tempat penginapan resmi. Jika Anda berniat untuk menyaksikan matahari terbit dan sekaligus matahari terbenam, solusinya ialah dengan menginap di rumah-rumah warga sekitar pantai. 
Sisi Lain Pantai Srau
Keunikan yang membedakan Pantai Srau dengan yang lain ialah terdapat tiga lokasi sekaligus di tempat ini. Dari tiga lokasi tersebut, Anda dapat menyaksikan tiga view yang berbeda dalam wilayah yang sama.  Lokasi pertama ialah bagain timur yang nantinya Anda akan menjumpainya di dekat pos penjagaan sebagai pintu masuk ke Pantai Srau. Di lokasi ini, pemandagan pertama yang terhampar di depan mata Anda ialah bebatuan karang yang menyerupai  bukit-bukit. Sementara lokasi kedua akan Anda temui setelah melakukan perjalanan di sebuah jalan kecil beraspal dari lokasi pertama. Di lokasi kedua atau bagain tengah ini, menjadi favorit wisatawan untuk beristirahat. Di lokasi ini banyak dibuat tempat duduk-tempat duduk dari beton yang posisinya mengahadp ke pantai. Dengan menikmati suasana pantai di tempat ini, terbayar sudah semua rasa lelah Anda saat menuju ke tempat ini. Belum puas hanya mengunjungi dua lokasi, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke lokasi ketiga atau bagain barat Pantai Srau. Untuk menuju ke lokasi ketiga, Anda dapat langsung meneruskan perjalanan ke arah barat dari lokasi sebelumnya. Di bagian barat ini, telah disiapkan anjungan kecil untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam.
Akses Menuju Pantai Srau
Akses menuju Pantai Srau memang terbilang cukup menantang. Anda disarankan untuk berhati-hati dan mempersiapkan kendaraan yang aman. Jika menggunakan transportasi darat, dari arah Yogyakarta dan Solo Anda dapat menuju Pacitan dengan menggunakan kereta yang nantinya berhenti di  Stasiun Tugu. Sedangkan jika Anda menggunakan transportasi udara, Anda dapat mendarat di Bandara Yogyakarta dan melanjutkan perjalanan dengan menyewa kendaraan menuju Pacitan. Dari pusat Kota Pacitan, Anda dapat mengikuti perjalanan ke arah barat dengan mengikuti setiap penunjuk jalan yang tersedia.
Jadi tunggu apa lagi? Agendakan liburan Anda ke Pantai Srau sekarang juga!.