Pesona 10 Tempat Wisata di Bengkulu




Sumatera merupakan sebuah pulau di Indonesia yang memiliki sekitar 10 provinsi dan masing-masing provinsi memiliki cirikhas tersendiri salah satu provinsi yang memiliki ciri khas akan floranya yaitu Bengkulu. Bengkulu merupakan sebuah provinsi yang ibukotanya pun berada di Bengkulu. Provinsi ini terletak di bagian Barat Daya pulau Sumatera. Sebelah utara provinsi ini berbatasan dengan Sumatera Barat, sebelah Selatan berbatasan dengan Lampung, sebelah barat berbatasan dengan samudra hindia dan timur berbatasan dengan Jambi dan Sumatera Selatan. Tak hanya floranya, Bengkulu juga terkenal akan batiknya. Batik tradisional Bengkulu bernama besurek. Yaitu berupa batik yang dihiasi dengan huruf arab gundul. Batik ini telah di akui sebagai warisan budaya Indonesia. kebudayaan Bengkulu sangatlah beragam, hal ini di pengaruhi oleh banyaknya suku yang berada di Bengkulu.

Bengkulu memiliki sekitar 10 kabupaten dan kota yang masing-masing di kepalai oleh seorang Gubernur. Masyarakat Bengkulu merupakan masyarakat yang masih sangat menghargai warisan budaya mereka. Salah satu contohnya adalah tetap terjaganya seni tradisional yang ada di Bengkulu. Seperti tarian dan musik. Beberapa tarian yang ada di Bengkulu yaitu Tari tombak kerbau, tari putri gading cempaka, tari pukek, tari andun, tari kejei, tari penyambutan dan tari topeng. Sedangkan seni musiknya yaitu Geritan, geritan merupakan sebuah seni bercerita sekaligus berlagu. Selanjutnya yaitu serambeak, yaitu berupa petatah-petitih. Ada juga andei-andei, yaitu seni sastra yang berupa sebuah nasihat. Dan yang terakhir adalah sambei yaitu seni vokal khas suku rejang, biasanya digunakan untuk pesta perkawinan.

Selain seni musik dan seni tari, yang tak kalah menarik dari Provinsi Bengkulu adalah wisata alamnya. Salah satu wisata alam yang terkenal di Bengkulu adalah Pantai Panjang. Pantai ini terletak sekitar 3 km dari kota Bengkulu. Pantai ini memiliki panjang sekitar 7 km dengan lebar 50 meter. Pengunjung pun tak perlu khawatir jika tidak ada transportasi untuk menuju kesana, karena banyak sekali kendaraan umum yang menuju ke pantai panjang ini. Pantai ini identik dengan pohon cemara yang sangat rimbun di pinggirnya, disana pun juga tersedia banyak hotel dan restoran yang bisa pengunjung pilih.  Pantai ini juga memiliki banyak fasilitas area parkir, kolam renang dan cottage.

Selain pantai, tempat wisata Bengkulu yang terkenal lainya yaitu Pulau Tikus. Pulau ini terdiri dari beberapa pulau induk dan pulau-pulau kecil lainya. Disekeliling pantai ini juga terdapat banyak sekali karang-karang yang indah. Pulau ini pun sangat cocok bagi para pecinta wisata bahari. Pulau ini berjarak sekitar 1 jam dari pusat kota dengan menggunakan kapal boat. 

Yang lebih menarik lagi dari wisata alam Bengkulu adalah terdapat sebuah danau yang memiliki nama unik yaitu danau Dendam tak sudah. Danau ini dikelilingi oleh beberapa perbukitan kecil, dengan bukit barisan sebagai latar belakangnya. Danau ini berjarak sekitar 8 km dari pusat kota Bengkulu. Di sepanjang danau ini, telah tumbuh bunga anggrek, yaitu bunga anggrek vanda hookeriana, sehinggat tampak begitu indah jika bunga ini berkembang pada musim bunga.

Tak hanya danau, pantai dan pulau, wisata alam yang menarik lainya adalah taman. Ada beberapa taman yang sangat terkenal bila kita berkunjung ke Bengkulu. Salah satunya yaitu Taman Hutan Hujan Tropis (TAHURA) lokasinya sekitar 16 km dari pusat kota dan bisa di jagkau oleh semua kendaraan beroda empat. Tempat ini biasanya di gunakan sebagai tempat observasi, shingga tidak jarang kita jumpai sekumpulan mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan penelitian di taman hutan hujan tropis tersebut. taman ini pun sangat di jaga ketat, pengunjung tidak bisa seenaknya memetik ataupun mengambil tanaman yang ada di dalam tahura ini. Selain itu, pengunjung juga tidak di perkenankan untuk membuang sampah sembarangan , dengan tujuan untuk menjaga kebersihan dan keindahan tahura.

Tak hanya tahura, ataupun taman hutan hujan tropis, di Bengkulu tersedia wisata alam berupa sebuah taman bagi para pecinta berburu. Taman ini disediakan memang untuk pengunjung dengan tujuan berburu, sehingga bagi para pemburu, bisa menyaluran hobinya di tempat ini. taman berburu ini disebut dengan nama Taman Berburu Seblat. Taman ini terletak di wilayah kabupaten Bengkulu utara. Adapun beberapa hewan buruan yang tersedia di taman ini yaitu seperti anjing, babi, kelinci, kijang, tupai dan rusa. Selain itu juga, terdapat monyet dan kera.

Banyak bukan referensi wisata alam jika kita berkunjung ke Bengkulu? Tak hanya itu saja, masih banyak lagi tempat wisata alam lainya yang menarik. Berikut ini 10 tempat wisata yang ada di Bengkulu.
 
Benteng Malborough
Salah satu tempat wisata daerah Bengkulu ini dulunya merupakan benteng pertahanan Inggris yang dibangun pada tahun 1713-1719. Benteng Malborough memiliki bentuk yang unik, jika dilihat-lihat benteng ini tampak seperti kura-kura. Untuk menghubungkan kepala dan badan dari benteng yang menyerupai kura-kura ini, dibangun sebuah jembatan diantaranya. Sebelum menjadi benteng pertahanan, benteng yang kini menjadi tempat wisata daerah Bengkulu ini dulunya digunakan sebagai tempat perdagangan serta penyimpanan rempah-rempah di wilayah timur Indonesia. Jika anda masuk ke dalam benteng, anda bisa melihat ruang tahanan, ruang perlindungan, kantor pemerintahan, meriam, gudang senjata, dan terowongan. Terowongan yang berada di dalam Benteng Malborough memiliki ukuran 6x2 meter. 


Rumah Pengasingan Bung Karno
Salah satu peristiwa perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia adalah diasingkannya Bung Karno ke sebuah rumah yang berada di Bengkulu. Rumah pengasingan itu kini menjadi tempat wisata daerah Bengkulu yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan. Rumah Pengasingan Bung Karno memiliki arsitektur China yang terlihat memiliki khas Tionghoa dari beberapa bagian rumah. Dulunya rumah ini memang milik pedagang China yang kemudian disewa oleh Belanda untuk mengasingkan Bung Karno. Di dalam rumah anda bisa melihat-lihat buku yang dimiliki Bung Karno selama tinggal di rumah pengasingan, meja, kursi, ranjang, dan berbagai peralatan rumah yang dulu digunakan Bung Karno selama tinggal sekitar 4 tahun di tempat ini. Di sini anda juga bisa melihat surat cinta milik Bung Karno dan istrinya Fatmawati. Yang unik dari tempat wisata daerah Bengkulu ini adalah sumur yang dipercaya dapat mengabulkan permohonan jika anda membasuh muka dari air di dalamnya.

Masjid Jamik Bengkulu
Tidak hanya sibuk dengan koleksi buku di rumah pengasingan, selama di asingkan Bung Karno juga sibuk membangun salah satu masjid yang ada di sekitar. Masjid tersebut bernama Masjid Jamik Bengkulu yang kini menjadi tempat wisata daerah Bengkulu yang merupakan peninggalan Bung Karno selama diasingkan di Bengkulu. Masjid ini dulunya merupakan sebuah masjid yang sudah tua, kemudian Bung Karno dan warga sekitar membangun kembali masjid tersebut. Masjid ini terletak di Jalan Soeprapto, pusat kota Bengkulu. Atap limas yang melambangkan persatuan budaya di Bengkulu dan di Indonesia serta beberapa tiang dengan ukiran emas merupakan karya peninggalan dari Bung Karno. Masjid yang kini menjadi tempat wisata daerah Bengkulu ini hanya berjarak 1,2 KM dari Benteng Marlborough.

Museum Negeri Bengkulu
Di Bengkulu memang banyak tempat wisata daerah yang bertemakan sejarah dan budaya, satu lagi adalah Museum Negeri Bengkulu. Museum ini berlokasi di Jalan Pembangunan no.8, Padang Harapan, Bengkulu. Banyak sekali benda sejarah yang ada di museum ini, setidaknya ada 6.000 koleksi benda sejarah yang terbagi menjadi 10 kategori. Salah satu koleksi yang menarik banyak wisatawan adalah mesin dengan merk Golden Press, mesin ini merupakan mesin yang digunakan untuk mencetak ‘uang merah’. Koleksi lain yang tak kalah menarik dari tempat wisata daerah Bengkulu ini diantaranya adalah 126 naskah kuno yang pengarangnya tidak diketahui, Kain Bersurek atau Kain khas Bengkulu, miniature rumah adat, pakaian adat, senjata tradisional, serta berbagai peralatan yang digunakan pada zaman dulu.

Pantai Pasir Panjang
 
Pantai Pasir Panjang merupakan tempat wisata daerah Bengkulu yang memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah. Selain pemandangan matahari terbenamnya, pantai ini memiliki keunikan lain yaitu memiliki garis pantai terpanjang di Indonesia dengan panjang 7 KM. DI Pantai Pasir Panjang tidak ada karang yang menghalangi ombak, sehingga garis pasang surutnya bisa mencapai 500 meter. Tidak seperti pantai-pantai lain, di sini anda tidak akan menemukan pohon kelapa, pohon kelapa digantikan oleh rindangnya pohon pinus dan cemara. Fasilitas yang terdapat di pantai ini diantaranya tempat bermain anak,restoran, penginapan, dan toko oleh-oleh. Tempat wisata daerah Bengkulu ini tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 15 menit perjalanan.

Pantai Tapak Paderi
Pantai Tapak Paderi merupakan tempat wisata daerah Bengkulu yang sering dikunjungi wisatawan, pantai ini berada sekitar 100 meter dari Benteng Marlborough. Sama seperti Pantai Pasir Panjang yang juga ada di Bengkulu, pantai ini juga memiliki pemandangan matahari tenggelam yang indah. Pengunjung pantai biasanya sangat gemar menikmati indahnya matahari tenggelam sambil menikmati jagung bakar, pisang bakar atau es kelapa muda yang dijajakan di area pantai. Selain sebagai tempat wisata daerah Bengkulu, Pantai Tapak Peri biasanya juga digunakan sebagai lokasi untuk diadakannya Festival Tabot. Festival Tabot merupakan festival yang diadakan untuk memperingati wafatnya Husein bin Ali bin Abu Thalib. Pada saat festiva tersebut banyak diadakan berbagai perlombaan dan pertunjukan seni, terdapat juga pasar kaget yang menjual berbagai kebutuhan anda. 

Danau Dendam Tak Sudah
Anda pasti penasaran dengan latar belakang nama unik danau ini, banyak yang percaya bahwa nama ini berasal dari legenda daerah. Dulu, di danau ini terdapat sepasang kekasih yang bunuh diri dengan meneggelamkan diri ke danau, sepasang kekasih tersebut nekat bunuh diri karena tidak mendapatkan restu orang tua keduanya. Setelah mereka bunuh diri hubungan kedua keluarga tetap tidak membaik. Karena legenda itulah danau ini diberi nama Danau Dendam Tak Sudah. Salah satu tempat wisata daerah Bengkulu ini memiliki pemandangan yang indah, anda juga bisa menemukan anggrek langka di sini yaitu anggrek pensil. Terdapat banyak warung makan di sini, anda juga bisa memancing di danau ini. Danau ini terletak di kota Curup, Bengkulu Utara kira-kira 6 KM dari pusat kota Bengkulu.
Danau Mas Harun Bastari
Danau Mas Harun Bastari merupakan tempat wisata daerah Bengkulu yang memiliki sebuah pulau unik ditengah-tengahnya. Terdapat pulau berbentuk huruf C di tengah danau, warga setempat mengatakan huruf C tersebut merupakan perlambangan dari Curup. Jika anda pergi ke pulau ini, anda akan disuguhkan pemandangan perkebunan milik warga. Jangan kuatir jika anda berkunjung ke danau ini, karena danau ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap diantaranya adalah parkir, mushola, toilet, arena bermain anak, toko oleh-oleh, dan tak ketinggalan warung makan. Jika anda menyukai wisata air, anda bisa mencoba permainan sepeda air, flying fox, dan juga melihat danau dengan perahu. Tempat wisata daerah Bengkulu ini terletak di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebo, Bengkulu.

Pulau Tikus
Pulau Tikus merupakan salah satu tempat wisata daerah Bengkulu yang menjadi favorit wisatawan, karena memiliki keindahan sebagai wisata bahari. Pulau ini merupakan sebuah pulau karang dengan luas sekitar 2 hektar, pulau tikus berjarak sekitar 10 meter dari pusat kota Bengkulu. Jika anda datang ke pulau ini pada malam hari dan anda sedang beruntung, anda bisa melihat penyu hijau dan penyu sisik, tapi jika anda tidak bisa datang di malam hari jangan khawatir anda masih bisa menikmati tempat wisata daerah Bengkulu ini dengan menyelam, snorkeling, dan juga memancing. Salah satu hal unik dari pulau tikus adalah terdapatnya mercusuar yang masih aktif. Jika gelombang laut sedang besar biasanya kappa-kapal akan berlabuh di pulau tikus sambil menunggu gelombang turun.

Sungai Air Berau


Sungai Air Berau merupakan tempat wisata daerah Bengkulu yang berada di Kabupaten Muko-muko, Bengkulu. Arum jeram adalah kegiatan favorit yang dilakukan oleh pengunjung yang datang ke sungai ini, arus Sungai Air Berau cuku deras sehingga cocok digunakan untuk menguji nyali dengan arum jeram. Jika anda tidak menyukai olahraga menantang itu, anda bisa memancing atau menangkap ikan di sini. Selain sebagai salah satu tempat wisata daerah Bengkulu, sungai ini biasanya juga digunakan untuk ritual ‘anak daro mandi ke air’. Anak daro mandi ke air merupakan ritual yang dilakukan untuk memandikan anak yang baru lahir di sungai ini. Pada hari jadi Kabupaten Muko-muko, sungai ini biasanya dijadikan tempat untuk lomba dayung sampan.