Pesona 10 Tempat Wisata di Lombak Wajib Anda Kunjungi



Lombok ada salah satu Provinsi yang ada di timur Indonesia, tidak jauh dari Pulau Bali. Lombok juga menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang menyediakan panorama alam yang sangat mempesona untuk dinikmati.  Berbagai tempat wisata sudah terkenal dan sangat femiliar bagi dunia internasional, bahkan November 2015 Lombok menyabet 2 kemenangan sekaligus dalam ajang World Halal Travel Summit 2015 di di The Emirates Palace Ballroom, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Lombok menyabet World's Best Halal Honeymoon Destination serta World's Best Halal Tourism Destination. Untuk mengetahui lebih jelas wisata apa saja yang ada di Lombok, berikut akan kami ulas. Ini dia;

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani
Gunung Rinjani merupakan tempat wisata daerah yang paling terkenal di Lombok. Gunung ini sudah menjadi ikon wisata pulau Lombok. Gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 3.700 meter ini menjadi gunung aktif tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Gunung ini dipercaya merupakan tempat para dewa oleh umat agama Hindu, sehingga memiliki nilai spiritual tersendiri bagi mereka. Sama seperti gunung-gunung lain, di Gunung Rinjani kegiatan yang paling disukai pengunjung adalah mendaki. Gunung ini dianggap memiliki pemandangan terbaik di Asia oleh pengunjung-pengunjungnya. Untuk mencapai puncak gunung ini, anda harus melakukan pendakian berhari-hari. Anda harus siap mental dan perbekalan jika ingin mendaki Gunung Rinjani. 

Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong merupakan tempat wisata daerah Lombok yang terletak di daerah Senggigi, Lombok. Pura ini terletak di atas sebuah batu yang menjorok ke laut. Di tengah-tengah batu terdapat sebuah lubang besar sehingga pura ini dinamakan Pura Batu Bolong. Sama seperti pura pada umumnya, jika anda ingin memasukinya anda harus memakai kain yang berwarna kuning, kain tersebut dipakai di pinggang. Meskipun sebuah pura, namun Pura Batu Bolong merupakan tempat wisata daerah Lombok yang juga menyajikan keindahan alam. Berlatarkan Gunung Agung dan Selat Lombok, membuat pemandangan dari pura ini cocok untuk anda jadikan latar belakang foto. Waktu yang paling indah untuk berfoto yaitu ketika matahari tenggelam, karena pencahayaan dari matahari akan menambah indah hasil jepretan anda.

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan tempat wisata daerah Lombok yang banyak dikunjungi wisatawan. Pantai yang berada di barat Pulau Lombok ini memiliki suasana yang mirip dengan Pantai Kuta di Bali, akan tetapi di pantai ini ombaknya tidak tinggi sehingga cocok untuk menyelam atau snorkeling. Pantai Senggigi memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan keindahan pasir dan kejernihan air. Hal tersebut membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati suasana pantai, ditambah fasilitas yang dimiliki oleh pantai ini terbilang lengkap. Terdapat restoran, bar, hotel, sarana transportasi, outlet pulsa, dan sebagainya yang dapat memudahkan wisata anda. Pantai ini merupakan tempat wisata daerah Lombok yang sayang untuk anda lewatkan.

Taman Narmada

Taman Narmada
Taman Narmada merupakan tempat wisata daerah Lombok yang terletak di Desa Lembuak. Untuk dapat sampai di tempat ini anda harus melakukan perjalanan dari kota Mataram sejauh 5 KM ke arah timur. Taman ini berdiri sejak tahun 1727 dibangun oleh Raja Mataram Lombok. Sebelum menjadi tempat wisata daerah Lombok, taman ini digunakan sebagai tempat istirahat dan tempat upacara. Yang istimewa dari Taman Narmada adalah bentuknya, Taman Narmada ini di desain seperti Gunung Rinjani yang berbentuk kecil. Selain itu di taman ini juga terdapat sumber mata air yang memiliki mitos, jika anda membasuh muka dengan air di sini maka anda akan awet muda.

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile merupakan tempat wisata daerah Lombok yang berada di Lombok Utara tepatnya di kawasan desa Senaru. Untuk sampai ke air terjun ini anda harus melakukan perjalanan sejauh 60 KM atau sekitar 3 jam dari kota Mataram. Air Terjun ini merupakan pintu masuk awal pendakian Gunung Rinjani, anda bisa mampir dulu mebasuh muka atau berenang sebelum perjalanan pendakian. Air Terjun ini memiliki sumber yang sama dengan Taman Narmada, sehingga di sini pun jika anda membasuh muka atau berenang dipercaya dapat menjadikan anda awet muda. Sebelum anda menikmati keindahan tempat wisata daerah Lombok ini, anda terlebih dahulu harus menaiki tangga sebanyak 200 anak.

Danau Segara Anak
Danau Segara Anak
Danau Segara Anak merupakan tempat wisata daerah Lombok yang berada di kawasan Gunung Rinjani. Danau ini banyak dikunjungi wisatawan terutama wisatawan yang hobi dengan tempat wisata alam. Jika anda mengambil paket biro wisata ke Gunung Rinjani, biasanya anda akan diajak mampir terlebih dahulu ke Danau Segara Anak dan bermalam di penginapan yang ada di pinggir danau. Tapi anda harus bersusah dahulu sebelum menikmati keindahan danau ini, anda harus berjalan sekitar 9 jam dari titik akhir jalur yang bisa dilewati kendaraan. Namun kelelahan anda akan terbayarkan dengan keindahan yang disajikan. Tempat wisata daerah Lombok ini dipercaya merupakan pecahan dari Laut yang naik ke atas permukaan, karena warna air dari danau ini sama persis dengan air laut.

Gili Trawang
Gili Trawang
Gili Trawang merupakan tempat wisata daerah Lombok yang dikenal sejak tahun 1980 ditemukan oleh backpacker yang sedang melakukan penjelajahan. Gili Trawang merupakan pulau yang paling ramai dikunjungi dan paling terkenal dari pulau-pulau gili yang lainnya. Memiliki luas yang paling besar dari pulau gili lain dan keindahan yang masih asri menjadikan Gili Trawang memang cocok untuk anda kunjungi. Untuk menjelajahi pulau ini anda harus jalan kaki atau menggunakan sepeda  yang disewakan, karena di pulau ini tidak ada kendaraan bermotor. Jika anda lelah mengelilingi pulau anda bisa melakukan kegiatan lain. Kegiatan yang menjadi favorit dari pengunjung tempat wisata daerah Lombok ini adalah menyelam, snorkeling, selancar, dan yoga.

Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok merupakan tempat wisata daerah Lombok terletak di Desa Kuta. Anda harus melakukan perjalanan sejauh 56 KM dari kota Mataram untuk dapat sampai di pantai ini. Pantai ini memiliki pasir yang halus mirip dengan merica, sehingga warga setempat kadang menyebut pantai ini dengan nama Pantai Merica. Pantai ini merupakan pantai yang masih asri dan bisa dibilang pantai terindah di Indonesia karena masih alami, jarang dijamah oleh tangan-tangan jail manusia. Tempat wisata daerah Lombok ini memiliki ombak yang tinggi dan bagus sehingga cocok untuk anda yang senang bermain selancar. Jika anda bukan penggemar olahraga selancar anda masih bisa memancing, menyelam, snorkeling, atau berkuda di tempat ini.

Pantai Sire
Pantai Sire
Pantai Sire merupaka tempat wisata daerah Lombok yang terletak di Lombok Utara. Untuk sampai di pantai ini anda harus melakukan perjalanan dengan berkendara kira-kira sejauh 35 KM dari kota Mataram. Pantai ini cocok untuk menjadi tempat wisata tujuan anda karena keindahan yang ditawarkan. Jika cuaca sedang baik, dari pantai ini anda bisa melihat pemandangan dari Gunung Rinjani. Pantai Sire memiliki garis pantai sepanjang 4 KM dengan pasir yang indah. Di pantai ini anda bisa berenang, snorkeling, bermain kano, dan juga memancing. Jika anda kelupaan membawa peralatan-perlatan untuk memancing atau snorkeling anda bisa menyewanya di tempat penyewaan yang ada di sekitar kawasan pantai. 

Hutan Monyet Pusuk
Hutan Monyet Pusuk
Tidak jauh-jauh dari wisata Gunung Rinjani, Hutan Monyet Pusuk juga merupakan tempat wisata daerah Lombok yang berada di kawasan Gunung Rinjani. Hutan ini berada di puncak Gunung Rinjani, dan kemudian digunakan sebagai habitat ratusan monyet. Jika anda berkendara di kawasan Hutan Monyet Pusuk, anda harus berhati-hati karena terkadang banyak monyet yang berkeliaran di jalanan yang bisa mengganggu perjalanan anda. Hutan yang juga sebagai tempat wisata daerah Lombok ini bisa menjadi alternatif tempat istirahat anda sebelum menuju Air Terjun Sendang Gile. Jika anda membawa makanan mungkin monyet akan menganggu anda karena ingin merebut makanan anda, jangan sekali-kali melawan monyet tersebut karena mereka bisa menjadi marah.