8 Pantai di Malang ini Akan Merubah Persepsi Anda tentang Malang



Saat mendengar nama Kota Malang, kebanyakan dari Anda mungkin akan teringat daerah dataran tingginya. Padahal, selain terkenal dengan Gunung Semeru dan Kota Batu, Malang juga punya banyak pantai cantik seperti halnya Kabupaten Pacitan. Pantai-pantai tersebut juga memiliki keunikan masing-masing yang menarik untuk dikunjungi. penasaran ada pantai apa saja? Simak uraian berikut.

Pantai Balekambang
Pantai Balekambang
Julukan mirip Tanah Lot Bali memang tidak berlebihan untuk pantai ini. Di Pantai Balekambang, terdapat sebuah pura yang berdiri di sebuah pulau karang bernama Pulau Ismoyo. Untuk menuju kesana, telah tersedia sebuah jembatan yang tidak kalah menarik. Pura yang berdiri di pulau karang ini menjadi ikon terkenal bagi Pantai Balekambang. Selain itu, jembatan menuju pulau Ismoyo juga merupakan spot yang bagus untuk mengabadikan momen Anda ketika berkunjung kemari.

Pantai Pulau Sempu

Surga tersembunyi di Pulau Sempu, Malang.

Untuk menikmati keindahan segara anak, Anda tak perlu jauh-jauh ke Pulau Lombok. Malang ternyata juga memilikinya. Berada di kawasan konservasi cagar alam, Pulau Sempu menjadi objek favorit para traveller dari berbagai penjuru. Keindahan jajaran bukit dengan air laut yang jernih kebiruan, membuat pantai di Pulau Sempu sekilas mirip dengan Raja Ampat di Papua.

Pantai Ngliyep
Pantai Ngliyep
Jika menginginkan suasana pantai yang alami, maka datanglah ke Pantai Ngliyep. Pasir putihnya yang berwarna keemasan ditambah air laut yang jernih membuat Anda akan sangat menikmati berlibur ke tempat ini. Anda akan menjumpai sebuah pulau yang menyerupai bukit tidak jauh dari pantai. Masyarakat sekitar, sering menyebutnya Gunung Kombang. Anda juga tidak perlu khawatir jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini. Untuk keperluan bermalam, telah tersedia beberapa penginapan di sekitar Pantai Ngliyep yang bisa Anda sewa.

Pantai Banyu Anjlok
Pantai Banyu Anjlok
Jika Pacitan terkenal dengan Pantai Banyu Tibo, maka Malang juga terkenal dengan Pantai Banyu Anjloknya. Dalam Bahasa Indonesia, Banyu Anjlok artinya air yang melompat. Disebut demikian karena ada sebuah air terjun yang berada tepat di bibir pantai. Air terjun ini berasal dari aliran air di bukit yang kemudian berakhir di sebuah tebing tinggi tepat di bibir pantai. Ketinggian tebing tersebut kira-kira tujuh meter. Pantai unik ini, dapat Anda dijumpai di Teluk Kletekan, Malang.

Pantai Sendang Biru
Pantai Sendang Biru
Jika berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk mampir ke tempat ini. Dikelola oleh sebuah lembaga milik perhutani bernama KBM JLPL Unit II, Pantai Sendang Biru sudah cukup terkenal di Malang. Nama Sendang Biru sendiri diambil dari adanya sumber-sumber mata air (sendang) di sekitar area pantai. Saat datang kemari, jangan heran jika Anda menjumpai banyak kapal nelayan. Selama ini, Kapal Sendang Biru memang menjadi salah satu pusat kegiatan nelayan. Jadi selain berwisata, Anda juga dapat melihat aktifitas para nelayan maupun perahu warna-warni yang sedang disandarkan. Pantai cantik ini berlokasi di Sendang Biru, Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang.

Pantai Sipelot
Pantai Sipelot
Meskipun namanya terdengar lucu, keindahan pantai ini tidak bisa diremehkan. Saat tiba, Anda akan disuguhkan hamparan pasir putih nan lembut dengan air lautnya yang jernih kebiruan. Di sekitar pantai, terdapat jajaran bukit berbaris nan elok. Keunggulan Pantai di Malang ini ialah fasilitasnya yang cukup lengkap. Tempat makan, area parkir, mushola hingga toilet sudah tersedia untuk para pengunjung yang datang. Tidak hanya itu, terdapat ikon wisata lain yang cukup terkenal bernama Coban Sipelot. Ia adalah sebuah air terjun kecil yang untuk menjumpainya Anda harus menyeberangi sebuah teluk. Jangan khawatir, terdapat perahu nelayan yang bisa Anda sewa dengan ongkos kurang lebih Rp 50.000 untuk menuju kesana.

Pantai Bantol
Pantai Bentol

Jangan mengaku pecinta alam jika Anda belum datang ke Pantai di Malang  ini. Medannya yang cukup menantang karena harus melewati hutan jati, membuat pantai ini hanya mampu didatangi sedikit orang. Ya, kebanyak dari mereka ialah pecinta alam yang hobi menaklukkan tantangan. Meskipun aksesnya cukup sulit, semua rasa lelah akan terbayar ketika sampai di tempat ini. Kondisi alamnya yang masih asri serta pemandangannya yang tidak kalah indah dengan pantai lain, tidak akan membuat Anda menyesal telah bersusah payah menuju kemari. Di sekitar pantai, juga terdapat danau air payau dan sebuah area hutan mangrove. Pantai cantik ini dapat Anda temukan di Banjarejo, Donomulyo, Malang.
 
Pantai Kondang Merak
Pantai Kondang Merak
Ingin merasakan sensasi pantai yang berbeda? Datanglah ke Pantai Kondang Merak, Malang. Ditumbuhi lumut-lumut hijau di sekitar bibir pantai, Pantai Kondang Merak punya pemandangan unik yang berbeda dengan pantai lain. Di bebatuan karang yang banyak terdapat di sini, Anda juga dapat menemukan binatang-binatang laut seperti gurita-gurita kecil, landak laut dan juga ikan-ikan kecil.  Konon, dulunya banyak kawanan burung merak yang tinggal di sekitar muara dekat pantai. Dari situlah, nama Kondang Merak diambil.
Tertarik berwisata ke pantai di Malang? persiapkan liburan Anda hari ini juga!. Selamat berwisata, semoga liburan Anda berkesan.

Sumber: yukpiknik.com