Pesona 20 Tempat Wisata di Singapura


Singapura merupakan negara kecil yangdi apit oleh 2 negara besar seperti Malaysian dan Indonesia. Namun, sebagai negara kecil, Singapura merupakan negara maju yang ada di Asia Tenggara. Pusat ekonomi Asia Tenggara bahkan berkiblat ke Singapura. Kemajuan Singapura membuat berbagai aspek kehidupan terlihat modern, termasuk destinasi wisata. Nah, berbicara destinasi wisata di Singapura, ada berbagai tempat yang bisa Anda kunjungi, Berikut daftar tempat wisata yang ada di Singapura yang telah kami rangkum  

Merlion Park
Merlion Park
Merlion merupakan patung dari maskot negara Singapura, patung maskot ini memiliki badan bersisik seperti ikan dan kepala singa. Merlion sendiri merupakan merupakan gabungan dari “Mermaid” atau duyung yang berupa ikan dan juga “lion” yang berarti singa. Merlion Park merupakan taman wisata yang menghadirkan suasana indah nan tenang. Taman ini buka setiap hari selama 24 jam penuh, untuk anda yang ingin mengunjungi taman ini anda tidak perlu mengeluarkan uang karena tidak dipungut biaya. Selain menikmati pemandangan dan suasana negeri Singapura, anda juga bisa memanfaatkan taman ini untuk dijadikan latar foto selfie anda. Merlion Park ini berada di depan Singapore River sehingga pemandangan yang bisa anda dapatkan cukup menarik.

Universal Studio
Universal Studio
Universal Studio merupakan sebuah taman hiburan yang menyediakan berbagai wahana yang cukup mengasyikkan seperti Dufan jika di Indonesia. Taman Hiburan ini merupakan tempat wisata yang paling terkenal di Singapura terutama untuk wisatawan asal Indonesia. Untuk masuk ke wahana terkenal ini anda harus mengeluarkan uang yang cukup besar, jika di akhir pekan, libur nasional atau tanggal merah bahkan anda harus merogoh kocek hingga 1 juta rupiah untuk orang dewasa. Jika anda berminat untuk masuk ke area Universal Studio anda harus datang lebih pagi, karena antrian akan sangat panjang, kecuali anda memiliki tiket khusus yang disebut tiket prioritas dengan harga yang lebih mahal dari tiket biasa. 

Orchard Road

Orchard Road merupakan nama sebuah jalan yang ada di Singapura. Jalan ini terkenal karena terdapat berbagai tempat yang bisa anda jadikan objek untuk memenuhi hobi belanja anda. Karena Orchard Road hanya berupa jalan, anda tidak perlu mengeluarkan biaya jika hanya melihat-lihat dan jalan jalan saja. Anda tidak perlu kuatir jika membawa barang belanjaan yang banyak, karena disepanjang jalan terdapat hotel yang bisa anda singgahi atau juga terdapat 3 buah stasiun MTR yang tidak jauh dari lokasi yang bisa anda gunaka untuk pulang. Selain untuk berbelanja, anda bisa datang ke tempat ini untuk menikmati pemandangan kota Singapura yang akan terlihat indah terutama di malam hari.

Sentosa Island

Sentosa Island merupakan tempat wisata yang ada di negara Singapura yang memilki fasilitas yang cukup lengkap.  Sentosa Island terpisah dari pulau utama Singapura, untuk sampai ke tempat ini anda bisa memakai kereta gantung yang tersedia, selain sebagai alat transportasi menuju pulau, anda juga bisa menikmati pemandangan indah dari ketinggian selama perjalanan. Meski untuk menaiki kereta gantung ini anda harus merogoh kocek sebesar 300.000 rupiah, tapi pengalaman yang anda dapatkan sungguh benar-benar menakjubkan. Selain dengan menggunakan kereta gantung, anda bisa sampai di Sentosa Island dengan berjalan kaki, menaiki monorail Sentosa Express, atau dengan menaiki bus. Di tempat wisata ini, anda bisa menikmati berbagai fasilitas seperti pemandangan pantai, hotel, spa, restoran, tempat belanja, tempat bermain golf, macam-macam pertunjukan, kasino, dan masih banyak yang lainnya.

Bugis Street

Bugis Street merupakan nama sebuah jalan yang ada di Singapura, tempat ini terkenal sebagai pusat perbelanjaan. Lain halnya dengan Orchard Road yang menawarkan berbagai tempat perbelanjaan mewah dan mahal yang hanya cocok untuk anda yang membawa dana yang banyak untuk berbelanja, tempat ini menawarkan berbagai tempat perbelanjaan dengan harga yang miring cocok untuk masyarakat menegah ke bawah. Untuk mencapai lokasi perbelanjaan ini anda tidak perlu bersusah payah, yaitu cukup dengan menaiki MRT kemudian turun di stasiun Bugis. Bugis Street hanya berjarak kurang lebih 50 meter dari Stasiun Bugis. Bugis Street termasuk ke dalam tempat wisata belanja jalanan yang paling besar di negara Singapura.

Chinatown

Chinatown merupakan sebuah kawasan dengan nuansa ala negeri tirai bambu China. Sebagain besar masyarakat yang tinggal di kawasan Chinatown merupakan keturunan China, sehingga tidak heran jika daerah ini begitu kental dengan budaya dari China. Bentuk bangunan, hiasan, barang dagangan yang ada di kawasan ini benar-benar menggambarkan negeri China. Chinatown merupakan tempat wisata yang dimiliki Singapura dengan banyak kelengkapan, diantaranya adalah wisata kuliner, wisata belanja, wisata budaya, maupun wisata sejarah. Jika anda berbelanja di salah satu tempat perbelanjaan di kawasan ini, anda harus menawar harga terlebih dahulu untuk mendapatkan harga yang terbaik. Untuk sampai di Chinatown, anda cukup menaiki MRT kemudian turun di stasiun Chinatown.

Little India

Little India merupakan pusat komunitas India yang dijadikan sebuah tempat wisata di Singapura. Sesuai dengan namanya, tempat ini menawarkan nuansa ala India seperti benar-benar berada di India. Little India ini berada di seberang Chinatown, jika anda mengunjungi Chinatown tidak ada salahnya untuk mampir sebentar ke Little India. Di tempat ini juga menjual berbagai barang maupun makanan khas India misalnya seperti emas, dupa, minyak pijat, parfum, kain, hingga jasa untuk meramal hisab anda. Jika anda mencari oleh-oleh khas India di Singapura, Little India cocok untuk anda kunjungi. Seperti pada umumnya tempat yang memiliki nuansa khas India, di temapt ini bau yang tercium adalah bau rempah-rempah.

Arab Street

Arab Street merupakan tempat wisata di Singapura yang kental akan budaya dari Timur Tengah. Tempat ini digunakan sebagai pusat kegiatan umat Islam yang di Singapura. Jika anda datang ke tempat ini anda bisa menemukan berbagai tempat perbelanjaan khas Islam yang menyediakan berbagai macam busana muslim dan juga kelengkapan ibadah umat islam seperti mukena, al-quran, maupun sarung. Di sini juga terdapat penjual yang menyediakan dagangan berupa parfum, karpet, kain mewah dengan banyak jenis, termasuk kain khas Indonesia yaitu batik. Barang-barang tersebut banyak tersedia di siang hari, jika menjelang malam pedangang barang akan digantikan dengan pedagang makanan khas Arab. Namun kebanyakan wisatawan luar yang datang ke tempat ini adalah untuk menikmati suasana yang tenang, bukan untuk berbelanja.

Haw Par Villa

Haw Par Villa merupakan tempat wisata di negara Singapura yang terbilang unik dan cukup menarik. Secara umum tempat ini adalah sebuah tempat wisata sejarah budaya China. Di tempat ini setidaknya terdapat lebih dari 1000 patung dan lebih dari 150 diorama yang bernuansa kisah rakyat China beserta legenda-legenda yang ada di negeri China. Yang unik dari tempat ini adalah diorama dengan tema neraka, diorama ini menggambarkan secara umum seberapa menakutkan neraka itu. Untuk anda yang mengajak anak-anak ke tempat ini, anda harus memberikan penjelasan terlebih dahulu sehigga mereka tidak ketakutan. Haw Par Villa cocok untuk anda yang ingin mengenalkan kepada anak anda bagaimana balasan ketika berbuat buruk, sehingga mereka bisa menjauhi perbuatan-perbuatan buruk. Untuk masuk ke dalam tempat wisata ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun alias gratis.

Raffless Landing Site

Raffless Landing Site merupakan tempat wisata dengan nuansa sejarah yang dimiliki negara Singapura. Raffless merupakan nama dari pendiri dan gubernur Singapura modern, sedangakan Raffless Landing Site adalah sebbuah nama tempat yang dibangun untuk memberikan penghormatan dan untuk mengenang jasa-jasa yang telah dilakukan Raffless kepada Singapura. Di sini anda bisa menemukan patung replika dari Raffless, mempelajari sejarah Singapura, dan  melihat diorama sejarah maupun budaya dari Singapura. Tempat ini juga cocok untuk dijadikan latar foto pribadi anda, anda akan melihat latar belakang yang indah berupa sungai dan kota Singapura. Untuk sampai ke tempat wisata ini anda cukup menaiki MRT kemudian turun di stasiun Raffless Place.

Esplanade

Esplanade berada tidak jauh dari ikon Singapura yaitu patung Merlion. Esplanade merupakan pusat seni yang ada di Singapura, dan juga termasuk ke dalam pusat seni teraktif dan tersibuk di dunia. Bentuk atap dari bangunan ini terbilang unik karena sekilas terlihat mirip dengan buah durian. Fasilitas yang ada di Esplande kebanyakan berhubungan dengan seni misalnya sepeti ruangan yang biasa digunakan untuk konser, teater yang berada di luar ruangan, perpustakaan, ruangan untuk pameran lukisan, food court, dan lain sebagainya. Untuk masuk dan melihat-lihat gedung ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya, kecuali jika ada acara-acara khusus yang mengharuskan anda untuk membeli tiket misalnya seperti konser musik. Pemandangan yang ada di kawasan ini cukup indah untuk anda nikmati terutama di malam hari.

Gardens by The Bay

Gardens by The Bay merupakan sebuah taman yang memiliki dekorasi yang terbilang unik, taman ini terletak di sekitar kawasan Marina Bay. Seperti taman pada umumnya Gardens by The Bay memiliki berbagai jenis pohon dan juga tumbuan hijau yang menambah keasrian dan kesejukan kawasan ini. Di taman ini terdapat beberapa pohon raksasa buatan yang terbuat dari baja, pohon ini digunakan untuk menampung air ketika hujan dan juga sebagai penampung energi matahari. Jika anda datang pada malam hari lampu pada pohon raksasa akan menyala sehingga dapat menambah keindahan taman. Untuk anda yang hanya berkeliling taman menikmati pemandangan saja anda tidak perlu mengeluarkan uang, namun jika anda ingin berjalan-jalan di jembatan yang menghubungkan pohon-pohon buatan anda harus membayar 50.000 rupiah.

Singapore Flyer

Singapore Flyer  termasuk ke dalam tempat wisata populer di Singapura. Singapore Flyer berbentuk seperti bianglala raksasa dengan tinggi 165 meter atau hampir sama dengan gedung yang memiliki 42 tingkat. Bianglala ini memiliki 28 kabin dengan kapasitas 10 hingga 15 orang per kabin. Dalam sekali jalan biaglala tersebut akan memakan waktu sekitar 30 menit, dalam waktu tersebut anda bisa menikmati pemandangan menakjubkan Singapura dari atas ketinggian, bahkan jika anda juga bisa melihat Indonesia dari ketinggian Singapore Flyer. Anda akan dipungut biaya sebesar 350.000 rupiah jika ingin mencoba wahana ini. Untuk anda yang benar-benar tertarik menaiki Singapore Flyer dan ingin datang ke lokasi anda cukup menaiki MRT kemudian turun di stasiun Promenade. 

Henderson Waves Bridge

Mungkin memang jarang wisatawan memilin untuk berwisata di tempat ini, tapi Henderson Waves Bridge sebenarnya sangat menarik untuk anda kunjungi. Henderson Waves Bridge sendiri adalah sebuah jembatan kayu yang memilik bentuk yang unik, mirip dengan gelombang ombak yang ada di lautan. Sekitar jam 7 malam, lampu penerangan di jembatan ini akan dinyalakan sehingga pemandangan yang ada di sini bertambah indah untuk dilihat. Jembatan ini digunakan oleh pejalan kaki, dan termasuk jembatan tertinggi di Singapura. Dari jembatan ini anda juga bisa melihat pemandangan dari kota Singapura. Untuk anda yang ingin mencoba berkunjung ke Henderson Waves Bridge, anda cukup naik MRT dan turun di stasiun MRT Harbour Front.

Marina Bay Sands

Marina Bays Sands juga termasuk ikon dari Singapura yang paling baru. Mayoritas wisatawan asing khususnya Indonesia akan memilih tempat ini sebagai latar untuk mengabadikan momen wisata mereka di Singapura. Marina Bays Sands sebenarnya merupakan sebuah pusat hiburan dan resort terpadu yang baru dibuka pada tahun 2010. Tempat wisata ini memiliki tiga buah gedung utama yang dihubungkan dengan bangunan berbentuk kapal yang ada di atas gedung-gedung utama tersebut. Di sini terdapat ribuan kamar hotel, kasino, teater, ruang kesenian, restoran, klub malam, taman, hingga mall. Di bagian bangunan penghubung tiga bangunan yang berbentuk kapal terdapat kolam renang terpanjang di dunia, panjangnya mencapai 150 meter dan berada di ketinggian 200 meter. Jika anda ingin mencoba naik ke atas Marina Bays Sands anda harus mebayar uang masuk sebesar 250.000 rupiah.  

Helix Bridge

Helix Bridge merupakan sebuah jembatan yang dijadikan sebagai salah satu tempat wisata negara Singapura. Arisitektur bangunan dari jembatan ini sangat menawan, dengan panjang sekitar 280 meter jembatan ini menjadi jembatan untuk pejalan kaki terpanjang di Singapura. Jembatan Helix Bridge berada di kawasan Marina Bay. Keunikan arsitektur jembatan ini adalah bentuknya yang terlihat spiral sama seperti bentuk DNA manusia. Karena bentuknya yang spiral jika lampu-lampu  yang menerangi jembatan dinyalakan pada malam hari, pemandangan yang terlihat akan begitu indah dan mengesankan. Meski hanya sebuah jembatan akan tetapi Helix Bridge cukup menarik untuk anda datangi. Jembatan ini sangat romantis dan indah apalagi jika anda datang di malam hari.

Art Science Museum

Art Science Museum merupakan sebuah museum yang berada di area Marina Bay Sands. Museum ini tepatnya berada di tepi danau Marina Bay. Bentuk bangunan dari museum ini terlihat seperti bunga teratai. Desain bangunan seperti bunga teratai ini sebenarnya selain menjadi keunikan dari tempat wisata ini juga digunakan sebagai tempat penampungan air hujan, yang kemudian akan dialirkan menjadi sebuah air terjun buatan. Biasanya Art Science Museum digunakan sebagai tempat pameran seni bertaraf Internasional, sehingga banyak pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata Singapura ini. Di tempat ini anda bisa menikmati pemandangan atau melihat-lihat tempat pameran jika sedang tidak dilakukan pameran seni.

Singapore Botanical Gardens

Jika Singapura merupakan makhluk hidup atau manusia Singapore Botanical Gardens merupakan paru-parunya. Dalam tempat wisata Singapura ini terdapat berbagai macam jenis tanaman dari berbagai belahan dunia. Tempat wisata dengan luas 74 hektar ini sangat cocok untuk anda yang menyukai tanaman dan bunga. Singapore Botanical Gardens buka setiap pukul 5 pagi sehingga cocok untuk anda yang ingin berolahraga sekaligus menikmati udara yang sejuk. Tidak hanya taman dan kebun Singapore Botanical Gardens juga memiliki sebuah danau dengan panggung di tengah-tengahnya. Selain itu juga ada National Orchid Garden dengan tiket masuk seharga 50.000 rupiah saja. Untuk anda yang tertarik mengunjungi Singapore Botanical Gardens, anda cukup naik MRT kemudian turun di stasiun Botanic Garden.

Singapore River

Sigapore River merupakan sebuah sungai yang berada di Singapura, sungai ini mengalir dari tengah Singapra menuju ke lautan. Sungai ini sangat terkenal di kalangan wisatawan dalam maupun luar negeri, sehingga tak heran jika tempat ini sangat ramai dikunjungi setiap harinya. Di tempat wisata ini anda bisa mencoba kegiatan Singapore River Cruise yaitu kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan perahu listrik yang sudah sangat canggih. Sembari menikmati pemandangan sepanjang perjalanan di Singapore River, pemandu anda juga akan menjelaskan tentang Singapore River, gedung-gedung yang sedang anda lewati, dan juga sejarah singapura. Untuk menikmati pengalaman menyusuri Singapore River anda perlu merogoh kocek sebesar 250.000 rupiah. 

Singapore Zoo

Singapore Zoo merupakan tempat wisata di Singapura yang paling diminati oleh anak-anak. Kebun binatang milik Singapura ini memiliki koleksi binatang langka yang sangat banyak hingga mencapai ribuan jumlahnya. Jika anda menyukai wisata malam, kebun binatang ini juga menyediakan wisata kebun binatang malam yang bisa anda rasakan setiap malam. Anda akan merasakan sensasi yang berbeda ketika merasakan wisata kebun binatang malam ini. Selain koleksi binatang langka, di tempat wisata ini juga menyediakan area bermain untuk anak-anak, sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin menghabisakan akhir pekan bersama anak anda. Untuk memasuki kawasan Singapore Zoo anda harus mebeli tiket seharga 250.000 rupiah.