5 Pesona Pantai di Pacitan yang Sayang Anda Lewatkan


Pacitan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Timur. Kondisi alam kabupaten ini umumnya terdiri dari pegunungan kapur sebagai rangkaian dari Gunung Kidul. Kondisi tersebut, membuat Pacitan merupakan daerah yang kurang cocok untuk pertanian. Namun sebaliknya, letaknya yang juga berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, membuat Pacitan memiliki deretan pantai yang terkenal indah. Berikut lima pantai di Pacitan yang wajib ada dalam daftar kunjungan Anda. 

sumber: outingnusantara.com
Pantai Banyu Tibo  
Pantai Banyu Tibo
Dalam Bahasa Indonesia, Banyu Tibo artinya air yang terjatuh. Nama ini sengaja diambil sesuai dengan kondisi pantai tersebut. Pantai Banyu Tibo menjadi salah satu primadona wisata di Pacitan karena keunikannya ini. Tepat di pinggir pantai, terdapat air terjun yang mengalir langsung ke bibir pantai menuju ke laut. Tebing-tebingnya yang gagah menjulang, hamparan pasir putih yang bersih nan lembut, serta airnya yang baerwarna biru kehijauan membuat landscape pantai ini benar-benar memperlihatkan kesempurnaan ciptaan Tuhan. Untuk bisa datang ke pantai yang terletak di Desa Widoro kecamatan Donorojo, Pantai di Pacitan ini, rute termudahnya ialah melalui jalur menuju ke arah Goa Gong, Pacitan. Sebelum datang kemari, Anda juga harus menyiapkan perbekalan pribadi. Pantai cantik nan alami ini belum resmi dikelola sebagai tempat wisata, sehingga belum terdapat berbagai fasilitas penunjang bagi para pengunjungnya. 

Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong
Objek Wisata yang digadang-gadang mirip dengan Pantai Uluwatu Bali ini, memiliki keindahan yang tidak kalah menariknya. Hamparan tebing tinggi nan hijau yang gagah dan menjorok ke laut pada bagian ujungnya, membuat Anda dapat menikmati keindahan Pantai Selatan dengan sensasi yang berbeda. Nama Karang Bolong sendiri diambil dari salah satu tebing di pantai ini yang memiliki lubang di tengah-tengahnya akibat kikisan ombak terus-menerus. Pantai Karang Bolong berlokasi di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Untuk menuju Pantai di Pacitan ini, jalur termudah yang bisa Anda lewati ialah jalur menuju ke arah Gua Gong dengan melintasi jalur arah Pacitan-Solo. 

Pantai Klayar
Pantai Klayar
Ini dia primadona wisata Pantai di Pacitan. Pantai yang berlokasi di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Pacitan ini menyimpan begitu banyak pesona indah di dalamnya. Antara lain terdapat beberapa ikon wisata seperti Seruling Samudra, tebing  tinggi yang menyerupai patung Sphinx di Mesir, dan air mancur alami. Seruling Samudra ialah istilah untuk menyebut fenomena suara yang keluar menyerupai suara seruling. Suara ini muncul akibat cekungan di bagian bawah tebing yang diterpa ombak besar. Adapaun tebing layaknya patung Sphinx merupakan ikon Pantai Klayar selanjutnya. Pantai Klayar memiliki banyak tebing tinggi menjulang yang indah. Jika dilihat dari kejauhan, tebing-tebing tinggi ini layaknya patung Sphinx di kawasan Piramida Mesir. Sedagkan air mancur alami, merupakan  fenomena yang terjadi karena ombak yang menerjang bebatuan karang di kawasan Pantai Klayar. Air laut yang masuk melalui bagian bawah bebatuan tersebut dapat menghasilkan air mancur yang tingginya hingga mencapai 10 Meter. Untuk menuju pantai nan cantik ini, Anda sebaiknya menyiapkan kendaraan pribadi mengingat belum ada angkutan umum yang mengantarkan langsung ke tempat ini. Kalau Anda dari arah Yogyakarta, maka rute terbaik yang bisa Anda lalui ialah jalan yang melalui Wonosari di Gunung Kidul.

Pantai Srau
Pantai Srau
Jika ingin menyaksikan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam sekaligus, maka Pantai Srau adalah tempatnya. Pantai Srau memiliki tiga lokasi pantai. Pada bagian timur Anda dapat menyaksikan matahari terbit, di bagian barat Anda dapat menyaksikan matahari terbenam dan di bagian tengah Anda dapat menyaksika eloknya landscape sebuah pemandangan pantai. Objek wisata yang berlokasi di Desa Candi, Kecamatan Pringkulu, Pacitan ini, masih terkenal dengan keasliannya. Belum mendapat banyak sentuhan membuat Pantai Srau memiliki pesonanya tersendiri. Di pantai yang memiliki pasir putih bersih dan air laut nan biru ini, Anda masih dapat menyaksikan berbagai tumbuhan khas daerah pantai. Di tambah dengan pemandangan batu-batu besar di tengah laut, membuat Pantai di Pacitan ini menjadi sayang untuk Anda lewatkan.

Pantai Watu Karung
Pantai Watu Karung
Untuk menemukan ombak kelas dunia, maka Pacitan punya solusinya. Inilah dia Pantai Watu Karung. Pantai yang masih alami ini memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Air lautnya yang biru kehijauan, pasir putihnya yang lembut dan bersih, pulau-pulau karang nan indah serta dua spot untuk melakukan surfing yang memiliki ombak kelas dunia. Tipe ombak yang dimiliki Pantai Watu Karung ialah reef break dengan dasar lautnya yang terdiri dari bebatuan karang. Oleh karena itu, pada momen-momen terntetu pantai ini mampu menghasilkan ombak yang begitu menantang. Momen terbaik untuk melakukan surfing di pantai Watu Karung ialah pada periode April hingga Oktober. Pantai Watu Karung terletak tidak jauh dari Pantai Srau. Kurang labih Anda membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Pantai Srau menuju tempat ini.