Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan


Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan merupakan sebuah kebun binatang yang di lengkapi dengan rumah adat serta beberapa peninggalan budaya di dalam nya. Taman margasatwa dan budaya kinantan ini terletak di Bukit tinggi, Sumatera Barat. Taman ini lebih di kenal dengan Kebun Binatang Bukit Tinggi dan merupakan terlengkap yang ada di Sumatera. Seluruh hewan ataupun marga satwa terdapat di tempat ini, dari yang paling langka hingga yang paling liar dan jinak.
 
Taman wisata Bukittinggi

Karena hewan-hewan di kebun binatang ini sangat lengkap, hal tersebut menjadikan petugas juga sedikit kualahan dalam merawat setiap binatang yang ada. Di bagian pintu masuk kebun binatang, terdapat dua ekor gajah yang di ikat kakinya, gajah tersebut harus di ikat karena tampak begitu liar hingga pernah melukai pawang nya sendiri hingga parah. Di kebun binatang ini juga terdapat beberapa ekor unta yag berasal dari gurun pasir. Kebun binatang ini telah di buka pada tahun 1900-an dan dahulunya merupakan taman bunga bentukan belanda.

Tak hanya margasatwa ataupun hewan, disini juga terdapat sebuah rumah adat yang bernama Baanjung dan saat ini di gunakan sebagai museum. Di dalam nya terdapat peninggalan orang-orang Bukittinggi serta budaya nya pada jaman dahulu. Ornamen yang ada di rumah adat tersebut pun cukup indah dengan desain yang sangat unik dan menarik. Bagian atas dari rumah adat tersebut sangat lancip dan menjulang ke arah langit. Rumah adat ini sudah berdiri sangat lama yaitu pada 1 Juli 1935, namun karena beberapa kali renovasi, rumah adat tersebut tetap bagus hingga sekarang. Dahulunya rumah adat ini bukan bernama rumah adat Baanjung tetapi rumah bundo, namun sejak di tetapkan menjadi museum di Bukittinggi, rumah adat ini bernama Rumah adat Baanjung.
 
Rumah Adat Baanjung, Bukittinggi

Disebelah rumah adat Baanjung tersebut terdapat sebuah rumah kecil yang berbentuk mirip seperti rumah adat Baanjung dan di tengah-tengah rumah adat kecil tersebut terdapat bulatan yang mirip dengan sebuah logam jika dilihat dari jauh, namun setelah di dekati, bulatan tersebut ternyata adalah sebuah bedug yang berasal dari kulit lembu yang panjangnya hingga beberapa meter. Biaya masuk rumah adat tersebut  sebesar Rp 1000 untuk setiap orang.

Kembali lagi membahas kebun binatang kinantan, kebun binatang ini terletak di atas sebuah bukit yaitu bukit Cubadak, Bungkuak Bukittinggi. Udara di sekitar taman wisata ini pun sangat sejuk dan tentu saja juga terjaga kebersihanya. Hampir setiap menit ada petugas yang berkeliling untuk membersihkan setiap spot yang ada di lokasi ini. Selain menawarkan tempat wisata yang bersih dan juga sejuk, di sini pengunjung juga tak perlu bingung jika kelaparan, karena banyak terdapat spot penjual makanan dengan menu yang tentu saja bervariasi. Tak hanya itu saja, bagi anda para pengunjung yang berasal dari luar kota ataupun dari jauh, anda bisa membeli oleh-oleh ataupun buah tangan dari kebun binatang ini, karena terdapat beberapa pedagang yang menjajakan souvenir di kebun binatang ini.

Tarif Tiket Masuk

Tarif untuk masuk kebun binatang ini yaitu sebesar Rp 5000 khusus untuk anak-anak dan Rp 8000 untuk orang dewasa, biasanya Taman wisata ini akan di padati pengunjung dan wisatawan pada hari-hari libur.

Akses

Akses untuk ke Taman wisata ini cukup mudah karena terletak di pinggir kota Bukittinggi, bagi para wisatawan bisa mencari penginapan yang dekat dengan taman wisata tersebut, untuk urusan kuliner, pengunjung akan di suguhkan oleh masakan khas Padang seperti nasi kapau yang akan menggugah selera.

Selamat Berlibur!