Teleng Ria, Pantai Cocok untuk Wisata Keluarga



Hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat kota, membuat Pantai Teleng Ria, Pacitan, Jawa Timur, menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Bukan saja lokasinya yang mudah dijangkau, Pantai Teleng Ria menawarkan landscape  pantai indah dengan kondisi pantai yang luas dan landai serta dengan pegunungan yang mengelilinginya. Pantai Teleng Ria terbentang sepanjang 3 km dengan pasir putihnya yang berwarna kecoklatan. Jika di sebagian pantai Pacitan pengunjung dilarang berenang karena ombaknya yang ganas, maka Anda akan diperbolehkan berenang di sini karena ombak Pantai Teleng Ria relatif bersahabat. Namun, ada kalanya petugas juga akan melarang pengunjung berenang saat ombak sedang berbahaya. Oleh sebab itu, tidak heran jika Pantai Teleng Ria menjadi objek wisata favorit bersama keluarga yang biasanya dipadati saat hari libur tiba.
Wisatawan memadati Pantai Teleng Ria, Pacitan

Aktifitas di Pantai Teleng Ria

Di Pantai Teleng Ria, Anda dapat bermain di bibir pantai yang terbentang luas serta air laut dengan ombak yang lumayan kecil. Tidak jauh dari tempat ini, terdapat sebuah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sebagai pusat jual beli ikan segar. Anda pun dapat membeli ikan segar sembari berwisata.

Pantai Teleng Ria tidak hanya menghadirkan pemandangan pantai yang indah. Background  pantai Teleng Ria sendiri merupakan daerah dataran tinggi karena Pantai Teleng Ria dikelilingi oleh rangkaian Pegunungan Limo.

Pantai Watu Karung boleh terkenal memiliki ombak yang sesuai bagi peselancar handal, maka Pantai Teleng Ria lebih terkenal menjadi pilihan bagi para peselancar pemula. Meski tidak begitu besar, ombak di pantai ini cukup baik bagi Anda yang ingin belajar olahraga satu ini. Jika Anda sama sekali belum bisa berselancar, Anda dapat mengikuti kursus singkat yang tersedia dengan membayar sebesar Rp 20.000. Di Pantai Teleng Ria papan selancar juga biasa disewakan dengan harga Rp 50.000.

Karena lahan pantainya yang terbilang luas, banyak pengunjung yang memanfaatkan Pantai Teleng Ria sebagai tempat untuk berolahraga bukan hanya berselancar. Di antaranya seperti jogging, bola voly, sepakbola bahkan bersepeda.

Untuk Anda yang memiliki hobi memancing, di pantai ini hobi Anda juga dapat tersalurkan. Sebagai pantai yang sudah dikelola resmi untuk tempat wisata, Pantai Teleng Ria memiliki banyak fasilitas yang sudah cukup lengkap. Di tempat ini tersedia fasilitas perkemahan untuk kegiatan-kegiatan organisasi, sekolah-sekolah maupun pengunjung lain yang ingin merasakan sensasi berkemah di pinggir pantai. Jika Anda berlibur dengan sang buah hati, anda tidak perlu khawatir karena pantai ini juga menyediakan area bermain untuk anak. Misalnya terdapat dermaga kecil lengkap dengan kapal-kapal mainan di muara Sungai Teleng. Fasilitas lain berupa toilet, lahan parkir, tempat makan, hingga gardu pandang juga sudah tersedia di pantai ini.

Rute Perjalanan ke pantai Teleng Ria

Yang menjadi kelebihan pantai ini di banding pantai lain di Pacitan ialah jaraknya yang paling mudah untuk dijangkau. Dari pusat kota, jarak Pantai Teleng Ria hanya 3 km, atau setara dengan waktu 10 menit untuk menempuhnya. Jika Anda dari arah Surabaya, maka waktu yang Anda butuhkan kira-kira ialah 6 jam dengan beberapa kota yang akan Anda lewati di antaranya Mojokerto, lalu Jombang, selanjutnya Nganjuk, Madiun dan Ponorogo. Jika Anda dari arah Solo, maka perjalanan akan sedikit lebih lama. Untuk sampai di Pantai Teleng Ria, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam. Untuk tiba di Pacitan, Anda dapat melalui Kota Wonogiri. Selanjutnya jika Anda berasal dari arah Yogyakarta, maka untuk mencapai tempat ini kira-kira waktu yang dibutuhkan sekitar 2.5 jam. Anda dapat menempuh perjalanan dengan melintasi jalur selatan Pulau Jawa yang melalui Wonosari.